Diperbaharui pada Kamis, 30 Juni 2022 | 20:05

Hands On POCO F4 GT, Hp Super Flagship 8 Jutaan di Indonesia

spesifikasi poco f4 gt

Bersamaan dengan peluncuran POCO F4 di Indonesia, POCO memberi kejutan dengan meluncurkan POCO F4 GT yang mengusung prosesor Snapdragon 8 Gen 1, dan diklaim sebagai smartphone super flagship POCO di Indonesia.

Pricebook mendapatkan kesempatan sebagai salah satu media pertama di Indonesia yang memegang langsung hp POCO terbaru ini, sekaligus mencoba beberapa fiturnya secara singkat. Berikut impresi awal saya saat hands on POCO F4 GT.

Desain Gaming dan Tampilan Layar

spek poco f4 gt

Ketika pertama kali memegang perangkat POCO F4 GT, mata saya langsung tertuju pada tombol navigasi yang berada di sisi perangkat. Smartphone ini adalah perangkat POCO pertama yang menghadirkan tombol L1 + R1 trigger.

Kehadiran tombol tersebut menjadikan POCO F4 GT ini “game ready”. Kesan pertama saya ketika mencoba tombol trigger ini, pengalaman mengontrol jadi sangat nyaman. Apalagi tingkat presisinya cukup tinggi.

Tombol yang memiliki sebutan “pop-up triggers” ini dibekali dengan teknologi magnetic levitation yang diklaim mampu melewati 1,5 juta tekanan dengan mudah. Tim pengembang POCO juga telah melakukan pengujian dengan memainkan lebih dari 100 gim mobile.

spesifikasi poco f4 gt

Selain untuk bermain gim, tombol ini juga memiliki fungsi lain sebagai tombol shortcut untuk mengaktifkan berbagai fungsi pada smartphine seperti kamera, merekam video, hingga mengaktifkan lampu flash untuk kebutuhan pemotretan.

POCO F4 GT mengusung layar AMOLED berukuran 6.67 inci dengan tingkat kecerahan 800nits yang kualitas tampilan visualnya terlihat tajam, dengan kontras warna yang menurut saya sangat apik.

Saat menggunakannya untuk menonton tayangan video HD di Youtube dengan pengaturan tertinggi video, warna yang dihasilkan terlihat lebih hidup dan nyata, berkat hadirnya 10-bit TrueColor Display.

Respon layar sangat mulus, karena layarnya memiliki touch sampling rate 480Hz. Layar POCO F4 GT juga sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Pada kesempatan yang sangat singkat untuk mencoba perangkat ini, saya mencoba untuk mengaktifkan layar di tempat yang agak gelap. Terlihat sekali performa high frequency PWM dimming yang membuat akurasi warnanya tidak berkurang.

Performa

spek poco f4 gt

Belum banyak yang bisa saya eksplor dari sisi performa, namun kesan pertama yang saya rasakan ketika mencoba POCO F4 GT, respon layarnya sangat cepat, apalagi bila digunakan untuk membuka beberapa aplikasi di waktu yang nyaris bersamaan.

POCO F4 GT dibekali dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang diklaim sebagai prosesor octa-core 5G tercanggih saat ini. Prosesor ini telah melalui proses teknologi 4nm dan berjalan di 3,0 Ghz. 

Berdasarkan data yang diungkap oleh POCO pada presentasinya, performa CPU-nya 20% lebih cepat. GPU juga mengalami peningkatan performa hingga 30%.

Lebih jauh, POCO F4 GT adalah hp POCO pertama yang menghadirkan CyberEngine super wideband X-axis linear motor, LiquidCool Technology 3.0, sistem penyebar panas paling canggih dengan VC ganda 4.860mm2, yang memungkinkan perangkat tetap stabil.

Kamera

spesifikasi poco f4 gt

POCO F4 GT dibekali triple camera dengan kamera utama 64 MP yang memiliki sensor Sony IMX686, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Pada sisi depannya, hadir kamera selfie 20 MP dengan sensor Sony IMX596.

Belum banyak yang bisa saya ulas untuk kameranya, karena memang waktunya sangat terbatas dan saya hanya mencoba mengambil beberapa foto saja.

Namun sejauh pengalaman yang saya rasakan sendiri pada saat mencobanya, kualitas kamera dari POCO F4 GT ini memang terlihat berkelas. Hasil jepretannya tajam, bahkan ketika saya memotret sudut-sudut ruangan yang kurang cahaya.

Baterai

Seperti saat mencoba kameranya, performa baterai juga belum bisa saya eksplor terlalu mendalam, karena hands on yang singkat belum bisa dijadikan patokan untuk mengulas performa baterai.

POCO F4 GT dibekali dengan baterai berkapsitas 4799 mAh yang sudah mendukung teknologi fast charging HyperCharge berdaya 120W. Walau belum mencobanya secara langsung, sudah bisa terbayang seberapa cepat waktu pengisian yang dibutuhkan untuk mencapai 100 persen.

Kalau menurut klaim POCO, baterai POCO F4 GT hanya membutuhkan waktu pengisian daya selama 17 menit untuk mencapai kapasitas penuh.

Harga dan Ketersediaan

POCO F4 GT hadir di Indonesia dalam satu varian saja dengan RAM 12 GB dan memori internal berkapasitas 256 GB. Harga POCO F4 GT dibanderol di angka Rp 8.999.000.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1099 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.