Diperbaharui pada Selasa, 3 Mei 2022 | 17:38

Review Samsung Galaxy M33 5G, Baterai Awet dengan Performa Kencang

harga samsung galaxy m33

Samsung kembali meluncurkan perangkat smartphone 5G terbarunya di tahun 2022 ini dengan menghadirkan Galaxy M33 5G di Indonesia dengan mengusung quad camera, layar dengan refresh rate tinggi, dan baterai berkapasitas besar.

Melihat spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G memang mengagumkan. Quad camera utamanya dibekali dengan resolusi 50 MP. Layarnya sudah mendukung refresh rate 120Hz yang akan memberikan pengalaman lebih ketika menonton film bersolusi tinggi dan bermain gim.

Selain itu, hp Samsung terbaru yang dibanderol di harga mulai dari 3 jutaan ini juga dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga dua hari pada kondisi siaga, dengan penggunaan yang normal.

Berbekal pengetahuan tersebut, saya menjadi penasaran untuk mencoba membuktikan performa dan kinerja Samsung Galaxy M33 5G secara langsung. Apalagi Pricebook mendapatkan kesempatan untuk mengulas perangkat ini.

Berikut ulasan lengkap Samsung Galaxy M33 5G.

Unboxing

harga samsung galaxy m33

Perangkat Samsung Galaxy M33 5G hadir dengan kemasan kotak khas Samsung berwarna putih dengan desain slide. Kesederhanaan terlihat dari desain kotaknya yang didominasi oleh warna putih, dengan gambar produk pada bagian depannya.

Ketika kotak saya buka, terdapat amplop karton berisi buku panduan, kartu garansi, dan kabel data yang juga sekaligus berfungsi sebagai kabel charger berjenis C to C. Di bawahnya ada satu unit Samsung Galaxy M33 5G berwarna Brown.

Desain dan Tampilan

harga samsung galaxy m33 5g

Kesan pertama saya ketika memegang langsung perangkat Samsung Galaxy M33 5G adalah rasa yang sangat solid di tangan. Perlu diketahui, saya memiliki telapak tangan yang agak besar dan lebar, dan dengan dimensi 165.4 x 76.9 x 9.4 mm, rasanya pas sekali.

harga samsung galaxy m33 5g

Smartphone dengan layar jenis TFT berukuran 6.6 inci ini tidak terasa terlalu besar untuk saya. Materi yang digunakan pada penal belakangnya juga kesat, sehingga tidak mudah selip saat digenggam.

Pada bagian layar Samsung Galaxy M33 5G, terdapat kamera selfie yang letaknya di bagian tengah atas, dengan desain water drop.

Kembali ke sisi belakangnya, dapat ditemukan modul kamera dengan konfigurasi quad camera pada sisi kiri atas panelnya. Lampu flash dapat ditemukan di bawah modul kamera. Pada bagian belakang ini juga bisa ditemukan logo ‘Samsung’ berwarna putih di sisi tengah bawah.

harga samsung galaxy m33 5g

Penempatan tombol-tombolnya cukup nyaman, karena berada di satu tempat saja, yaitu di sisi kanan rangka smartphone. Sementara sisi kirinya digunakan sebagai tempat kartu SIM dan memori eksternal.

Speaker, connector charger dan lubang jack untuk earphone, bisa ditemui di sisi bawah rangka. Secara keseluruhan, desain Samsung Galaxy M33 5G terlihat sleek dan berkelas.

Kamera

harga samsung galaxy m33 5g

Samsung Galaxy M33 5G dibekali dengan quad camera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, dengan dukungan dari tiga kamera lainnya yang masing-masing memiliki resolusi 5 MP, 2 MP, dan 2 MP.

Untuk pengambilan foto dalam mode standarnya, tersedia fitur zoom yang bisa dipilih mulai dari 0.5x, 1x, 2x, 4x, dan 10x. Secara umum memang tidak ada yang terlalu istimewa dengan kameranya. Saya pun lantas mencobanya dengan mengambil beberapa jepretan foto.

Saat menggunakannya di tempat dengan cahaya minin, seperti saat berada di dalam ruangan pada siang hari dengan lampu mati dan hanya mengandalkan sedikit cahaya matahari yang masuk melalui jendela, hasil jepretannya ternyata cukup memuaskan.

harga samsung galaxy m33 5g

Begitupun ketika saya menggunakannya untuk memotret keadaan di luar ruangan. Walau cuaca cukup mendung di Jakarta, namun hasil jepretan fotonya tetap tajam. Saya pun mencoba mengeksplor kameranya sambil bermain-main dengan zoom.

Jujur, ketika berganti-ganti zoom, saya tidak menemukan perubahan yang signifikan dalam kualitas warna yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy M33 5G. Kontrasnya pun cukup konsisten. Sayangnya, banyak sekali detil gambar yang hilang seiring dengan semakin tingginya zoom yang saya gunakan.

harga samsung galaxy m33

Namun hal tersebut bisa saya maklumi, apalagi memang hp ini bukan termasuk dalam segmen flagship. Kalau mau adil, menurut saya kemampuan kameranya sudah lebih dari cukup dan sebanding dengan banderol harganya. Kualitasnya pun di atas rata-rata pada segmennya.

Selain itu, saya juga mencoba beberapa jepretan menggunakan Pro Mode dan hasil jepretannya cukup memuaskan dengan detail yang tajam dan lebih jelas. Setidaknya sesuai dengan ekspektasi saya sejak awal.

Berikut beberapa hasil jepretan saya menggunakan kamera Samsung Galaxy M33 5G.

harga samsung galaxy m33

harga samsung galaxy m33 5g

harga samsung galaxy m33 5g

harga samsung galaxy m33 5g

Seperti yang bisa dilihat pada foto-foto tersebut, hasilnya memang cukup baik dan sesuai dengan ekspektasi. Terlebih lagi, warna yang dihasilkan juga sangat mendekati warna asli dari objek yang saya foto. Kesimpulannya, puas sekali.

Performa

harga samsung galaxy m33 5g

Saya memaksimalkan fungsi multimedia dari Samsung Galaxy M33 5G selama libur Lebaran ketika berkunjung ke rumah saudara, dan menggunakannya untuk menonton tayangan film dan series dari Disney+ Hotstar selama dalam perjalanan, atau ketika menikmati waktu di rumah.

Ketika digunakan untuk menonton, tampilan visual yang disajikan melalui layar TFT Infinity-V Display berukuran 6,6 inci terlihat sangat tajam, dengan kontras yang pas.

Hp Samsung terbaru ini dibekali dengan prosesor Exynos 1280 yang akan memastikan kinerja dan performanya terjaga selama hp digunakan untuk berbagai aktivitas, termasuk ketika bermain gim.

Ya, selain menonton tayangan film dan series, saya juga mencoba untuk bermain beberapa game online yang tersedia di internet. Refrest rate 120Hz yang dimiliki layarnya memberikan andil yang cukup besar pada performa visual.

Secara keseluruhan, performa Samsung Galaxy M33 5G berhasil memenuhi ekspektasi saya dan smartphone ini terbukti bisa diandalkan sebagai perangkat multimedia yang cukup lengkap.

Baterai

harga samsung galaxy m33 5g

Beralih ke baterai, salah satu elemen penting yang menopang keseluruhan kinerja smartphone. Kesan pertama saya untuk baterainya, sangat awet!

Ketika pertama kali mencoba Samsung Galaxy M33 5G, saya ingin melihat sampai sejauh mana performa baterai 5000 mAh yang diusungnya. Maka pada masa awal menggunakannya, saya hanya melakukan beberapa aktivitas normal.

Normal yang saya maksud adalah menggunakannya untuk aktivitas harian yang tidak spesifik, alias hanya menggunakannya untuk chatting, membuka akun media sosial dan internet saja.

Baterai yang terisi daya penuh 100 persen, menyisakan 15 persen pada hari hari kelima penggunaannya, dan saya hanya melakukan pengisian daya satu kali saja. Hasil uji ini membuat saya puas.

Selanjutnya, saya melakukan uji baterai untuk menonton berbagai tayangan streaming film dan series di Disney+ Hotstar, selama hampir seharian. Satu kali pengisian daya penuh di pagi hari, menyisakan daya 23 persen pada sekitar pukul 11 malam.

Uji baterai yang sama saya lakukan di hari berikutnya, namun untuk bermain gim online, dengan waktu awal yang kurang lebih sama. Baterai penuh berkurang menjadi 82 persen untuk bermain game selama kurang lebih satu setengah jam.

Kesimpulan

Mencoba sendiri Samsung Galaxy M33 5G selama beberapa hari membuat saya yakin kalau banderol harga mulai 3 jutaan yang ditawarkan oleh Samsung untuk hp ini memang sepadan dengan performa yang diberikan.

Saya tidak ragu mengatakan bahwa Samsung Galaxy M33 5G ini berhasil memenuhi ekspektasi. Untuk digunakan sebagai daily drive, sangat bisa diandalkan, begitu pula bila menggunakannnya sebagai perangkat multimedia.

Secara keseluruhan, saya puas dengan hp Samsung terbaru ini.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1492 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.