Diperbaharui pada Jumat, 18 Februari 2022 | 17:03

IMILAB C21, CCTV Mungil Dengan Gambar 360 yang Jernih

IMILAB C21

Mencari kamera IP yang stabil dengan gambar yang bagus dan kontrol yang nyaman? IMILAB baru-baru hadirkan model CCTV mini terbaik IMILAB C21 yang mencakup 90% dari tugas keamanan lingkungan sehari-hari.

Sebagai informasi, IMILAB merupakan perusahaan penyedia layanan untuk solusi keamanan rumah pintar yang terkenal secara global. Didirikan pada April 2014, perusahaan ini sekarang menjadi sub-merek dari seluruh ekosistem Xiaomi.

IMILAB mengkhususkan diri pada beragam jenis kamera keamanan dengan kualitas yang bagus. Jenis CCTV IMILAB C21 terbaru kali ini dikemas dengan fitur serta teknologi terbaru yang sangat diperlukan pasar saat ini.

Salah satu teknologi yang sangat berguna adalah keberadaan poros elektrik 360 derajat yang dapat dikendalikan langsung dari jauh dan juga melalui sensor.

Desain Bulat, Kecil dan Tidak Makan Tempat

IMILAB C21

IMILAB C21 dihadirkan dengan desain bulat, kecil, dan juga fleksibel, serta ukuran yang lebih kecil dan ringan. Desainnya memudahkan CCTV mini ini untuk ditempatkan di berbagai sudut ruangan dan juga lingkungan rumah.

Keuntungan dari ukurannya yang kecil adalah, tidak perlu berfikir untuk mencari tempat tersembunyi. Karena dengan ukurannya, IMILAB C21 tidak terlihat terlalu mencolok jika diperhatikan.

Di wilayah lensa kamera, IMILAB C21 disertai dengan cahaya inframerah yang cukup kuat untuk membedakan objek dan gerakan antara 5 dan 10 meter.

Selain itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, C21 memiliki fitur rotasi hingga 360 derajat yang mampu mencakup semua titik dengan deteksi yang baik, bisa dikatakan hampir tidak ada titik buta yang terlewatkan ketika masa percobaan kami menggunakan CCTV ini.

Hasil Tangkapan Gambar Lebih Cerah

IMILAB C21

IMILAB C21 menjadi salah satu CCTV mini yang mampu memotret dalam kapasitas 2.5k alias resolusi 2560x1440. IMILAB C21 juga menawarkan kualitas warna cerah yang menjanjikan pada hasil bidikan malam hari.

Hal ini dikarenakan pihak IMILAB telah memperkaya C21 dengan Aperture f2.0 serta tambahan 4 LED inframerah dengan panjang gelombang 850 nm. Jadi, sangat memungkinkan bagi IMILAB C21 untuk memotret gambar berwarna di siang dan juga malam hari ketika model lain yang serupa masih menampilkan kualitas gambar hitam putih biasa.

Kualitas di atas sangat terbukti pada uji coba yang kami lakukan, baik ketika siang ataupun malam, hasil pencitraan yang diberikan dari tangkapan 1x24 jam menunjukan kualitas gambar CCTV yang bisa dibilang baik. Cakupan tangkapannya pun cukup luas, dan gambar yang dihasilkan juga termasuk dalam kategori jernih.

Ini membuktikan bahwa kualitas 2.5k yang dipadukan dengan Aperture f2.0 cukup berpengaruh dengan baik.

Lengkap dengan AI

IMILAB C21

Ini yang jarang ditemukan dari sebuah kamera CCTV berukuran mini atau kecil. Selain rotasi 360, IMILAB C21 juga bekerja sangat baik dengan bantuan AI terintegrasi yang ditanamkan. Salah satunya adalah sistem pengenalan dan pelacakan manusia.

Ketika gerakan seseorang terdeteksi, kamera tidak hanya bergerak berputar mengikuti arah pergerakan orang tersebut, tapi juga secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan ke smartphone pemilik.

Fitur AI yang diberikan ini juga tentunya menjadi fungsi tambahan yang sangat baik dari segi keamanan dan kenyaman pemilik.

Uniknya lagi, perangkat akan mengabaikan pergerakan hewan dan hanya mengkonfirmasi pergerakan manusia.

Tak berhenti sampai disitu, teknologi lain yang tidak kalah canggih yang tersemat dalam tubuh mungil IMILAB C21 adalah sensor suara.

IMILAB C21

Jika sensor gerak akan menangkap segala jenis aktivitas pergerakan manusia, maka sensor suara akan menangkap segala aktivitas atau jenis suara secara khusus.

Dalah kasus ini seperti ketika IMILAB C21 mendeteksi suara yang tidak biasa seperti pecahan kaca atau benturan keras, pada pengujian kami mencoba benturan keras di sekitar kamera, maka secara otomatis C21 akan segera mengirimkan informasi peringatan langsung ke hp kami sebagai pengguna.

Untuk menggunakan IMILAB C21, Anda perlu mengunduh aplikasi IMILAB Home secara gratis lewat Apple App Store atau Google Apps Store.

Aplikasi ini memperlengkap IMILAB C21 menjadi smart CCTV dan memungkinkan Anda untuk mengontrol serta mengkonfigurasi kamera lewat jarak jauh dimanapun dan kapanpun.

IMILAB C21 juga memiliki kemampuan untuk bekerja dengan asisten pintar seperti Alexa atau Google Asisten.

Cara Mengoperasikan IMILAB C21 Lewat IMILAB Home

IMILAB C21

Terkait dengan konfigurasi via IMILAB Home, ada beberapa langkah yang harus Anda terapkan sebelum dengan lancar mengontrol IMILAB C21 lewat jarak jauh secara nirkabel.

Berikut adalah langkah-langkah yang berbeda:

Membuat Akun IMILAB

Membuat akun IMILAB tentunya hanya melewati sebuah prosedur yang sederhana. Anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui email dan nomor telepon pribadi untuk selanjutnya akan dikirimkan kode melalui email atau sms untuk memvalidasi akun.

Pembuatan akun memungkinkan Anda untuk mengamankan akses ke kamera, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa kamera IMILAB lain (jika Anda memiliki lebih dari satu kamera) dari akun yang sama.

Menyambungkan Kamera IMILAB C21

Cukup tekan tombol bertanda “+” di kanan atas layar dan pilih Imilab C21 di antara kamera yang tersedia. Pilihan juga akan tersedia secara otomatis dengan cakupan nearby.

Koneksi ke Jaringan Wifi

IMILAB C21

Kami menyarankan Anda untuk memilih menggunakan jaringan nirkabel atau WiFi dengan pita frekuensi 2.4Ghz, karena pada penggunaanya ternyata kami menemukan lebih banyak kesulitan untuk menghubungkan kamera di 5Ghz yang harusnya bisa lebih cepat terkoneksi.

Namun kami rasa, IMILAB C21 juga sepertinya belum bisa mencakup jaringan 5Ghz, dan belum diperuntukan untuk itu.

Atau, mungkin alasan lain yang masuk di logika kami adalah, jaringan 2.4Ghz memiliki jangkauan yang lebih panjang, sehingga Anda dapat memindahkan kamera IMILAB C21 sedikit lebih jauh keberadaannya dari router wifi.

Reset Wifi

Jika proses penyambungan tidak dilakukan segera atau terdapat kendala ditengah proses penyambungan, Anda harus mengatur ulang wifi di kamera IMILAB C21, hal ini didasarkan pada saat proses pengujian yang kami lakukan.

Anda harus memasukkan pin kecil atau sim card ejector ke dalam lubang tombol reset. Untuk mengakses tombol ini, Anda harus menggerakkan lensa kamera ke atas dengan tangan atau kasarnya secara manual.

Anda akan melihat slot untuk memasukkan kartu memori dan tombol reset tepat berada di bawah lensa kamera.

Penyimpanan Fleksibel

Setiap hasil tangkapan dan juga rekaman secara fleksibel dapat diatur penyimpannya. Kami telah menyinggung keberadaan slot kartu memori pada tubuh IMILAB C21, namun Anda juga bisa memanfaatkan kapasitas cloud dengan melakukan registrasi pada IMI Cloud yang tersedia pada IMILAB Home.

Jika tidak menginginkan keduanya, Anda juga bisa menggunakan memori internal ponsel dan juga memori eksternal Hp Anda lalu untuk kemudian menyimpannya pada penyimpanan cloud pribadi.

Hasil Uji

IMILAB C21

Selama pengujian beberapa kendala sudah kami beberkan di atas sebelumya, termasuk beberapa keunggulan yang juga kami kemukakan di atas. Kami hanya akan menambahkan beberapa karakteristik yang kami temukan dari IMILAB C21 selama proses pengujian dan penggunaan kami.

IMILAB C21 diunggulkan dengan desain mini yang membuat kami tidak terlalu riber memasang di berbagai sudut kantor. Keberadaan rotasi 360 juga sempat menjadi sorotan bagi kami, , meski menjadi nilai plus, nyatanya dalam penggunaan tidak terpakai sepenuhnya.

Karena faktanya cakupan 180 derajat yang lebih banyak terpakai, terlebih ketika menggunakan sensor gerak. Rotasi ini tentunya sangat berguna jika penempatan kamera CCTV tidak berada di posisi sudut, ini terjadi ketika kami mencoba menempatkannya di tengah ruangan.

Hasil gambar yang diberikan memiliki kualitas baik, ada sedikit catatan terkait delay yang di citrakan pada IMILAB Home, mungkin saja kualitas bandwith kantor sedang buruk dan tidak dalam kapasitas kecepatan yang baik. Tapi secara sensor, IMILAB C21 bekerja dengan apik dalam menangkap setiap pergerakan pada jarak 1 hingga 3 meter.

Kesimpulan

IMILAB C21

Dari mulai pemasangan hingga penyambungan dan juga konfigurasi, IMILAB C21 sama sekali tidak memberikan kesulitan yang berarti kecuali masalah konektivitas dan jalur jaringan. Baik fitur dan juga teknologi yang disediakan mampu bekerja dengan baik ketika semua diaktifkan.

IMILAB Home juga menjadi aplikasi yang sangat user friendly selama penggunaanya dalam mengatur dan juga mengoperasikan kamera CCTV kecil IMILAB C21. Kualitas gambar 2.5k yang ditawarkan juga terbukti dengan semua hasil tangkapan gambarnya.

Bosan dengan CCTV berukuran besar namun hasil gambar masih buruk atau hitam putih? IMILAB C21 jadi rekomendasi yang pas dari Pricebook untuk Anda yang sedang ingin menambahkan tingkat keamanan di rumah atau apartemen.

Untuk info lanjutan, kalian bisa langsung mengunjungi situs Pricebook.co.id atau situs resmi IMILAB guna mengetahui harga, lokasi toko, serta ketersediaan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1093 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.