Diperbaharui pada Rabu, 8 Desember 2021 | 15:41

HUAWEI nova 9, Hp Mid-Range HarmonyOS Pertama dengan Flagship Kamera

review HUAWEI nova 9

Hampir satu tahun tidak hadir ke market tanah air, akhirnya Huawei Consumer Business Group Indonesia menghadirkan HUAWEI nova 9.

HUAWEI nova 9 membawa sederet pembaharuan dan fitur menarik yang ditawarkan. Kamera flagship hadir di smartphone kelas mid-range, dan nova 9 menjadi Smartphone pertama di Indonesia dengan HarmonyOS. 

Berikut hasil review pada unit yang kami terima langsung dari Huawei Indonesia. Seberapa beda? Seberapa kuat? dan seberapa canggih? Berikut review Huawei Nova 9, hp terbaru Huawei.

DesainHUAWEI nova 9

Secara visual, HUAWEI nova 9 membuat kesan yang sangat baik baik dari segi desain. Terutama tampilan ramping dan tepi layar yang sangat tipis membuatnya terlihat modern dan ringan.

Secara umum, perangkat ini menawarkan cengkeraman yang sangat baik meski dengan ukuran yang besar. Huawei mengandalkan sensor di bawah layar untuk membuka kunci dengan respon yang cepat dalam pengujian.

Warna Starry Blue dari unit yang kami review memiliki kesan halus dan terlihat sangat mahal. Ketika dipantulkan oleh cahaya, akan ada warna ungu muda dan biru yang bercampur dengannya.

Review Huawei Nova 9

Bobotnya ringan, hanya 175 gram dengan ketebalan hanya 7.77mm, sangat ringan digunakan dengan satu tangan. Desain Layar menampilkan ciri khas melengkung 3D, sedikit mengingatkan kami dengan kompatitor asal korea.

Huawei nova 9 memiliki ukuran layar 6,57 inci, Full HD+ dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Layarnya juga menggunakan panel OLED yang mendukung HDR10.

Untuk dapur pacu, HUAWEI nova 9 ditenagai oleh Snapdragon 778G.   Prosesor ini dianggap lebih konvensional meskipun varian khusus untuk Nova 9 ini hanya memiliki konektivitas 4G.

Layar OLED dengan 120 Hz

Huawei Nova 9

Jika berbicara tentang produk hp terbaru tidak lengkap rasanya jika tidak membahas sisi layar dan juga kecepatan tangkap dan membaca gambarnya.

Secara teknis ini Huawei Nova 9 mengenakan panel tipe OLED diagonal dengan resolusi 6,57 2340 x 1080 piksel yang memiliki kerapatan piksel 392ppi serta rasio aspek 19,5:9. Anda merasa desain yang datang dari Huawei kali ini sedikit out of the box.

Bahkan dari kualitas warnanya juga bisa kami katakan luar biasa. Terdiri dari cakupan 100% gamut warna DCI-P3 dan dukungan lebih dari satu miliar warna.

Tepi layar melengkung juga semakin membuat HUAWEI nova 9 semakin terlihat memilki layar besar. Huawei seolah ingin memberikan kesan bahwa generasi smartphone canggih di masa depan akan lebih banyak terlihat penuh dengan layar.

Huawei Nova 9

Sorotan khusus kami lebih kepada karakter kecepatan refresh yang diusung nova 9. Hadir dengan kecepatan fps 120 Hz menjadikan HUAWEI nova 9 memilki tampilan dan pergerakan gambar yang halus.

Dalam praktiknya, tingkat hertz yang tinggi segera terlihat. Ini lebih memberikan kami kesan totalitas saat bermain game, karena terlihat lebih cerah dengan detail gambar yang baik.

Tapi tenang, meski sedahsyat itu, tetap Huawei memberikan jaminan terkait keamanan dan kenyamanan dengan membawakan mode pelindung mata.

Tak hanya itu, manajemen kecepatan refresh juga bersifat dinamis meskipun pengguna tetap bisa memilih batasannya sendiri hingga maksimal 60Hz.

Kamera dengan AI Super Lengkap

Huawei Nova 9

Untuk kamera belakang, HUAWEI nova 9 dilengkapi dengan kamera 50MP Quad AI Ultra Vision yang menggunakan sensor RYYB yang dioptimalkan oleh Huawei dan dapat menerima cahaya hingga 40% lebih banyak.

Menariknya, RYYB disematkan Huawei pada smartphone flagship mereka di P dan Mate Series, dan pertama kali diperkenalkan pada P30 Pro.

Adanya teknologi Huawei XD Fusion Engine menjadikan tingkat ketajaman baik di siang dan malam hari. Tambahan lain adalah, beragam AI pedukung yang mampu memperindah dan mempermudah hasil tangkapan gambar.

Seperti contohnya HUAWEI  nova 9 memiliki kemampuan untuk mengkalibrasi warna gambar agar lebih cerah. Tidak ada lagi lampu kuning atau merah dari sensor RYYB.

kamera Huawei Nova 9

HUAWEI nova 9 menyediakan lensa sudut lebar 120 derajat, yang dianggap sebagai salah satu model yang cukup lebar. Selain bisa mendapatkan gambar yang besar dengan semua elemen objek. Ada juga penyesuaian distorsi di sudut gambar agar lebih realistis.

Baik kamera depan dan belakang, keduanya memiliki 6 efek yang berbeda secara mutlak. Termasuk penyesuaian kecantikan hingga 10 level, yang menurut kami level 5 jadi yang paling natural.

Huawei Nova 9

HUAWEI nova 9 juga dapat mengambil foto malam yang luar biasa. Mode ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk membantu menyesuaikan ketajaman gambar.

Noise pada gambar lebih banyak berkurang jika dibandingkan pendahulunya. nova 9 juga dapat menyesuaikan nilai ISO hingga 409600, memungkinkan pemotretan dalam kondisi cahaya yang sangat rendah dengan jelas dan warna masih cerah.

Lensa kamera belakang terakhir akan menjadi lensa makro yang memungkinkan Anda membidik objek hingga 4 cm. Pada titik ini, HUAWEI nova 9 kami anggap sangat baik dalam menghasilkan gambar makro yang berkualitas.

Kamera depan 32 Megapiksel

Huawei Nova 9

Berlanjut ke kamera depan untuk kalian penyuka selfie dan pembuat konten vlog. nova 9 diperkuat Huawei dengan kamera depan bersudut lebar 100 derajat dalam mode potret.

Berkat hal tersebut, nova 9 memungkinkan pengambilan wajah dalam sudut yang lebih luas dan jernih.

Dan ada satu hal menarik lain yang membuat kami cukup takjub, karena nova 9 baik kamera belakang dan kamera depan mampu memproduksi gambar dan video 4K 30fps dengan sangat baik.

Performa Ciamik dengan Snapdragon

Huawei Nova 9

Kami telah menjabarkan bahwa Huawei nova 9 terlihat dan terasa bagus. Tapi bagaimana dengan performanya? 

Seperti diketahui, Huawei tak lagi menggunakan prosesor Kirin favorit mereka. Pada seri nova 9 kali ini Snapdragon 778G dari Qualcomm menjadi senjata utama untuk performa terbaiknya.

Snapdragon 778G sendiri menawarkan kinerja 45 persen lebih tinggi daripada 765G. Kami tidak melihat adanya masalah kinerja selama pengujian.

Baik dari segi multitasking hingga bermain game pun tidak masalah, bahkan sangat lancar.

Kami sempat menguji bechmark dan berhasil menelurkan skor 3D Mark Slingshot 6.449 poin untuk HUAWEI nova 9. 

Huawei Nova 9

Sementara untuk 3DMark Wildlife versi Android, yang terkenal sedikit menantang perangkat keras smartphone, Nova 9 mampu meraih skor 2.499 poin.

Berlanjut dengan Geekbench 5, nova 9 mampu mencapai 795 poin di single core. Sementara untuk Geekbench multi-core, Nova 9 mampu menyetuh nilai 3.001 poin.

Beralih antara aplikasi dan jendela browser dan beberapa game seperti Call of Duty Mobile yang bisa kami mainkan pada kualitas grafis tinggi dan frame rate Maksimum. Sementara PUBG, kami bisa memainkannya pada kualitas HDR juga dengan frame rate Maksimum.

Review Huawei Nova 9

Meskipun kurangnya aplikasi dan layanan Google, Huawei tetap berhasil menutup celah dengan margin yang mengagumkan kali ini.

AppGallery mereka mencakup aplikasi yang biasa digunakan sebagian besar orang termasuk aplikasi perbankan, aplikasi transport dan travel.

Jika kalian ada yang mempertanyakan tentang apakah akun google, tenang saja karena dengan nova 9 Huawei masih memberikan fasilitas bagi pemilik akun Google lewat Gspace.

Dengan menggunakan Gspace, Anda bisa menggunakan sebagian besar aplikasi Google di nova 9 termasuk Google Documents, YouTube dan Gmail.

Baterai

Review Huawei Nova 9

Huawei membekali nova 9 dengan baterai 4.300 mAh. Jika berkaca dari generasi hp terbaru yang ada di pasaran saat ini, kami merasa cukup untuk jumlah daya yang diberikan.

Paling tidak kami bisa melalui satu hari bersama nova 9 dengan lancar.

Daya tahan baterai Huawei nova 9 dengan uji baterai PCMark bertahan kurang dari 12 jam penggunaan.

Hanya saja, waktu pengisian daya baterai bisa kami katakan sangat cepat dengan charger 66W yang disediakan. Pengisian baterai dari 0-100% dapat dalam waktu 38 menit

Dari nol atau mati, pengisi daya 66W mampu mengisi daya HUAWEI nova 9 hingga sekitar 60% dalam waktu setengah jam dan pengisian penuh dalam satu jam.

HarmonyOS

Review Huawei Nova 9

Dalam paket pembelian, HUAWEI nova 9 hadir dengan EMUI 12. Namun demikian, konsumen dapat menikmati pengalaman baru dari HarmonyOS dengan cara singkat dan cepat.

Pertama, masuk ke aplikasi My Huawei, kemudian ubah region ke Hongkong. Setelah itu, pilih perbaharui (update) dan instal. Setelah itu, konsumen dapat menikmati pengalaman menarik dari HarmonyOS.

Banyak hal menarik yang dapat dinikmati konsumen setelah HUAWEI nova 9 menjalankan HarmonyOS. Salah satunya fitur Super Device.

Fitur ini memungkinkan perangkat nova 9 terhubung dengan produk ekosistem seperti Laptop (MateBook 14s, MateBook 14), lalu tablet MatePad 11, FreeBuds 4, MateView, cukup dengan memasukan bola ikon produk ekosistem tersebut untuk mengkoneksikan.

Jika hendak menonaktifkannya, cukup melepaskan dari lingkaran Super Device dan memasukan produk lainnya. Hal baru lainnya adalah tampilan dari widget yang sangat menarik. 

Kesimpulan

Review Huawei Nova 9

Kehadiran nova 9 benar-benar memberi gebrakan baru dengan banyaknya elemen serta pembaruan yang dihadirkan.

Hp terbaru Huawei ini tidak hanya menghadirkan kontras dan warna yang kaya, tetapi juga halus berkat panel 120 Hz yang diusung.

Kami juga terkesan dengan desain smartphone yang stylish. Performa kamera juga mengingatkan pada masa kejayaan Huawei ketika perusahaan China itu masih memegang tahta kamera dengan perangkat seperti P40 Pro.

Setelah menggunakan HUAWEI nova 9, dapat dikatakan bahwa ini adalah model lain yang tidak boleh dilewatkan.

Penggunaan umum atau untuk bermain game dan bekerja juga sangat baik, terlebih jika dilihat dari tampilannya yang stylish.

Sistem operasi dan chip prosesor terintegrasi sempurna dan perasaan saat menggunakannya hampir tidak berbeda dari model hp flagship.

Haruskah Membeli Huawei Nova 9?

Review Huawei Nova 9

HUAWEI nova 9 hadir dan bersaing dengan menawarkan nilai sebanyak mungkin serta harga yang kompetitif.

Dalam hal ini, nova 9 memang menghadirkan layar OLED 120Hz berkualitas tinggi, satu set quad kamera belakang yang ciamik, dan daya tahan yang layak dengan pengisian cepat 66W.

Untuk kalian yang mendambakan hp berkualitas dengan desain stylish serta perpaduan kamera yang ciamik, nova 9 bisa jadi layak untuk dipertimbangkan.

Ketersediaan

harga huawei nova 9

Pre-order HUAWEI nova 9 mulai dapat dilakukan pada periode 8-17 Desember 2021. Smartphone ini dipasarkan seharga Rp.7.599.000,- yang disertai beragam bonus, seperti gratis HUAWEI WATCH FIT dan nova 9 case yang bernilai total Rp.3.000.000,-.

Selain itu, konsumen juga berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp.500.000,-. Layanan pre-order HUAWEI nova 9 tersedia di beberapa mitra e-commerce terkemuka Tanah Air seperti, Shopee, JD.ID, Blibli, Lazada, dan Huawei Official Store yang baru saja hadir di Tokopedia. Informasi lebih lanjut, dapat mengklik tautan berikut.

harga huawei nova 9

Selama periode pre-order, konsumen juga akan mendapatkan keuntungan tambahan seperti gratis berlangganan Vidio Premier Platinum selama 3 bulan, gratis berlangganan 1 bulan VIP Langit Musik, dan gratis berlangganan 1 bulan VIP Zenius.

Ada pula kesempatan mendapatkan voucher diskon dari Traveloka, HappyFresh, dan Miss ACE, cicilan ringan dari Home Credit, serta tambahan cashback dari KlikIndomaret.

Seluruh keuntungan tersebut dapat diperoleh dengan mengunduh ragam aplikasi terkait dan melakukan klaim via AppGallery.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1072 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.