Diperbaharui pada Rabu, 29 September 2021 | 16:27

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), Buat Content Ok, Main Game Mantap!

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Jajaran laptop terbaik hingga laptop terbaru yang sering ditemukan di pasaran biasanya diisi oleh kategori laptop gaming ataupun laptop standar untuk anak sekolah.

Tapi tetap saja, beberapa orang masih menginginkan jenis laptop yang komplit. Selain bisa untuk bermain game, juga bisa digunakan untuk mengakomodir pekerjaan mereka.

Secara khusus, bahkan banyak yang mendambakan jenis laptop gaming powerfull dengan desain ramping dan ringan. Seperti yang diketahui, kebanyakan laptop gaming sangat berat dan berukuran besar.

Dengan desain demikian, tak banyak orang yang menggunakannya untuk mengakomodir tugas kampus atau pekerjaan kantor mengingat beban beratnya.

ASUS muncul dengan berani membawa ZenBook Pro Duo mereka ke pasaran dengan desain berbeda serta kelas yang lebih lengkap. Lebih ramping, powerfull, dengan banyak fitur yang tak hanya bisa digunakan sebagai laptop gaming semata.

Desain unik serta kapasitas mesin yang diusung pun bisa digunakan untuk meningkatan produktifitas dalam bekerja serta multitasking yang lebih tinggi, terutama di dunia kreatif seperti content creator.

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), Cocok Untuk Content Creator

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Hadirnya ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) ini seolah memberikan paket lengkap bagi setiap orang yang menginginkan laptop gaming terbaik dengan spesifikasi tinggi namun tetap nyaman jika digunakan untuk bekerja.

Terlebih bagi para profesional dan juga generasi muda yang penuh kreatif serta aktif seperti saat ini. Laptop ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) ini cukup cocok dijadikan sebagai laptop untuk para content creator.

Datang dengan desain premium yang membuat mata berbinar, mulai dari packaging hingga tampilan laptopnya benar-benar mengisyaratkan kelas premium dari ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582).

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) adalah laptop layar ganda yang unik dengan panel OLED 4K 15,6 inci di bagian atas dan layar OLED yang lebih kecil di atas keyboard.

Laptop layar ganda ASUS telah berevolusi sejak iterasi pertama ASUS ZenBook Duo (UX481), dengan peningkatan build quality dan juga sisi ergonomi.

Performanya juga luar biasa dan stylus yang disertakan menjadikan ini pilihan yang baik bagi para seniman. Desain keyboard dan touchpad yang tidak biasa menurut kami malah memberikan keleluasaan jari dan telapak tangan untuk mengeksplor seluruh sisi keyboard tanpa terganggu touchpad yang terletak di pojok kanan.

Untuk Anda para seniman gambar yang ahli di Photoshop ataupun Corel, Anda bisa memanfaatkan layar mini kedua di atas keyboard untuk dijadikan bidang gambar pengganti touchpad dengan fungsi serupa yang lebih luas. Anda juga bisa memaksimalkannya dengan penggunaan pen stylus.

Tampilan OLED Lebih Ditingkatkan

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

ASUS cukup bangga dengan hal-hal yang mereka lakukan pada produk mereka. Di seluruh jajaran laptop yang saat ini tersedia di bawah payung ASUS diluar ROG, mendapatkan kemewahan layar OLED dengan Zenbook Pro Duo menjadi laptop kedua yang mendapatkan layar OLED selain model ASUS Zenbook Flip.

Layar utamanya adalah Panel OLED LED-backlit 15,6” dengan resolusi 3840 x 2160 piksel dalam UHD. Hanya ada satu kata yang dapat Anda gunakan untuk menggambarkan saat Anda melihat tampilan ini, "MANTAP".

Warna pada panel yang divalidasi oleh PANTONE dan dukungan untuk 100% DCI-P3 Color gamut, sangat cukup untuk memberikan kerapatan warna dengan tekstur yang lembut dan cerah pada setiap tampilan gambar.

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Lalu ada ScreenPad Plus, layar sekunder 14,09 inci yang juga mendukung sentuhan dan menawarkan resolusi UHD lengkap dengan Engsel ErgoLift, memungkinkan layar sedikit dinaikkan ke sudut saat laptop terbuka penuh.

Ini adalah bagian dari Sistem Aerodinamis Aktif ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang meningkatkan aliran udara pendinginan secara keseluruhan hingga 36%.

ScreenPad™ Plus tidak hanya berfungsi sebagai layar sekunder, tetapi juga dapat melakukan berbagai hal lainnya, berkat perangkat lunak ScreenXpert 2.0 yang mendukungnya.

Misalnya saat menggunakan Adobe Photoshop, layar kecil ini mampu menampilkan pintasan ke beberapa alat yang umum digunakan seperti Eyedropper, Lasso Tool, dan banyak lagi. Cukup nyaman, terlebih ini merupakan layar sentuh.

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Anda dapat dengan mudah menarik dan melepaskan aplikasi apa pun dari layar utama ke layar sekunder, sangat berguna saat menulis artikel, karena kami dapat meletakkan sumber di layar kedua, dan editor kami di layar utama.

ScreenPad Plus ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) memiliki dimensi 14x4,3 inci dengan resolusi 3840 x 1100 piksel.

ScreenPad™ Plus juga dilengkapi dengan menu peluncur aplikasi praktis di sisi kiri yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti meluncurkan aplikasi, menyeret item ke layar, dan menandatangani dokumen atau menggambar.

Kami merasa keberadaan layar ini sangat berguna saat mengedit video ataupun artikel, karena saya dapat menggunakan layar kedua untuk mengawasi email, musik, dan berita acak yang dapat saya simpan untuk dibaca di kemudian hari.

Peningkatan Perangkat Lunak

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

ScreenXpert 2.0 adalah perangkat lunak utama di balik pengalaman tampilan ganda yang menciptakan aliran sinergis antara layar ke layar lebih baik.

Sederhananya, Zenbook Duo pada tahun 2019 menjadi hit dan miss, tetapi ASUS membawa kembali generasi terbaru ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) datang dengan yang lebih baik.

Masih ada lagi tautan langsung ke MyASUS serta pengaturan shortcut yang berfungsi untuk mengumpulkan semua jenis aplikasi favorit Anda.

Review ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

MyASUS hadir dengan beberapa fitur keren seperti memungkinkan Anda menghubungkan ponsel ke laptop dan berbagi file. Ini juga memberi Anda informasi tentang bagaimana kinerja sistem laptop dan memungkinkan Anda melakukan penyesuaian serta mengontrol fungsi tertentu seperti peredam bising mikrofon dan warna tampilan.

Jika Anda mengikuti perkembangannya dengan baik, pasti masih ingat utilitas yang disajikan pada generasi pertama. Semuanya ditingkatkan, mulai dari mendeteksi input teks melalui ASUS Pen yang menjadi lebih baik dibanding sebelumnya.

Hasil Uji

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) hadir dengan CPU Intel® Core™ i9-10980HK, RAM 32GB, dan SSD 1TB tambahan yang menggiurkan, model ini dibekali dengan VRAM 8GB.

Spesifikasinya mengesankan dan mirip bahkan sedikit berlebih dengan apa yang Anda temukan di laptop premium lainnya (meskipun sebagian besar telah beralih ke chip Generasi ke-11 sekarang).

Kami ingin melihat bagaimana ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)  menangani multitasking, jadi kami mencobanya dengan mengaktifkan 47 tab pada Google Chrome, tiga di antaranya memutar video YouTube secara bersamaan.

Review ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Kemudian kami membuka beberapa Google Documents, satu untuk gambar dan yang lainnya PDF yang ingin kami edit. ZenBook menangani semuanya dengan sangat baik, tidak ada gagap kinerja ataupun lag yang mengganggu.

Berlanjut ke tes kinerja keseluruhan menggunakan Geekbench versi 5.4, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) mencetak 7.028, yang berada di atas rata-rata laptop premium 4.714.

Pada tes transcoding video kami menguji seberapa cepat laptop dapat mengonversi video 4K ke resolusi 1080p, ZenBook Duo membutuhkan waktu 8 menit 17 detik yang melampaui rata-rata laptop premium 10:44.

Urusan SSD 1TB milik ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), kemi mencoba menggunakannya untuk mentrasfer beberapa file dalam ukuran bersar sebagai pengujian. Hasilnya, file multimedia sebesar 25GB ditransfer dalam waktu 28,3 detik dengan kecepatan 50 megabyte per detik.

Lebih Kuat Dengan RTX Series

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Keberadaan GPU Nvidia GeForce RTX 3070 Laptop GPU pada ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) serta VRAM 8GB menjadikannya sebagai mesin game yang solid, meski ini bukan dikhususkan sebagai senjata gaming.

Layar utama ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) memiliki rata-rata kecerahan 422 nits sementara layar sekundernya mencetak 347 nits.

Kami menguji GPU menggunakan benchmark mainstream 3DMark. ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) mampu mencetak 67 frame per detik dalam 1080p dan 30 frame per detik dalam 4K untuk Time Sky.

Skor keseluruhan menyentuh angka 8900 pada mode Time Sky, dan ini kami lakukan dengan posisi charger tercolok.

Sementara ketika menggunakan Fire Strike skor keseluruhan yang didapat tanpa colok charger berada di angka 18200 sedangkan ketika colok charger berada di angka 20596.

Sedangkan masa tahan baterai kami menguji dengan melibatkan penelusuran web terus menerus menggunakan Wi-Fi pada kecerahan 150 nits. ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) ini mampu bertahan 5 jam dan 1 menit dengan kedua layar 4K menyala.

Berbeda ketika layar bawah dimatikan, unit mampu bertahan sedikit lebih lama, yakni 6:50.

Meskipun ukurannya besar, ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) hanya memiliki satu port USB Type-A, yang berarti Anda harus menggunakan dongle untuk menghubungkan lebih dari sekadar mouse. Sebagian besar ruang ekstra di samping telah diubah menjadi unit pendingin.

Selain itu, Anda masih mendapatkan dua port USB-C Thunderbolt™ 3, port HDMI 2.1, dan jack headphone 3.5mm.

Kesimpulan

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) adalah laptop paling kuat untuk kelasnya di pasaran saat ini. Bukan hanya karena spesifikasinya tetapi juga lebih dikarenakan keserbagunaannya secara keseluruhan untuk melakukan tugas apa pun.

Ditambah dengan keberadaan layar kedua seolah menjadi berkah mutlak, terlebih lewat layar kedua Anda bisa langsung mengakses setiap aplikasi favorit Anda.

Performa keseluruhan juga sempurna, tingkat kebisingan fan sangat minim. Sirkulasi udara sangat baik dengan kinerja fan yang mumpuni.

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) merupakan salah satu perangkat paling unik, menawarkan fleksibilitas dengan memiliki dua layar dalam satu laptop.

Jika Anda seorang creator yang menginginkan spesifikasi serta senjata laptop terbaik dengan tampilan warna layar yang lebih tajam, ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) menjadi sebuah rekomendasi laptop terbaik untuk content creator. Cukup kunjungi official store Asus, untuk mendapatkan info tambahan serta beli ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582).

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1173 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.