Diperbaharui pada Selasa, 27 April 2021 | 14:13

Review UGREEN HiTune T2, TWS dengan Mode Gaming

Review UGREEN HiTune T2

Cukup sulit rasanya untuk menemukan sepasang earbud TWS yang bagus saat ini. Anda mungkin berpikir bahwa dengan kemajuan teknologi, pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

Lagi pula, bukankah earbud yang lebih baru lebih baik? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Masalahnya ada pada banyaknya produsen yang memproduksi earbud jenis wireless saat ini, hingga memunculkan beragam merek.

Kesulitan lain adalah, banyaknya produk atau tws maupun earbud berjenis nirkarbel yang memiliki label hitam atau KW (tiruan) di pasaran.

Bicara tentang headphone ataupun earbud wireless, True Wireless Stereo (TWS) muncul sebagai jenis baru dan mengubah aturan permainan.

Alih-alih menggunakan bitrate rendah atau audio mono, Anda bisa mendapatkan audio bertekstur dengan kandungan stereo yang baik saat menggunakannya.

Apple AirPod jadi TWS pertama yang memperkenalkan teknologi baru ini, dan mereka langsung sukses. Tak lama kemudian, produsen lain berusaha keras untuk merilis earbud nirkabel berjenis TWS milik mereka sendiri.

UGREEN HiTune T2

Review UGREEN HiTune T2

Ada banyak cara untuk menemukan sepasang earbud yang bagus. Tetapi satu cara yang pasti untuk menghindari produk buruk adalah tetap menggunakan produk dari produsen yang sudah dikenal.

UGREEN jadi salah satu produsen dengan nama yang cukup baik di bidang earbud nirkabel. Ada satu TWS yang menarik perhatian kami untuk mengulasnya, yakni UGREEN HiTune T2.

UGREEN sendiri sebenarnya sudah sangat dikenal dengan beragam produk aksesoris penunjang kinerja smartphone dan tablet. Sebut saja, kabel USB baik model type A hingga Type C semuanya mereka miliki, charger universal dengan tipikal fast charging yang cukup banyak digunakan orang saat ini.

Bergaya seperti AirPod, Hitune T2 ini cukup bisa dijadikan alternatif TWS dengan suara stereo yang baik. Model ini sendiri merupakan produk audio terbaik yang dimiliki UGREEN dengan desain yang kompetitif.

Lewat artikel ini kami akan memberikan informasi terkait desain fisik, serta casing pengisi daya yang dilanjutkan ke masa pakai baterai hingga kinerja Bluetooth.

Desain

Review UGREEN HiTune T2

TWS UGREEN HiTune T2 sangat kental dengan nuansa desain AirPod. Bentuk tubuhnya memiliki lekuk yang persis dengan TWS Apple tersebut.

Tapi tentu saja, UGREEN bukan yang pertama mengikuti gaya desain AirPod, sebelumnya juga ada banyak model TWS dari produsen besar lain yang mencontoh desain tersebut.

Melihat lebih dekat pada HiTune T2 mengungkapkan beberapa aspek dan fitur yang akan mengejutkan siapa pun. Yang kami miliki di sini adalah desain warna putih yang sangat mirip dengan AirPods.

Casing pengisi daya terasa cukup kokoh dan berat yang terasa nyaman dan menghasilkan kualitas premium secara keseluruhan.

Model ini memiliki tutup magnet yang menahan dan mengunci tutup wadah pengisi daya serta port pengisian daya magnet untuk menahan kedua bud di tempatnya.

Lubang di bagian luar kedua earbud adalah mikrofon ambien yang terintegrasi untuk mengurangi kebisingan lingkungan selama panggilan percakapan.

Review UGREEN HiTune T2

Di bagian atasnya, touchpad dengan huruf U dan warna abu-abu di sekitarnya. Touchpad memungkinkan Anda mengontrol fungsionalitas earbud.

Di bagian bawah batang earbud, Anda akan menemukan 2 konektor titik pelat logam emas yang digunakan untuk mengisi daya kedua earbud melalui wadah pengisi daya.

Lubang di tengah dua titik logam emas adalah mikrofon input. Setiap earbud memiliki satu mikrofon input untuk merekam suara Anda dan mengirimkannya ke sisi lain panggilan Anda.

Selanjutnya, melihat casing pengisi daya mengungkapkan tombol reset tempat Anda dapat menggunakan untuk mengatur ulang koneksi default earbud.

Jika Anda ingin menyambungkan earbud ke perangkat lain, Anda dapat melakukannya hanya dengan menekan tombol setel ulang pada wadah pengisi daya saat kedua earbud terpasang. Selain itu, ini juga berfungsi sebagai tombol reset pabrik.

Review UGREEN HiTune T2

Melihat bagian bawah casing menunjukkan port Tipe-C. Menurut spesifikasinya, casing pengisi daya HiTune T2 diatur untuk menerima tingkat pengisian input 5V pada 400mA.

Jika diperlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk mengisi penuh casing, maka aman untuk mengasumsikan bahwa kapasitas baterai casing sekitar 500 hingga 600mAh, dan setiap earbud memiliki sekitar 50 hingga 70 mAh.

Untungnya, kami dapat mengonfirmasi bahwa casing pengisi daya hadir dengan kapasitas 500mAh sesuai dengan spesifikasi yang ditemukan di dalam casing pengisi daya.

Jika casing pengisi daya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 500mAh, maka dapat diasumsikan bahwa setiap earbud memiliki sekitar 50mAh. Ini, tentu saja, mengingat casing pengisi daya memperpanjang masa pakai baterai earbud hingga 20 jam dari 4 jam.

Kualitas Suara

Review UGREEN HiTune T2

Kualitas audio dan suara dari HiTune T2 luar biasa. Setiap alunan suara dari lagu yang kami putar cukup halus untuk didengarkan, komposisi bass dan trebel sangat bisa dinikmati untuk sebuah TWS.

Saat menekan TWS HiTune T2 ini untuk menutup liang telinga sepenuhnya kemudian mendengarkan output audionya, suaranya menjadi lebih intens ddengan bass secara keseluruhan menjadi lebih berat.

Ketika diatur ke mode permainan, kualitasnya berubah secara drastis. Kami berasumsi bahwa ketika mode permainan diaktifkan, teknik peningkatan audio tertentu dinonaktifkan yang menghasilkan format audio mentah langsung dari driver.

Kualitas Mikrofon

Untuk menguji kualitas mikrofon, kami membuat rekaman singkat menggunakan mikrofon HiTune T2. Hasilnya, suara yang dihasilkan dari rekaman kami lebih terasa memiliki nada tinggi.

Fitur

Review UGREEN HiTune T2

TWS nirkabel HiTune T2 memiliki semua fitur yang Anda inginkan dari sebuah earbud wireless.

Kontrol yang disediakan mencakup semua fungsionalitas yang harus dimiliki earbud seperti kontrol untuk panggilan, mendengarkan musik, menonton video, dan yang terpenting, mode untuk permainan.

Selain itu, ini juga dapat digunakan untuk mengaktifkan asisten suara seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant.

HiTune T2 juga dapat bekerja dalam mode Mono atau Twin. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan setiap earbud dengan bebas. Artinya, Anda dapat menggunakan satu earbud untuk satu hal dan lainnya untuk hal lain.

Memasangkan juga cukup mudah, yang harus Anda lakukan adalah membuka casing pengisi daya dan mulai memasangkannya dengan perangkat Anda.

Bagi mereka yang bepergian dan dengan gaya hidup aktif, HiTune T2 hadir dengan peringkat perlindungan masuknya IPX5.

Performa Gaming

TWS Gaming terbaik

HiTune T2 direkayasa dan dibuat dengan mempertimbangkan para gamer. Jadi salah satu fitur utamanya yang ditujukan untuk bermain game adalah latensi rendah.

Pada dasarnya, ini memungkinkan earbud untuk menyinkronkan audio dengan video secara virtual.

Jadi, Anda dapat mendengar setiap tembakan atau langkah kaki yang menyelinap di belakang Anda tanpa penundaan yang sangat penting untuk permainan kompetitif.

Menurut UGREEN, HiTune T2 memiliki mode permainan yang menurunkan latensi audio hingga 60ms. Dalam hal latensi audio, apa pun pada 100ms dapat diterima untuk bermain game.

Namun, kisaran idealnya adalah antara 20ms hingga 40ms untuk pengalaman yang optimal. Jadi sederhananya, latensi rendah bagus untuk setiap gamer sementara latensi tinggi  dapat menghadirkan kendala.

TWS gaming

Dari segi pengalaman pribadi, mode permainan benar-benar berfungsi. Sinkronisasi antara audio dan video saat memutar Overwatch, dalam hal ini, jauh lebih baik daripada mode normal.

Secara kualitas audio, mode normal tetap lebih nyaman, tapi untuk bermain game yang sifatnya kompetitif, mode permainan sangat membantu dengan kualitas real time yang dimiliki karena di mode normal suara terasa delay jika digunakan untuk bermain game.

Kebanyakan earbud di pasaran yang dipasarkan dengan mode gaming atau latensi rendah biasanya hadir dengan chipset Qualcomm yang menawarkan teknologi aptx.

Sayangnya, HiTune T2 tidak disertakan dengan Qualcomm. Sebaliknya, ia menggunakan teknik tertentu untuk mencapai latensi rendahnya yang memungkinkan UGREEN menawarkan HiTune T2 dengan harga yang sangat kompetitif.

Kesimpulan

HiTune T2

Namun, mengingat harga dan desainnya secara keseluruhan, HiTune T2 adalah earbud yang bagus dan harus ada dalam daftar Anda jika Anda pernah berada di pasar untuk membeli earbud semi in-ear baru.

Mode permainan yang menurunkan latensi ke 60ms sangat menakjubkan bagi kami. UGREEN mencapai prestasi tersebut tanpa menggunakan teknologi ApTx Qualcomm.

Secara keseluruhan, UGREEN HiTune T2 adalah earbud wireless yang bagus bagi mereka yang menginginkan kualitas dan fungsionalitas tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Sebagai informasi, untuk kalian yang tertarik membeli HiTune T2, produk ini sendiri menjadi salah satu produk 1st seller di Shoope dan Lazada saat ini di kategorinya untuk pasar Asia termasuk di Indonesia.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1645 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.