Diperbaharui pada Minggu, 5 Juli 2020 | 22:28

Review realme Buds Q: TWS 300 ribuan nge-Bass Banget!

review realme buds q
Tidak hanya di smartphone saja, ternyata realme juga cukup produktif di perangkat TWS (true wireless stereo).  Setelah realme Buds Air dan Buds Air Neo, kini sudah hadir realme Buds Q.

Dibanding dua pendahulunya, TWS terbaru ini punya harga yang lebih terjangkau. Tapi bicara kemampuannya tidak kalah. Banyak fitur yang sudah ditanamkan, mulai dari desain, fitur, hingga performanya.

Untuk itu, kali ini Pricebook mencoba berbagi pengalaman mengenai performa dari TWS murah dari realme tersebut. Lebih jelasnya, yuuk simak hasil review realme Buds Q di bawah ini.

Unboxing realme Buds Q

Review realme Buds Q
Sebelum mengulas performa dari realme Buds Q, Pricebook akan memperlihatkan apa saja yang ada di dalam paket pembelian. Box Buds Q tetap menggunakan warna khas dari realme yaitu kuning. Saat dibuka, yang pertama terlihat tentu saja si Buds Q yang terbungkus di dalam case charging.  

Untuk pendukung lainnya juga ditemukan sebuah buku panduan, kabel charger dan karet silicon Buds pengganti. Cukup penting Ketika karet tersebut hilang atau rusak di kemudian hari.

Seperti perangkat TWS atau Earbuds lain, disini juga tidak ada kepala charger dalam paket pembelian. Jadi kamu bisa menggunakan kepala charger hp realme untuk mengisi ulang baterai Buds Q ini.   

Desain realme Buds Q

Review realme Buds Q
realme Buds Q memang terlihat sangat sederhana. Bahkan realme mengatakan jika earbuds terbaru mereka hanya terinspirasi dari sebuah batu alam (cobble), sesuatu yang ada di sekitar kita tapi sering diabaikan. Dan sepenuhnya diterapkan pada Buds Q dengan bentuk batu bulat.

Tapi dibalik kesederhanaan tersebut ada seorang desainer ternama dibelakangnya. Yaa, realme bekerjasama dengan José Lévy untuk merancang Buds Q. Desainer yang bekerja sama dari Hermès ini memberikan sebuah bentuk antropomorfik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Earbuds nya sendiri dibuat memanjang agar ergonomis masuk ke dalam telinga (in-ear). Ukurannya cukup pas dan menutup rapat lubang telinga. Setidaknya ini bisa menjadi pengganti yang ekonomis untuk menggatikan fitur noise cancelling, karena cukup bisa meredam suara di sekitar. 

Setiap set Buds Q ini juga dilengkapi tombol sentuh masing-masing. Dimana ada beberapa fungsi sentuh yang akan berguna saat earbuds ini digunakan. Fungsi sentuh ini akan dijelaskan di artikel review ini. realme Buds Q tersedia dalam warna pure white dan pure black.

Cara Mengoneksikan realme Buds Q

Cara Mengoneksikan realme Buds Q
Di dalam realme Buds Q tertanam R1Q Chip generasi baru dalam teknologi pairing. Teknologi ini secara cerdas mendeteksi realme Buds Q saat membuka case dan menghubungkannya ke smartphone. Tapi tidak langsung terkoneksi, karena masih  dibutuhkan beberapa Langkah lagi. Berikut cara mengoneksikan realme Buds Q ke hp :

  • Download dan instal aplikasi realme Link di Play Store
  • Jalankan aplikasi realme Link dan lakukan registrasi untuk login
  • Pilih Add Device > Earphone > realme Buds Q
  • Buka case realme Buds Q lalu tekan kedua tombol sentuh earbuds (5 detik atau lebih), klik Next
  • Tunggu hingga aplikasi mendeteksi realme Buds Q
  • Jika sudah terdeteksi pilih Buds Q untuk pairing
  • Selesai, realme Buds Q sudah terkoneksi ke hp

Dengan aplikasi realme Link, kamu bisa mengontrol Buds Q termasuk mendapatkan informasi level baterai yang tersisa. Hanya saja, tidak ada informasi sisa baterai dari case nya.

Fungsi Tombol Sentuh realme Buds Q

Fungsi Tombol Sentuh
Seperti yang sudah disebut, kedua earbuds realme Buds Q memiliki tombol sentuh. Tombol ini bisa digunakan untuk memudahkan kita mengoperasikan Buds Q. Berikut fungsi tombol sentuh di realme Buds Q :

  • Sentuh dua kali : menjawab [panggilan telepon, memainkan/menjeda musik 
  • Sentuh tiga kali: beralih ke lagu selanjutnya
  • Tekan dan tahan salah satu buds selama 2 detik : mengakhiri panggilan telepon
  • Tekan dan tahan kedua buds selama dua detik: masuk/keluar mode Gaming

Jika masih bingung, kita masih bisa mengubah fungsi kontorl sentuh tersebut sesuai keinginan melalui aplikasi realme Link.

Performa

review realme buds q
Jika realme Buds Q sudah terkoneksi dan hafal fungsi tombol sentuh, sekarang waktunya mendengar kualitas yang ditawarkan earbuds terbaik harga murah ini.

Saat pertama kali mendengar, kami sempat terkejut dengan keluaran suara yang dihasilkan TWS ringan ini. Suara bass yang dihasilkan sangat terasa, meskipun hanya mendengar music dari Youtube.

Pasalnya audio dari tayangan streaming terdengar flat, tanpa ada pengaturan equalizer dan lainnya. Suara bass memang cukup dominan, tapi tetap terdengar dinamis dengan irama lainnya. 

Realme mengklaim jika Buds Q dibuat dengan driver besar 10mm menggunakan diafragma komposit polimer PEEK & PU untuk mereproduksi suara frekuensi menengah ke tinggi yang lebih baik. Termasuk penambahan teknologi The Dynamic Bass Boost (DBB).

Hasilnya memberikan bass yang dalam dan kuat dengan beat kencang. Bagi yang suka gaming, realme Buds Q juga menyediakan gaming mode yang bisa mengurangi latensi sebanyak 51%, hanya perlu 119ms untuk mentransfer suara dari smartphone ke realme Buds Q.

Sementara untuk jarak jangkau terbilang standar dengan maksimal 10 meter. Tapi ketika coba berpindah tempat yang terhalang tembok, dalam 8-9 meter koneksinya mulai terganggu. Namun di ruangan tanpa ada sekat jarak 12-15 meter koneksinya masih cukup baik. 

Daya Tahan Baterai

review realme buds q
realme Buds Q memiliki baterai 40mAh bawaan dan baterai 400mAh dalam cangkang (case). Tapi ada satu yang menarik, dimana saat digunakan kedua earbuds nya mengalami penurunan baterai yang berbeda.

Mendengarkan musik selama satu jam, baterai di earbuds kiri turun 10% dan baterai kanan turun 20%. Ternyata penggunaan tombol sentuh berpengaruh pada daya tahan baterainya. Karena kami lebih banyak menggunakan tombol sentuh di earbuds sebelah kanan. 

Hasil yang tidak jauh berbeda juga didapatkan saat digunakan untuk menonton film ataupun bermain game. Jika baterai mulai menipis, masukkan ke dalam case untuk mengisi ulang baterainya kembali. 

Butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk mengisi masing-masing TWS untuk terisi penuh. Durasi yang sama juga berlaku untuk mengisi ulang baterai pada case. Dengan dukungan case yang bisa mengisidaya, realme Buds Q di klaim mendapatkan total pemakaian 20 jam.

Kesimpulan

Dengan segala fitur yang ditawarkan, realme Buds Q bisa menjadi salah satu earbuds pilihan terbaik. Dengan harga banderol Rp 399.000, kamu bisa menikmati suara musik yang nge-bass dengan baterai yang tahan lama.

Apalagi TWS terbaru ini memiliki ekosistem yang cukup baik, salah satunya melalui dukungan aplikasi realme Link serta layanan resmi yang menjamin kenyamanan.

Simak juga video review realme Buds Q di chanel Youtube Pricebook dibawah ini :

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.