Diperbaharui pada Senin, 4 November 2019 | 13:35

OPPO Resmi Hadirkan ColorOS Berbasis Android 10, Ini Cara Downloadnya

coloros oppo

OPPO secara resmi gulirkan peningkatan sistem operasi ColorOS berbasis Android 10. Peningkatan tersebut hadir dalam masa ujicoba publik. Perangkat OPPO Reno menjadi yang pertama kali mendapatkan peningkatan uji coba publik ColorOS terbaru ini.

Berikutnya, menyusul perangkat Reno10x Zoom dan Reno2 yang direncanakan mendapatkan peningkatan pada penghujung tahun 2019. Ujicoba publik peningkatan ColorOS ini akan bermula pada negara India, Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Peningkatan ini terbatas untuk 1000 pengguna dan mulai dibuka semenjak 31 Oktober 2019 untuk wilayah Indonesia. Pengguna perangkat Reno di Indonesia mendapatkan peringatan untuk peningkatan sistem operasi ColorOS

ColorOS 6 terbaru memberikan pengalaman sistem operasi Android 10 dengan berbagai fitur yang khusus dikustomisasi untuk pengguna OPPO. Sistem operasi ini membawa berbagai pengalaman baru khususnya pada interaksi visual, keamanan dan kenyamanan seperti navigasi gesture dan peningkatan pengaturan privasi.

coloros Dark mode

Peningkatan ColorOS 6 ini membawa fitur baru yang banyak ditunggu oleh pengguna yaitu dark mode. Mode gelap ini menghadirkan kenyamanan mata pengguna dan penggunaan daya konsumsi layar yang lebih rendah.

Mode gelap atau dark mode ini dilengkapi dengan pengaturan keterangan otomatis yang akan melakukan penyesuaian saat berada pada ruangan yang lebih terang atau rendah cahaya. Mode gelap ini dapat berlaku juga pada beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah memiliki dukungan yang sama.

ColorOS terbaru juga membawa gerakan navigasi baru yang mempermudah pengguna dalam menggunakan perangkat OPPO Reno. Misalkan menyapu dari sisi kiri layar akan mengembalikan ke halaman sebelumnya.

Sapuan ke atas dari bagian bawah perangkat untuk membawa kembali ke layar beranda. Sapuan hingga sepertiga layar dari bagian bawah akan membawa kepada jendela seluruh aplikasi yang terbuka.

Fitur Digital Wellbeing pada Android 10

coloros oppo

Android 10 membawa fitur Digital Wellbeing memungkinkan pengguna untuk mengetahui dan mengelola penggunaan ponsel. Melalui fungsi pintar ini, pengguna dapat mengetahui seberapa sering mereka memeriksa ponsel dan menggunakan aplikasi tertentu.

Fitur Wind Down juga mengingatkan pengguna untuk mematikan perangkat di malam hari dengan mengatur opsi jadwal tidur. Secara keseluruhan, Digital Wellbeing memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan perangkat mereka dan menciptakan kebiasaan sehari-hari yang disesuaikan dengan pengguna.

Pengaturan pada Android 10 memungkinkan pengguna memiliki control lebih besar pada perangkat, terutama pada akses lokasi. Ketika aplikasi ingin mengakses lokasi pengguna, pengguna dapat mengaktifkannya untuk mengakses ini sepanjang waktu, ketika aplikasi terbuka, atau sepenuhnya memblokir akses.

Cara Update ColorOS OPPO Reno

ColorOS berbasis Android 10 pertama kali akan melakukan ujicoba pada perangkat OPPO Reno. Untuk mencoba, konsumen dapat melakukan peningkatan dengan masuk pada opsi Pengaturan, kemudian pilih fitur Pembaruan Perangkat Lunak.

Kemudian perhatikan Ikon pengaturan di sudut kanan atas, lalu klik Versi Percobaan. OPPO hanya menyediakan kuota beberapa ribu untuk mencoba peningkatan pada uji coba publik sistem operasi ini.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.