Diperbaharui pada Jumat, 26 Juli 2019 | 10:55

OPPO Reno 10x Zoom, Ponsel 5G Pertama di Indonesia

oppo 5g

OPPO tak hanya sekali mengikuti ajang Mobile World Congress yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Sejatinya ajang tersebut sudah diikuti oleh produsen smartphone yang identik dengan warna hijau tersebut sejak 2013.

Pada gelaran Mobile World Congress 2019 kali ini, OPPO 5G menjadi andalan baru bagi raksasa gadget Tiongkok tersebut. Seperti kabar yang sudah tersiar sebelumnya, OPPO sempat memberikan bocoran tentang beberapa smartphone baru OPPO yang mendapatkan fasilitas jaringan 5G.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan pihaknya juga menjelaskan bahwa mereka menjadi perusahaan smartphone pertama yang melakukan uji coba jaringan 5G dan berhasil.

oppo uji 5g

Tercatat mulai tahun lalu OPPO melakukan berbagai experiment 5G mulai dari pengujian 3D video calling, hingga panggilan multiparty pertama dengan jaringan 5G. Semua uji coba tersebut berhasil dicoba dengan baik satu tahun terakhir dengan menggunakan perangkat uji OPPO R11. Diperkuat dengan teknologi 3D Structured Light yang terpasang di Oppo R11, serta perangkat prototipe terminal NR5G buatan Qualcomm.

jaringan 5g oppo

Bahkan, beberapa kali sempat tersebut tentang OPPO R17 Pro yang dijadikan uji coba sebagai hp 5G OPPO. Dan kini, muncul kabar terbaru tentang kehadiran OPPO Find X2 dan juga OPPO F11 Pro yang akan jadi hp 5G pertama OPPO.

Untuk versi global mungkin smartphone 5G terbaru OPPO sudah dapat dirasakan manfaatnya. Hanya saja, untuk Indonesia kehebatan 5G masih harus menunggu karena 5G Indonesia masih berada dalam tahap uji dan penyesuaian.

OPPO Reno 5G

Oppo reno 5g

OPPO Reno 5G hadir menjadi bukti kerja keras OPPO untuk menghidupkan 5G secara global. Memiliki prosesor Snapdragon 855, dan jadi yang pertama sebagai pengguna modul 5G snapdragon dengan 855 yang kuat.

Untuk spesifikasinya sendiri, OPPO Reno 5G sejatinya merupakan versi dari OPPO Reno 10x Zoom dengan kualitas koneksi 5G berkat adanya modul dari Snapdragon. Tetap menggunakan pivot selfie camera seperti sirip hiu untuk kebutuhan kamera depan.

Sedangkan di bagian belakang menggunakan kamera 48 MP dengan tambahan sensor Sony IMX586 untuk memudahkan pengguna mengambil potret malam hari yang berkelas.

Fitur Ultra Night Mode 2.0 terbaru OPPO Reno 10x Zoom dapat meningkatkan ketajaman dan kecerahan gambar melalui pengurangan multi-frame noise serta teknologi HDR multi-frame. Hal tersebut memungkinkan OPPO Reno 10x Zoom untuk memproses wajah dan latar belakang secara terpisah, sehingga menghasilkan efek warna kulit dan keseluruhan foto yang lebih realistis.

Terdapat tiga teknologi focusing di kamera OPPO Reno 10x Zoom 5G, yakni Laser Autofocus, Contrast Autofocus, dan Phase Detection Autofocus. Teknologi tersebut memungkinkan pengambilan fokus gambar dengan cepat, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan momen berharga mereka saat mengambil gambar. Reno 10x Zoom juga dibekali kemampuan perekaman video 4K UHD dengan frame rate 60fps, disertai stabililasi gambar optik dan elektronik.

Sementara untuk kamera depan, OPPO Reno 5G "menyembunyikannya" dalam struktur pivot-rising. Struktur ini akan muncul dalam waktu 0,8 detik ketika pengguna ingin melakukan swafoto atau pemindaian wajah, dan secara otomatis akan tertutup kembali ketika sudah tidak digunakan.

Dengan menggunakan sistem motorik, modul kamera yang berbentuk seperti sirip ikan hiu tersebut akan terdorong ke arah atas. Pada bagian tersebut, terdapat kamera selfie dengan sensor 16MP, front facing softlight, dan speaker. Sementara di penampang belakang modul kamera ini, ditempatkan lampu kilat.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1666 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.