Diperbaharui pada Rabu, 31 Juli 2019 | 16:03

Kulik Teknologi VOOC, Charge Super Cepat dan Aman

Teknologi fast charging memang akan menjadi tulang punggung perangkat masa depan. Dan OPPO sudah memulainya sejak 2013 lalu. Dengan label VOOC, hp OPPO fast charging bisa cepat mengisi daya dengan aman.

Bukan isapan jempol belaka, hp OPPO fast charging terbukti mampu mengisi 400% lebih cepat dari charger lainnya. Buktinya, dengan waktu 30 menit saja, hp OPPO support VOOC bisa terisi hingga 75% daya baterai.

Bila dilakukan komparasi dengan vendor lain, Hp OPPO support VOOC terbukti lebih cepat. Karena Asus dan Samsung yang juga memiliki teknologi fast charging mengklaim bisa mengisi daya 30 menit mampu terisi 50-60% daya baterai.

Tak hanya cepat, hp OPPO VOOC juga aman. Terlihat di sebuah video bagaimana teknologi VOOC bekerja dan mengamankan perangkat dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti apa? Anda bisa sama-sama melihat keandalannya.

Pada teknologi VOOC arus daya ditingkatkan dengan optimal. Bukan tegangan arus daya yang dihantarkan ke perangkat. Walhasil, pengisian baterai akan menjadi aman, karena arus daya secara simultan ditingkatkan untuk mengisi, bukan tegangannya.

Otomatis, keamanan perangkat tak perlu disangsikan lagi. Sebab, dari awal VOOC sudah bisa menjamin tidak akan terjadi bahaya yang timbul akibat tegangan arus daya yang terlalu tinggi. Selain itu, terdapat 5 lapisan proteksi keamanan kelebihan arus daya. Mulai dari adapter, baterai hingga smartphone itu sendiri.

Menariknya, peningkatan arus daya ini bekerja dari 0% hingga 90% daya baterai. Setelahnya, pengisian daya kembali seperti kecepatan charging biasa. Tujuannya,  untuk mencegah kelebihan pengisian daya sehingga pengisian daya akan melambat hingga terisi penuh.

OPPO mengklaim bahwa untuk VOOC, semua komponen pengisian daya harus didesain ulang, Bahkan, sebagian komponen baru pertama kali ditemukan, sehingga OPPO mengajukan 16 hak paten teknikal dalam pengembangan teknologi ini.

Saat ini, teknologi pengisian daya cepat ini baru bisa dinikmati oleh sebagian perangkat smartphone flagship OPPO saja. Termasuk penggunaan adapter khusus agar bisa mengisi daya lebih cepat.

Ke depannya, teknologi fast charging VOOC ini kelak bakal digunakan secara umum oleh semua perangkat elektronik. Bagi Anda yang penasaran mengenai cara kerja VOOC Flash Charge bisa menonton video di bawah ini.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.