Diperbaharui pada Selasa, 21 November 2017 | 19:25

Daftar Hp Xiaomi yang Tidak Mendapat Update Software Lagi!

MIUI 9Xiaomi menjadi salah satu produsen yang terkenal memiliki reputasi terbaik dalam hal update software ke lini produk miliknya. Perusahaan asal Tiongkok ini bahkan telah melewati batas standar update sistem pabrikan yang selama ini hanya menghadirkan update untuk perangkat dalam jangka 18 bulan saja.

Lihat saja dalam update terbaru MIUI 9 yang membawa dasar OS Android Nougat ke beberapa perangkat Xiaomi seri lama. Bahkan Xiaomi berani memberikan proses update Xiaomi Mi 2 dan Mi 2s yang tergolong seri lama. Karena dua hp ini masih menggunakan OS Android Jelly Bean. Hal ini sangat mengejutkan, karena tidak ada produsen lain yang berani menghadirkan update dari Jelly Bean ke Nougat, apalagi untuk perangkat yang telah berusia 5 tahun.

Sayangnya, reputasi update seumur hidup dari Xiaomi kabarnya akan segera berakhir di sistem MIUI 9. Pasalnya perusahaan asal Cina ini akan lebih fokus untuk mengembangkan produk dan sistem baru. Dengan kata lain, Xiaomi hanya akan menghadirkan update sistem terbaru lagi untuk perangkat yang dirilis setelah tahun 2015.

Saat ini, Xiaomi memang terus menghadirkan update beta untuk hp yang diproduksi tahun 2012 hingga 2015. Dan untuk update beta terakhir ialah MIUI 9 yang akan disebar ke semua perangkat Xiaomi baik seri terbaru hingga seri awal tahun 2012. Update ini diharapkan bisa selesai di akhir 2017 mendatang.

Xiaomi Mi 2s
Menurut salah satu petinggi Xiaomi, keputusan untuk menghentikan update seumur hidup ke beberapa perangkat Xiaomi lama memang keputusan sangat berat. Hal ini disebabkan karena perusahaan lebih ingin menghadirkan performa terbaik untuk pengguna yang aktif menggunakan perangkat baru. Tidak hanya itu, semakin bertambahnya update, tentu dibutuhkan perangkat yang update pula.

MIUI 9 memang menjadi update terbaru untuk hp Xiaomi yang berbasis pada Android Nougat. Dalama update terbaru ini sudah memiliki banyak fitur baru serta tweak untuk meningkatkan performa. Bahkan MIUI 9 bahkan diklaim cukup ringan dibandingkan sistem stock Android.

Terdapat fitur dual apps yang mendukung aplikasi dan penghemat baterai yang mendapatkan tombol yang lebih baik untuk kontrol saat perangkat sedang diisi daya. Ada juga fitur pembersih folder yang lebih baik, kecepatan deskripsi sistem yang dioptimalkan dan perbaikan untuk masalah dukungan bahasa hingga kamera yang lebih update.

Bagian homescreen juga mengalami pembaharuan. Anda bisa melihat aplikasi kalender baru, beberapa tema yang diperbaharui hingga ikon animasi baru. Versi terbaru ini juga menghadirkan fitur split screen, fitur assistant baru dan fitur block yang lebih baik.

Xiaomi juga menghadirkan MIUI 9 dengan fitur smart assistant. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari hampir segala sesuatu yang ada di perangkat dengan lebih mudah. Dengan fitur ini, penguna bisa mencari pesan lebih detail, misal pesan pada hari tertentu atau jam tertentu. Kedepannya, Xiaomi akan mengembangkan fitur ini agar bisa bersaing dengan Google Assistant, SIRI dan Alexa. 

Berikut ini daftar hp Xiaomi yang tidak akan lagi mendapat update sistem selain Xiaomi Mi 2 :

Baca juga artikel :

Xiaomi Mi 5 dan Xiaomi Mi 5s Plus Sudah Dapat MIUI 9 

Xiaomi Mi5 dan 14 Seri Lain Dapat MIUI 9 Tanggal 25 Agustus 2017 

MIUI 9 Global Stable ROM Sambangi Perangkat Xiaomi Mi 6 

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3488 Posts