Diperbaharui pada Rabu, 28 Januari 2015 | 18:26

FaceBook Lite, Hanya 252KB, Cocok Untuk Gadget Low End

Beberapa hari yang lalu FaceBook mengupload aplikasi FaceBook Lite yang lebih ramping, lebih ringan, dan lebih simple karena hanya berukuran 252KB saja. Ini ukuran yang sangat kecil bila dibandingkan dengan FaceBook untuk iOS yang sebesar 70,1MB dan Android yang 25MB. Tujuan peluncuran FaceBook Lite ini adalah untuk menyasar perangkat-perangkat low end dengan ram kecil (256MB/512MB) dan yang hanya mampu mendapatkan koneksi  internet 2G saja, baik karena perangkatnya atau karena faktor geografisnya.

Sekilas FaceBook Lite sangat ringan dengan besar file hanya 252KB (namun bisa telah diinstal menjadi sekitar 1,16MB), namun memberikan Anda fitur yang cukup lengkap seperti push notification ke perangkat Anda tanpa harus merefresh browser Anda. FaceBook Lite juga sangat simple karena Anda tak akan menemui tampilan video dan pembukaan pada saat membuka FaceBook di PC.

Sebelum Anda menginstalnya, akan ada permintaan ijin untuk mempergunakan resources Android Anda, persis sama seperti setiap kali Anda menginstal aplikasi baru dari Google Store. Setelah terinstall, Anda bisa mempergunakanya seperti aplikasi FaceBook biasa. FaceBook Lite sangat kompatibel dengan berbagai versi Android, bahkan bisa diinstal pada perangkat dengan OS Android 2.2.

Tujuan pembuatan FaceBook Lite ini adalah program dari Internet.org yang diprakarsai Mark Zuckerberg yang juga pendiri FaceBook untuk menyebarkan internet ke lebih banyak orang. Bekerja sama dengan 6 perusahaan seluler, program ini menyediakan internet murah dan efisien. Hal ini didasari fakta bahwa 85% penduduk dunia telah terkover dengan koneksi seluler namun hanya 30% saja yang bisa mendapatkan akses internet.

Oleh sebab itu Internet.org meluncurkan berbagai aplikasi yang bisa menjangkau lebih banyak orang dan menawarkan akses ke berbagai site seperti Wikipedia, Google Search, Go Zambia, FB, FB Messenger, Facts for Life, Kokoliko, Mobile Alliance for Maternal Action, dan banyak lagi. Sehingga bisa dikatakan bahwa FaceBook Lite adalah salah satu cara untuk mewujudkan mimpi Internet.org tersebut.

Dengan FaceBook Lite Anda bisa posting status, upload berbagai foto, komen pada FaceBook teman Anda, mengirim dan membaca pesan dan banyak lagi. Hanya dalam beberapa hari, FaceBook Lite  telah diunduh lebih dari 50 ribu kali dan mendapatkan 4,5 bintang dari maksimal 5 bintang. Anda tertarik mencobanya? Penulis sudah mencobanya dan memang sangat ringan. Download saja di sini.

Baca juga artikel:

Tombol Navigasi Ponsel Android Anda Rusak? Gunakan Aplikasi ini

Evercoss Winner Y, Octa Core Murah dengan Aplikasi Penghemat Kuota

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Jackpot Draw Let’s Get Rich

Like us!
Alena Yulitta

Contributor

710 Posts