Diperbaharui pada Rabu, 3 Mei 2017 | 12:00

Microsoft RIlis Sistem Windows 10 Terbaru, Windows 10 S Untuk Perangkat Spek Rendah

Beberapa waktu lalu, Microsoft dikabarkan akan segera merilis update Windows 10 terbarunya. Namun, alih-alih update sistem, Microsoft justru menghadirkan sistem operasi baru dalam keluarga Windows 10 yakni Windows 10 S. Sistem operasi PC ini hadir untuk perangkat komputer maupun laptop dengan spesifikasi rendah untuk kalangan pendidikan.

Sistem Windows 10 S akan fokus untuk dipasang pada perangkat komputer entry-level dengan hardware spesifikasi rendah dengan memori terbatas. Walaupun demikian, sistem ini dirancang untuk bekerja dengan cepat. Bahkan dalam tes, waktu log in hanya membutuhkan 15 detik saja dari proses boot. Hal ini tentu lebih cepat dibanding sistem Windows 10 Pro yang dipasang pada perangkat laptop entry level spek rendah. Tidak hanya itu, dengan sistem ini, sekolah-sekolah bisa menghubungkan antar perangkat dengan lebih mudah.

Sayangnya, perbedaan antara Windows 10 S dan Windows 10 Pro terletak pada aplikasinya. Untuk Windows 10 S hanya bisa menjalankan aplikasi yang terdapat di Windows Store saja. Pengguna tidak bisa menginstal aplikasi sembarangan.

Kabarnya Windows 10 S akan diluncurkan global pada musim panas mendatang.

Walaupun digunakan di spek rendah dalam Windows 10 S juga terdapat berbagai fitur khas Windows 10, seperti :

  • Asisten virtual Cortana dapat diakses langsung, meski layar perangkat berada dalam kondisi terkunci. Jadi, pengguna dapat mengaktifkannya lewat suara tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan perangkat.
  • Integrasi yang lebih baik antara Cortana versi desktop dan mobile. Nantinya, aplikasi Cortana di smartphone terhubung dengan perangkat Windows 10 sehingga memudahkan pengguna yang menggunakan banyak perangkat.
  • Windows Hello kini memungkinkan pengguna masuk ke perangkat melalui pengenalan wajah. Fitur ini juga sudah hadir di Microsoft Edge, sehingga pengguna dapat masuk ke sebuah situs yang sudah mendukung fitur pengenal wajah.
  • Cortana juga dapat menyimpan seluruh informasi yang sering dibutuhkan dengan melihat frekuensi penggunaan pemakai seperti kontak yang sering dihubungi hingga nomer penerbangan.
  • Sistem power saver baru pada windows 10 hadir pada bagian baterai di taskbar windows 10. Fitur dalam sistem ini kabarnya akan meningkatkan performa dan daya baterai dengan lebih baik dan lebih cepat. Bahkan Microsoft mengklaim fitur ini sangat berpengaruh pada penggunaan harian maupun penggunaan multitasking. Dalam update Windows 10 terbaru, semua fitur ini akan bisa ditemukan di control panel. Seperti biasa, pengguna harus masuk ke bagian power untuk mengaktifkan fitur power saver baru Windows 10.
Baca juga artikel:
Upgrade Windows 10 Gratis Bisa Pakai Lisensi Windows 7 dan 8?
Power Saver di Update Windows 10 Terbaru Buat Baterai Laptop Makin Irit
Tips Menghemat Baterai Pada Laptop Windows 10
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts