Diperbaharui pada Senin, 6 Februari 2017 | 12:01

Demi Keamanan, Google Stop Gmail Pada Windows XP dan Vista

Beberapa pengguna Gmail pada perangkat laptop dan desktop dengan sistem dan browser lama sepertinya harus mulai mewaspadai ancaman masalah keamanan. Pasalnya, Google berencana akan menghentikan support Gmail pada sistem Windows lama.

Artinya Gmail tidak akan support pada Chrome version 53 dan versi di bawahnya. Langkah Google ini akan dimulai pada 8 Februari mendatang. Pengguna Gmail yang mengakses Chrome versi 53 atau di bawahnya wajib melakukan update baik update browser maupun update sistem operasi. Seperti yang diketahui, Google Chrome terbaru sudah versi 55 dengan sejumlah sistem keamanan baru dan fitur baru.

Sistem Windows XP dan Windows Vista memang sudah tidak lagi mendapatkan update untuk browser Chrome. Bahkan, kedua sistem Windows lama ini terakhir mendapatkan update Chrome pada versi 49. Hal ini tentu membuat sistem keamanan dalam browser lemah dan rentan diserang malware maupun virus.

Langkah google menghentikan support Gmail pada browser Chrome versi 53 di bawahnya tampaknya mempertimbangkan aspek keamanan dari browser. Pasalnya menggunakan Gmail di browser dengan sistem keamanan yang ketinggalan zaman bisa menyebabkan hal berbahaya dalam layanan komputasi.

Oleh sebab itu, Google memutuskan untuk tidak lagi mendukung penggunaan Gmail di Chrome versi Windows XP dan Windows Vista. Maka dari itu, Google mendorong pengguna untuk segera melakukan update baik para browser dan sistem operasi, agar Gmail dan aplikasi buatan Google lainnya bisa berjalan maksimal.

Yang perlu diperhatikan Google hanya menghentikan support untuk Chrome 53 ke bawah dari Gmail. Alhasil pengguna tetap bisa menggunakan Gmail menggunakan browser lain di Windows lama. Kalau pengguna tetap menggunakan Gmail di Chrome lama, pengguna tidak akan bisa mendapatkan fitur yang maksimal dan rentan terkena serangan malware. Semua kembali ke kebutuhan pengguna dalam mengakses Gmail.

Google sendiri fokus untuk mengembangkan Chrome versi 55. Browser ini hadir dengan sejumlah fitur unggulan yang membuat pengguna browsing lebih cepat dan lebih aman. Chrome ini juga cukup nyaman digunakan di sistem operasi Windows terbaru, Windows 10.

Baca juga artikel:
Update Chrome Hadirkan Reload Page yang Lebih Cepat
Update Terbaru Chrome untuk Android Hadirkan Fitur Download Offline
Trik Nonton YouTube dengan Google Chrome
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts