Diperbaharui pada Rabu, 24 April 2019 | 15:50

Service Center ASUS di Indonesia dan Cara Klaim Garansi

Service center ASUS
Keberadaan service center sangat penting, karena secanggih dan setangguh apapun hp yang Anda gunakan memiliki resiko rusak. Untungnya, hampir semua vendor hp di Indonesia memiliki layanan service center resmi, salah satunya ASUS. Service center ASUS ini bisa Anda datangi untuk melakukan klaim garansi hp ASUS.

Bisa dibilang ASUS memiliki layanan service center yang terbaik, karena tempat service center ASUS sudah tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Service center ASUS Jakarta menjadi yang terbanyak, disusul service center ASUS Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Semarang. Untuk luar pulau Jawa, service center ASUS sudah tersebar di Bali, Sumatera,Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Untuk Anda yang bingung, Anda bisa melihat daftar service center resmi ASUS Indonesia.

Soal garansi juga berlaku untuk pembelian hp ASUS melalui distributor resmi. Seperti garansi TAM ASUS, garansi Metrodata, serta garansi Datascrip. Keuntungannya Anda akan mendapatkan dukungan spesifikasi yang sudah disesuaikan menurut penggunaan di Indonesia.

Selain klaim garansi, tempat ini juga melayani perbaikan hp yang rusak. Namun untuk kerusakan yang diakibatkan dari kelalaian pengguna seperti terjatuh dan masuk ke dalam air tidak termasuk ke dalam klaim garansi.

Klaim garansi biasanya berlaku karena kerusakan akibat cacat produksi yang tidak terdeteksi saat Quality Control (QC). Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami jabarkan cara klaim garansi ASUS. 

Cara Klaim Garansi Hp ASUS

1. Cek Garansi Hp ASUS

klaim garansi asus
Sebelum melakukan melakukan klaim, ada baiknya Anda cek garansi ASUS, masih berlaku atau tidak. Cara mengecek garansi ASUS yang paling gampang bisa dilakukan dengan melihat nota pembelian perangkat yang dihitung selama satu tahun sejak tanggal pembelian. Jika bon pembelian hp hilang, maka garansi akan dihitung dari tanggal produksi.

Saat melakukan pembelian hp ASUS, ada baiknya melakukan registrasi produk melalui website ASUS dengan login email dengan mengisi serial number yang tertera di box atau melihatnya di setting, kemudian mengisi nama, tanggal dan bulan pembelian dan upload file pendukung seperti bon pembelian sehingga akan lebih mudah saat melakukan klaim garansi dan sebagai langkah antisipasi jika bon pembelian hilang.

2. Syarat Garansi Hp ASUS

klaim garansi asus
Buat Anda yang berencana melakukan perbaikan hp ASUS ZenFone yang terlindungi garansi resmi, simak langkah-langkah perlu Anda lakukan berikut ini:

  • Pastikan masa garansi hp ASUS ZenFone Anda masih berlaku, dihitung selama satu tahun sejak tanggal pembelian.
  • Siapkan dokumen persyaratan klaim seperti kartu garansi dan bon pembelian.
  • Lakukan backup semua data di hp ASUS ZenFone Anda karena data tersebut berpotensi hilang dan teknisi tidak akan melakukan backup terkait produk yang sedang ditangani.
  • Pilih salah satu alamat service center ASUS paling dekat dengan lokasi rumah Anda.
  • Informasikan semua keluhan kerusakan hp ASUS Anda. Jika memang setelah dilakukan pengecekan ditemui kerusakan, pihak costumer service ASUS akan meneruskan hp Anda ke teknisi dan memberikan informasi terkait estimasi waktu perbaikan sebagai referensi.
  • Untuk mengetahui progress perbaikan hp Anda silahkan menghubungi ASUS Indonesia melalui email, chat online di website dan call center.

3. Biaya Service Hp ASUS

klaim garansi asus
Terkait kerusakan, biaya service hp ASUS dan sparepart sepenuhnya gratis dengan catatan garansi masih berlaku, memenuhi syarat dan ketentuan klaim garansi. Di sini, perbaikan yang dilayani mencakup software dan hardware seperti ganti LCD atau layar, ganti IC  power ataupun ganti baterai untuk hp ASUS dengan baterai tanam seperti ZenFone 6.

Adapun kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna mengharuskan Anda membayar biaya perbaikan dan sparepart yang akan diinformasikan oleh pihak costumer service. Nantinya, Anda akan diminta persetujuan dan diberikan rincian biaya servis hp sebelum dilakukan perbaikan oleh teknisi.

Sebagai contoh biaya service ASUS ZenFone di service center ASUS, kami pernah mengganti LCD plus touchscreen pada ASUS ZenFone 2. Saat itu, perbaikan tidak di cover oleh ASUS alias dikenakan biaya. Untuk pergantian LCD plus touchscreen dikenakan biaya Rp500 ribu, di luar dari biaya service sebesar Rp150 ribu. Lama perbaikan diperkirakan dua minggu.

Buat Anda yang membeli hp ASUS ZenFone garansi resmi, tentu saja Anda akan mendapatkan keuntungan lebih, salah satunya adalah pelayanan yang memuaskan saat melakukan klaim garansi. Untuk itu, selalu perhatikan garansi hp ASUS ZenFone Anda sewaktu membelinya karena berbeda garansi, maka berbeda pelayanan yang Anda dapatkan.

4. Cek Status Perbaikan

klaim garansi asusBerdasarkan penjelasan di website resmi ASUS, Anda juga dapat mengetahui status perbaikan produk dengan memasukkan Nomor Perbaikan yang tertera pada form perbaikan yang diterima saat menyerahkan produk di Service Center ASUS. Atau bisa juga dengan cara memasukkan Serial Number dari hp ASUS yang dimiliki.

Dalam hal ini, Anda tidak dapat mengetahui status perbaikan jika produk yang diperbaiki belum mendapatkan Nomor Perbaikan dari Service Center terkait ASUS. Untuk Nomor Perbaikan bisa di cek pada form tanda terima penyerahan perbaikan produk.

Yang harus diperhatikan adalah perkiraan tanggal penyelesaian hanyalah sebagai referensi dan tidak selalu ditampilkan. Tanggal penyelesaian dapat berubah berdasarkan pada situasi dan kondisi perbaikan.

Semoga Bermanfaat!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1491 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.