Diperbaharui pada Rabu, 9 September 2015 | 14:21

3D Touch Display iPhone 6S, Bisa Buka Tiga Layar Menu Sekaligus

iPhone Force Touch

Hari Rabu ini Apple dikabarkan akan segera menggelar sebuah acara peluncuran iPhone seri terbaru, iPhone 6S dan 6S Plus. Yang selama ini digembar-gemborkan, yaitu teknologi Force Touch, teknologi baru yang memungkinkan user mengakses berbagai menu dengan memberikan sentuhan dan tekanan yang berbeda pada sebuah tombol.

Teknologi Force Touch ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan pada perangkat trackpad di MacBook dan setelah itu dipergunakan pula pada pada Apple Watch. Dikabarkan oleh 9to5mac, Apple akan membekali iPhone 6S series dengan force touch generasi ketiga yang mereka sebut sebagai teknologi 3D Touch.

Baca juga: iPhone 7 Dikabarkan Akan Setipis iPad Air 2

Teknologi ini tak akan hanya dipergunakan pada tombol, namun akan diaplikasikan ke interface alias layar iPhone 6S series terbaru tersebut. Dengan kata lain, layar iPhone baru akan bisa mengenali sedikit banyak tekanan dan kemudian menampilkan menu yang diinginkan. Kabarnya lagi, teknologi ini dilengkapi dengan 3 tingkat sensor yang artinya sekali sentuh user bisa mengakses 3 jendela menu yang berbeda, sementara pada Macbook dan Apple Watch hanya bisa mengakses 2 level tekanan saja.

Ketiga level yang dimaksud pada 3D Touch iPhone tersebut adalah Tap biasa, tekanan ringan dan tekanan yang lebih berat. Fitur ini hanya ada pada iPhone 6S dengan iOS 9 terbaru. Tentunya dengan teknologi baru ini iPhone akan memberikan banyak fitur baru dengan lebih sedikit ikon yang memadati layar.

Tak hanya itu, hadirnya 3D Touch Display membuka jalan dan kreativitas developer untuk mengembangkan sebuah game atau aplikasi yang mempergunakan fitur force touch tersebut. Hadirnya iPhone 6S series ini sudah sangat ditunggu-tunggu karena sebelumnya Huawei sudah memamerkan smartphone pertama di dunia dengan layar force touch bernama Huawei Mate S.

 

Baca juga artikel

Bocoran Gambar iPhone 6S Plus dengan Force Touch Makin Jelas

Android Wear Bisa Digunakan dengan iPhone

3 Alasan Jangan Terburu-buru Membeli iPhone di Akhir Tahun Ini

Like us!
Alena Yulitta

Contributor

710 Posts