Diperbaharui Pada Rabu, 17 Apr 2024 | 19:26

Imbas Jaringan Terkendali, Trafik Data XL Axiata Meningkat Selama Lebaran

XL Axiata mencatat peningkatan signifikan dalam penggunaan layanan data selama masa libur Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 - 14 April 2024. Data dari Customer Experience & Service Operation Center di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan peningkatan trafik layanan data sebesar 16% dibandingkan dengan hari biasa sebelum Ramadan. Lonjakan ini terjadi karena antusiasme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik dan berlibur merayakan Lebaran.

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, mengungkapkan bahwa persiapan jaringan telah dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan pelayanan maksimal kepada pelanggan selama libur panjang Lebaran. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, bersiaga penuh selama masa krusial ini untuk mengatasi masalah dengan cepat. Hasilnya, terjadi peningkatan trafik data secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, penggunaan layanan didominasi oleh streaming video dengan 59%, diikuti oleh web browsing (18%) dan media sosial (15%). Beberapa aplikasi streaming mengalami lonjakan trafik signifikan, seperti layanan gim (135%), YouTube (17%), TikTok (14%), Netflix (42%), dan Spotify (23%). Penggunaan layanan pesan instan juga meningkat, seperti WhatsApp (59%).

Secara nasional, kenaikan trafik layanan terjadi di berbagai provinsi, dengan peningkatan terbesar terjadi di Jawa Tengah (32%), Nusa Tenggara Barat (21%), dan Lampung (19%). Di tingkat kota/kabupaten, kenaikan trafik tertinggi terjadi di beberapa wilayah seperti Kebumen, Cilacap, Pemalang, Tasikmalaya, dan Brebes.

Berikut detail dari tiap wilayah yang mengalami kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :

  1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
  2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21%
  3. Provinsi Lampung, 19%
  4. Provinsi Sumatera Barat, 17%
  5. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, 16%
  6. Provinsi Jawa Timur, 15%
  7. Provinsi Sumatera Utara, 14%
  8. Provinsi Sumatera Selatan, 13%
  9. Provinsi Jawa Barat, 13%
  10. Provinsi Kalimantan Selatan, 7%

 Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:

  1. Kab. Kebumen,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%
  2. Kab. Cilacap,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58%
  3. Kab. Pemalang,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53%
  4. Kab. Tasikmalaya,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52%
  5. Kab. Brebes,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50%
  6. Kab. Tegal,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 48%
  7. Kab. Pandeglang,  Provinsi Banten, naik sebesar 47%
  8. Kab. Indramayu,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 39%
  9. Kab. Sukabumi,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 37%
  10. Kab. Garut,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 36%

Meskipun demikian, terjadi penurunan trafik layanan di Jabodetabek sebesar 7% karena tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Namun, layanan konvergensi XL Satu tetap stabil, dengan layanan Instagram mengalami peningkatan penggunaan sebesar 24%.

Berikut layanan yang paling banyak diakses oleh 235 ribu pelanggan XL SATU adalah:

  1. Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%
  2. Layanan Netflix, meningkat sebesar 18%
  3. Layanan Tiktok, meningkat sebesar 10%
  4. Layanan Vidio, meningkat sebesar 8%
  5. Layanan Youtube, meningkat sebesar 7%

Secara keseluruhan, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat dibandingkan hari biasa, dengan pengawalan jaringan yang intensif dan pengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi penting.

Dengan lebih dari 57 juta pelanggan dan lebih dari 160 ribu BTS, XL Axiata terus berinvestasi dalam infrastruktur jaringan untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas, dan kualitas layanan data demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat.

Content Writter

1684 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.