Diperbaharui pada Rabu, 21 Juni 2023 | 15:04

Synology BeeDrive, Backup File Besar Lebih Cepat Meski Tubuh Mungil

Synology BeeDrive

Synology hadirkan BeeDrive, solusi penyimpanan data kompak yang dirancang untuk membackup file dan foto pribadi dari berbagai perangkat, seperti komputer, smartphone, dan tablet. Dalam waktu kurang dari tiga menit, pengguna PC dapat melakukan setup BeeDrive dan melindungi file-file mereka dengan kecepatan transfer lokal, sambil menjaga privasi dan kepemilikan data yang lengkap.

BeeDrive memungkinkan pengguna untuk melakukan backup secara lokal pada PC dan smartphone mereka, sehingga menghemat waktu dan biaya dalam jangka panjang. Setelah terhubung ke PC, pengguna dapat memilih folder yang ingin mereka lindungi.

BeeDrive secara otomatis akan membackup semua perubahan yang terjadi di folder tersebut secara real-time, memberikan Recovery Point Objective (RPO) yang lebih baik daripada backup yang dijadwalkan per jam.

File backup disimpan pada BeeDrive dengan format yang sama seperti di PC. Jika terjadi masalah pada komputer, pengguna hanya perlu menghubungkan BeeDrive ke komputer lain dan dapat langsung mengakses file-file mereka tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan atau melalui proses pemulihan yang memakan waktu.

BeeDrive juga dapat membackup foto dan video dari perangkat iOS dan Android melalui Wi-Fi, sehingga smartphone dan tablet dapat terlindungi secara bersamaan.

Synology BeeDrive

Yang perlu dilakukan hanyalah memastikan bahwa PC dan smartphone yang terhubung ke BeeDrive berada dalam jaringan yang sama, lalu melakukan scan QR code, dan BeeDrive akan mulai melakukan backup untuk mengosongkan ruang pada smartphone.

BeeDrive memiliki kecepatan 11 kali lebih cepat daripada backup file besar dari PC ke cloud, dan 6 kali lebih cepat daripada melakukan backup dari perangkat seluler. Hal ini membantu mengatasi batasan bandwidth yang diberlakukan oleh penyedia layanan internet atau cloud.

BeeDrive juga dilengkapi dengan fitur BeeDrop dan sinkronisasi dua arah yang meningkatkan produktivitas saat mentransfer file antar perangkat.

Bagi kreator atau profesional lain yang mengambil banyak foto dengan smartphone mereka dan perlu menggunakan foto-foto tersebut di PC saat kembali ke kantor, fitur BeeDrop memungkinkan mereka mengirim konten dari perangkat iOS dan Android ke BeeDrive tanpa perlu menggunakan kabel.

File-file dapat segera diakses di PC tanpa perlu mengunggah dan mengunduh dari cloud. Saat beralih dari komputer kantor ke rumah, BeeDrive membantu menyinkronkan file di setiap komputer secara otomatis setelah terhubung, sehingga memastikan bahwa semua file selalu diperbarui di komputer tempat Anda bekerja, sambil menyimpan salinan kedua di BeeDrive.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1678 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.