Diperbaharui pada Selasa, 14 Maret 2023 | 11:40

3 Fitur Tersembunyi One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G, Beda dari yang Lain!

Samsung galaxy s23 5g
Bertepatan dengan peluncuran Galaxy S23 Series 5G, Samsung turut memperkenalkan sistem antarmuka terbarunya, yakni One UI 5.1. Antarmuka terbaru dari Samsung ini sudah menggunakan basis sistem operasi Android 13.

One UI 5.1 hadir dengan berbagai macam fitur kustomisasi, keamanan, dan aksesibilitas baru yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan personalisasi. Seperti memperluas peningkatan fitur kamera berkualitas profesional dengan fitur Expert RAW.

Lalu fitur Photo Remaster berbasis AI yang secara otomatis memperbaiki detail gambar yang kurang dengan meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan membuat koreksi warna bahkan dalam adegan dengan cahaya latar.

Pengguna dapat menikmati ekosistem yang terhubung di ponsel dan PC mereka dengan ekspansi Multi control antara Galaxy Book dan smartphone. Ada Link to Windows memungkinkan pengguna untuk menjelajah dengan Samsung Internet di ponsel mereka kemudian melanjutkan menjelajah halaman yang sama di PC mereka  dengan mulus.

Tidak hanya itu, One UI 5.1 turut menghadirkan beberapa fitur baru menarik yang memungkinkan pengguna menyempurnakan hampir setiap aspek pengalaman mobile, mulai dari tampilan, komunikasi, tindakan, dan lebih lagi. 

Dimana Samsung memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat memahami bagaimana perangkat digunakan dan menyesuaikan rekomendasi sesuai penggunaan tersebut seperti Modes and Routines serta Smart suggestions.

Dengan Routines, pengguna dapat membuat urutan tindakan pada perangkat berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Lalu fitur Modes pada One UI 5 pengguna dapat membuat setting yang dikustomisasi untuk berbagai bagian yang berbeda, mulai dari tidur dan bersantai hingga berolahraga dan mengemudi.

One UI 5.1 juga menyempurnakan widget Smart suggestions dengan menambahkan kemampuan untuk merekomendasikan lagu dan playlist Spotify berdasarkan aktivitas pengguna, seperti musik untuk road trip atau relaksasi.

Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas ketiga fitur ini lebih dalam lagi.

3 Fitur Tersembunyi di One UI 5.1

One UI 5.1 yang ada di Samsung Galaxy S23 Series 5G (Galaxy S23+ 5G dan Galaxy S23 Ultra 5G) dirilis 23 Februari 2023 dengan membawa beberapa fitur baru yang menarik, termasuk fitur smart suggestion, fitur modes, dan routines.

1. Fitur Smart Suggestion

smart suggestion
Smart Suggestion adalah fitur yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan saran dan rekomendasi yang lebih cerdas dan relevan kepada pengguna. Dengan menggunakan teknologi AI, sistem akan mempelajari kebiasaan dan preferensi pengguna untuk menyesuaikan rekomendasi dan saran yang diberikan. 

Dalam hal ini, Smart Suggestion akan mengevaluasi aplikasi mana yang sering digunakan, kontak mana yang sering dihubungi, dan lokasi mana yang sering dikunjungi oleh pengguna.

Smart Suggestion akan mengamati pengguna setiap saat dan memberikan saran dan rekomendasi yang relevan dan bermanfaat. Misalnya, jika pengguna membuka aplikasi musik pada pukul 6 sore setiap hari, Smart Suggestion dapat menyarankan playlist musik yang cocok untuk waktu tersebut. 

Saat sering menghubungi seseorang pada hari tertentu, Smart Suggestion dapat menyarankan untuk membuat janji bertemu atau mengirim pesan pada waktu yang sama setiap hari. 

Atau jika pengguna sering membuka aplikasi YouTube pada pukul 10 malam setiap hari, fitur smart suggestion akan menyarankan untuk membuka aplikasi YouTube pada jam tersebut dan video apa yang sesuai. 

Serta banyak lagi kebiasaan pengguna yang bisa dipersonalisasi oleh fitur Smart Suggestion ini. 

2. Fitur Modes

modes
Modes adalah fitur lain dalam One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G yang menawarkan pengguna kemampuan untuk mengubah mode perangkat mereka dan memungkinkan untuk mengubah pengaturan smartphone mereka secara otomatis berdasarkan kondisi tertentu.

Secara default ada 5 mode yang bisa digunakan saat menggunakan fitur Modes, seperti Sleep, Driving, Exercise, Relax dan Work. Semua bisa dipersonalisasi sesuai mode yang digunakan.

Misalnya, di mode Sleep atau tidur pengguna bisa mengaktifkan mode ‘Do not disturb’ yang akan mengatur nada dering menjadi silent selama waktu tidur. Termasuk membisukan (mute) semua notifikasi dari aplikasi seperti WA, Telegram dan lainnya.

Pengguna juga bisa mengatur penggunaan lain seperti beralih ke mode dark mode atau ‘Eye Protection’ untuk mengurangi paparan cahaya biru sehingga nyaman untuk digunakan di malam hari.

Fitur Modes juga dapat digunakan untuk menghemat daya baterai dengan mematikan fitur yang tidak diperlukan saat baterai mulai menipis. Beberapa setingan ini tidak hanya untuk mode Sleep saja tapi juga bisa digunakan untuk mode lainnya.

Meski demikian, ada beberapa setingan berbeda satu dengan yang lain sesuai mode yang digunakan. 

Selain mode default,  pengguna juga dapat membuat mode kustom mereka sendiri dan disesuaikan dengan kondisi saat mode diaktifkan. Misalnya, pengguna dapat membuat mode ‘Meeting’ dengan menonaktifkan notifikasi dari aplikasi sosial media dan mengaktifkan notifikasi dari aplikasi email saat berada di ruang rapat dan lainnya. 

3. Fitur Routines

routines
Fitur routines pada One UI 5.1 memungkinkan pengguna untuk membuat serangkaian tindakan otomatis yang akan dilakukan oleh ponsel mereka pada saat tertentu atau dalam situasi tertentu.

Misalnya, jika pengguna rutin berolahraga pagi (joging atau jalan santai) dapat membuat rutinitas dengan memutar musik. Platform yang digunakan tergantung pada aplikasi yang sudah ada di dalam perangkat. Bisa Spotify, Youtube Music atau pemutar musik lain. 

Fitur Routines juga bisa disesuaikan berdasarkan lokasi atau tempat tertentu, seperti rumah, kantor dan lainnya. Saat berada dirumah pengguna bisa mengaktifkan mode Control SmartThings untuk mengontrol perangkat ekosistem Samsung dengan mudah.

Yang menarik, fitur Routines juga dapat dikombinasikan dengan fitur Modes untuk membuat pengaturan yang lebih kompleks. Misalnya, pengguna dapat membuat rutinitas yang akan mengaktifkan mode tidak mengganggu saat sedang di ruang rapat dan mengirim pesan otomatis kepada semua pengirim pesan yang mencoba menghubungi mereka.

Fitur smart suggestion, fitur modes, dan routines di One UI 5.1 memang membawa pengalaman baru yang menarik. Ketiga fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ponsel mereka dengan lebih cerdas dan efisien, sehingga dapat menghemat waktu serta energi. 

Jadi bagi pengguna Samsung Galaxy S23 Series 5G yang ingin mengembangkan produktivitas dan efisiensi dengan menggunakan smartphone mereka, One UI 5.1 dapat menjadi pilihan yang tepat.

Nikmati One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G Consumer Launch! 

Samsung Galaxy s23 series

Pengguna bisa merasakan One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G untuk pengalaman menggunakan smartphone yang lebih epic di acara Consumer Launch.

Disini pengguna bisa mendapatkan berbagai penawaran khusus sekaligus mendapat penawaran eksklusif di tempat-tempat berikut :

Consumer Launch Lokasi
15-19 Maret 2023 Grand Indonesia, Jakarta
29 Maret - 2 April 2023 Sun Plaza, Medan

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp 4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.

Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp 2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), cashback dari mitra bank hingga Rp 750.000.

Ditambah lagi mendapatkan fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp 899.000 dan free casing senilai Rp 499.000.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 5G series dengan harga :

Smartphone Harga
Galaxy S23 5G (8GB/128GB) Rp 12.999.000
Galaxy S23 5G (8GB/256GB) Rp 13.999.000
Galaxy S23+ 5G (8GB/256GB) Rp 15.999.000
Galaxy S23+ 5G (8GB/512GB) Rp 17.999.000
Galaxy S23 5G Ultra (12GB/256GB) Rp 19.999.000
Galaxy S23 5G Ultra (12GB/512GB) Rp 21.999.000
Galaxy S23 5G Ultra (12GB/1TB) Rp 25.999.000
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2479 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.