Diperbaharui pada Jumat, 11 November 2022 | 13:35

Review Samsung Galaxy A04, Hp 1 Jutaan Fitur 3 Jutaan

review samsung galaxy a04

Samsung Galaxy A04 merupakan salah satu dari sederet HP 1 jutaan yang meluncur di Indonesia pada awal kuartal keempat (Q4) 2022. Smartphone ini dianggap sejalan dengan komitmen Samsung dalam memudahkan masyarakat yang masih menggunakan ponsel berjaringan 3G untuk beralih ke smartphone 4G LTE.

Hadirnya Samsung Galaxy A04 ini seolah menjadi solusi ketersediaan Hp murah dengan teknologi yang sebelumnya hanya tersedia di lini smartphone kelas flagship maupun mid ke lini smartphone entry. Beruntung, Pricebook mendapat kesempatan untuk menguji secara langsung unit Samsung Galaxy A04.

Review Samsung Galaxy A04

Review Samsung Galaxy A04 kali ini akan mengulas berbagai macam segmen seperti, layar, kamera, performa, hingga baterai. Mirip dengan Galaxy A04s, namun ada sedikit perbedaan yang digunakan Samsung sebagai variasi pilihan Hp Samsung 1 jutaan mereka.

Bodi Glossy dengan Tekstur Timbul

review galaxy a04

Samsung masih menggunakan desain sederhana yang sangat mirip dengan yang digunakan di Galaxy A04s. Bodi belakang menggunakan Glossy Glasstic Finish. DI bagian bodi belakang terlihat ada alur pola yang menyerupai tekstur timbul, namun tidak timbul atau tidak dapat dirasakan saat disentuh.

Hp Samsung Galaxy 04 ini juga terasa lebih ringan untuk kelas Hp Samsung 1 jutaan dengan berat yang hanya 192 gram. Menariknya, bodi hp sejutaan ini dilengkapi dengan  dua buah microphone yang pasti sangat jarang dikelasnya, terlebih jika menilik harga yang ditawarkan. Untuk bezel sendiri, memang tampilan sisi-sisi di Samsung Galaxy A04 belum termasuk tipis.

Meski Samsung membuat Galaxy A04 ini sebagai opsi hp murah Samsung, namun lapisan polikarbonat yang menjadi material bodi belakang dan frame membuatnya cukup nampak seperti hp 3 jutaan hingga 4 jutaan.

Ini yang menjadikan Samsung Galaxy A04 terasa ringan namun tetap kokoh. Bicara warna bodi, Samsung menyediakan tiga opsi, yaitu Black seperti yang sedang kami uji, kemudian ada Green, dan Copper.

Layar Infinity V Display

review layar galaxy a04

Samsung Galaxy A04 ini punya ukuran layar yang terbilang sudah umum untuk ukuran smartphone yaitu 6.5 inci. Bagian atasnya juga terdapat satu sensor kamera selfie bergaya Infinity V Display dengan balutan earpiece di bagian atas kamera selfie. Panelnya dirancang menggunakan PLS LCD beresolusi HD+ dan memiliki kinerja refresh rate 60Hz..

Mengingat harganya yang berada di kelas HP 1 jutaan, sebuah hal yang wajar jika Samsung Galaxy A04 menggunakan desain layar tersebut. Meski begitu, layar Samsung Galaxy A04 sudah dibekali dengan Adaptive Brightness yang menjadikan mata pengguna bisa terjaga dari tajamnya cahaya layar Hp.

Kamera 50MP

review kamera galaxy a04

Terdapat kamera selfie dengan notch kecil di area atas layar. Desain dengan notch kecil ini memang biasa disebut Samsung sebagai “Infinity-V”dengan resolusi kamera 5 MP, f/2.2, Fixed Focus, dengan perekaman video up to 1080p30. Beralih ke sisi belakang, Samsung Galaxy A04 menepis anggapan bahwa smartphone sejutaan tidak bisa punya kamera berkualitas.

Pasalnya, ponsel ini hadir dengan kamera utama 50MP yang memberikan hasil foto dan video yang cerah dan detail di berbagai kondisi serta lensa depth 2MP yang membuat pengguna bisa mendapat foto portrait dengan efek bokeh yang natural, serta juga dilengkapi dengan LED Flash.

Hasil kamera galaxy a04

Untuk hasilnya sendiri, baik kamera belakang atau depan di Samsung Galaxy A04 memberikan kesan yang oke. Anda tetap bisa mendapatkan hasil foto yang memiliki kontras cukup baik untuk kelas HP 1 jutaan.

Bahkan untuk kondisi malam, kamera selfie Samsung Galaxy A04 terasa memberikan noise yang minim pada hasil gambarnya.

hasil kamera samsung galaxy a04

Tapi jika ingin mengambil gambar menggunakan Samsung Galaxy A04, disarankan agar kamu lebih bisa memerhatikan letak cahaya dan objek. Karena pada kondisi objek membelakangi cahaya, maka akan terasa sentuhan AI yang berlebih pada hasil foto.

hasil kamera samsung galaxy a04

Perekaman videonya yaitu up to 1080p30. Fitur kamera lainnya yaitu seperti  Portrait Mode, Pro Mode, Panorama, cenderung terasa terbatas.

Spesifikasi Setara Galaxy S5

review samsung galaxy a04

Samsung Galaxy A04 dibekali dengan SoC Helio P35 Octa Core Cortex A53, up to 2.3 GHz. Spesifikasi Samsung Galaxy A04 ini setara dengan spesifikasi Samsung Galaxy S5 di tahun 2014 yang menggunakan Snapdragon 801. Dilengkapi dengan RAM 4 GB LPDDR4X, storage 64 GB eMMC 5.1, untuk unit yang kami pakai di review kali ini,  ada juga opsi lain dengan RAM/Storage 3 GB/32 GB.

Terdapat fitur RAM Plus dengan opsi hingga 4 GB. Saat pertama dinyalakan, storage sudah terpakai sekitar 21 GB. Kalau storage masih kurang besar, smartphone ini mendukung Micro SD sampai 1 TB.

Perangkat ini berjalan menggunakan OneUI Core 4.1, dengan basis Android 12. Ini adalah One UI yang dibuat lebih ringan.

Sayangnya, meski sudah menggunakan UI yang dibuat lebih ringan, navigasinya masih belum bisa benar-benar terasa mulus. Ini terasa wajar karena Hp Samsung Galaxy A04 ini hanya menggunakan CPU Cortex A5X saja, tanpa Cortex A7X sama sekali.

review samsung galaxy a04

Bicara soal performa gaming, kami sudah menjajal beberapa game yang cukup digandrungi di Indonesia, mulai dari PUBG, Mobile Legend, hingga Asphalt 8. Tentunya pilihan game ini juga kami pilih bukan hanya berdasarkan kegemaran masyarakat semata, tapi juga mengingat spesifikasi yang diusung oleh Hp 1 jutaan Samsung Galaxy A04.

Hasilnya, Samsung Galaxy A04 dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat sesekali frame drop yang terasa. Tapi kondisi tersebut masih bisa ditanggulangi dengan pengaturan tipe grafik yang digunakan pada masing-masing game. Paling tidak, Hp Samsung Galaxy A04 dengan harga 1 jutaan ini cukup cocok digunakan oleh para casual gamer.

review samsung galaxy a04

Untuk pengujian Benchmark, ada beberapa data yang berhasil kami himpun dengan beberapa aplikasi benchmark yang tersedia di playstore dan selalu kami jadikan acuan untuk pengujian.

Untuk Antutu, hp Samsung Galaxy A04 ini mampu mengantongi skor 106452. Sedangkan untuk Geekbench, Samsung Galaxy A04 mencapai angka 167 single core, serta 1024 multicore.

Dengan harga hp Samsung 1 jutaan, kami rasa Galaxy A04 masih bisa dipercaya untuk kegiatan multitasking sederhana. Terhitung beberapa kali mencoba menggunakan multiple aplikasi berbeda untuk berjalan di belakang layar, Samsung Galaxy A04 masih bisa dengan nyaman digunakan dengan pergerakan screen yang teratur tanpa patah. 

Fitur dan Kelengkapan

review samsung galaxy a04

Kelengkapan sensor diantaranya accelerometer, virtual light sensor, virtual proximity sensor, dan lain-;ain. Lalu fitur Keamanan hanya terdapat Face Unlock. Ya, tidak ada fingerprint scanner di sini. Sayangnya, Samsung Knox juga tidak tersedia.

Fitur pendukung privasi, seperti Privacy Indicator dan Permission Dashboard tersedia di sini. Jadi kita bisa dengan mudah memantau akses ke komponen seperti mic, kamera, dan lokasi oleh aplikasi yang ter-install. Konektivitas selular yang tersedia yaitu 2G, 3G, 4G, dan konektivitas lainnya yaitu Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5.0

Baterai

review baterai samsung galaxy a04

Samsung Galaxy A04 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, Samsung Galaxy A04 bisa digunakan untuk kurun waktu yang cukup lama. Baterai besar itu pun dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat 15W.

Tentu saja waktu charging Samsung Galaxy A04 ini tidak bisa super singkat meski sudah tergolong memiliki fitur fast charging. Tapi setidaknya, teknologi fast charging 15 Watt ini lebih baik jika dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya menggunakan tenaga charging 7.5 Watt.

Dari hasil pengujian isi daya baterainya dari 0 hingga 100 persen memakan waktu hingga 2 jam 30 menit rata-rata dari beberapa kali pengisian ulang. Sedangkan untuk pengisian 0 hingga 50 persen berjalan pada 1 jam 10 menit.

Untuk memutar video 1080p secara streaming dengan youtube nonstop, kami mendapati Samsung Galaxy A04 mampu bertahan dikisaran 15 jam, sedangkan local playback 18 jam 20 menit. Kalau menilik dari baterainya yang 5000mAh, harusnya bisa sampai 20 jam untuk local video playback.

Kesimpulan

review samsung galaxy a04

Hp Samsung 1 jutaan Galaxy A04 ini secara bodi memang tidak terlalu mewah, tapi untuk kelas hp 1 jutaan terbaru dengan gaya glossy bertekstur yang dibawa cukup mampu menarik minat mata pengguna. Genggaman juga cukup nyaman saat digunakan untuk menelepon maupun berkomunikasi, terlebih bagi kalian yang suka mengirim pesan dengan satu tangan, ukuran yang pas digenggaman ini cukup bisa dimanfaatkan dengan baik.

Secara performa, buat para gamer casual, atau buat ojek online yang suka mengisi waktu luang dengan bermain game sambil menunggu penumpang dijamin puas meskipun dengan harga 1 jutaan kalian tidak bisa memanfaatkan performa ekstrim atau level tinggi dari setiap pengaturan game.

Bicara baterai, Samsung Galaxy A04 cukup awet seharian, terlebih jika hanya dipergunakan untuk sebatas chatting WhatsApp ataupun sekedar membukan Instagram dan Facebook. Untuk streaming pun masih terasa cukup aman daya yang dimiliki, terlebih hp 1 jutaan Samsung ini sudah dibekali dengan fast charging.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1709 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.