Diperbaharui Pada Kamis, 29 Sep 2022 | 12:15

Hands On Garmin Venu Sq 2, Fitur Makin Lengkap


Garmin Indonesia telah mengumumkan akan merilis Venu Sq 2 Series ke Tanah Air. DImana Venu Sq 2 akan tersedia secara online dan offline melalui official stores Garmin pada tanggal 4 Oktober mendatang. 

Nah, sebelum perilisan resminya, Garmin mengajak Pricebook dan sejumlah media teknologi untuk melakukan hands on dan mencicip langsung beberapa fitur yang ada di jam tangan pintar terbaru ini.

Hadir dalam dua seri, Venu Sq 2 dan Venu Sq 2 Music Edition, keduanya dibekali dengan peningkatan yang cukup signifikan. Apa saja?

Desain


Dari segi desain, Venu Sq 2 memiliki bentuk ramping dan tidak terlalu besar, jadi masih cocok untuk semua ukuran tangan. Bobotnya juga ringan dan cukup nyaman saat digunakan.

Venu Sq 2 sendiri menggunakan layar AMOLED yang memiliki kualitas lebih cerah dari layar TFT yang ada digenerasi sebelumnya. Memungkinkan kita untuk melihat semua informasi secara jelas. Menariknya, layar ini dibuat lebih tangguh dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Selain tahan goresan, Venu Sq 2 turut dilengkapi fitur water-resistant 5 ATM. Artinya smartwatch ini tahan terhadap air hingga kedalaman 50 meter. Jadi tetap aman digunakan saat mandi, berenang, menyelam ke dalam air hingga terkena salju. 

Tidak hanya itu, daya tahan baterainya juga sudah meningkat hingga 11 hari dalam mode smartwatch dan 26 jam dalam mode GPS.

Fitur Kebugaran


Untuk mendukung kebugaran, Garmin Venu Sq 2 dibekali lebih dari 25 aplikasi seperti berjalan, berlari, berenang Golf, tenis, HIIT dan sebagainya.

Ada juga fitur Fitness Age yang memperkirakan apakah tubuh Anda lebih muda atau lebih tua dari usia Anda. Melalui fitur ini Anda bisa mendapatkan tips untuk menurunkan usia kebugaran Anda.

Yang terbaru, Garmin telah menyematkan fitur HIIT Workout untuk melacak latihan HIIT Anda, termasuk AMRAP, EMOM, Tabata, dan kustom. Atur jumlah putaran, interval kerja/istirahat, dan lainnya.

Yang hobi olahraga lari, fitur Garmin Coach akanmenjadi pelatih lari pribadi di pergelangan tangan Anda yang dapat digunakan secara gratis. Fitur ini dapat digunakan membantu Anda berlatih untuk 5K, 10K, hingga half marathon.

Fitur Kesehatan


Garmin Venu Sq 2 juga bisa menjadi perangkat untuk memantau kesehatan Anda. Perangkat ini bisa melacak langkah, menit intensitas, kalori yang terbakar, dan banyak lagi.

Smartwatch ini pun dapat mengambil sampel detak jantung Anda beberapa kali per detik dan akan mengingatkan jika detaknya terlalu tinggi atau terlalu rendah saat Anda beristirahat. Ini juga membantu mengukur seberapa keras kinerja selama beraktivitas.

Lalu ada fitur Body Battery yang akan memantau tingkat energi tubuh sepanjang hari sehingga Anda tahu kapan energi tubuh Anda terisi dan siap beraktivitas. Fitur ini dapat memantau apabila tenaga Anda terkuras dan perlu diisi ulang dengan tidur nyenyak.

Venu Sq 2 memiliki fitur pemantauan tidur yang ditingkatkan. Saat bangun, Anda akan menerima skor serta rincian tahapan tidur, Pulse Ox2, pernapasan dan informasi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Bagi pengguna wanita, Venu Sq 2 yang terhubung ke aplikasi Garmin Connect bisa digunakan untuk melacak siklus menstruasi atau kehamilan. Tidak ketinggalan ada sensor Pulse Ox2 dapat mengukur saturasi oksigen dalam darah di siang hari. Saat Anda tidur, smartwatch dapat menunjukkan seberapa baik tubuh Anda menyerap oksigen.

Everyday Smart Utility​


Selain melacak kebugaran dan kesehatan, Garmin Venu Sq 2 memungkinkan Anda untuk menerima email, pesan dan peringatan secara langsung di tangan Anda saat diintegrasikan dengan smartphone Apple atau Android. Pengguna Android bahkan bisa membalas pesan langsung dari smartwatch.

Smartwatch ini dapat melacak stres dan pernapasan Anda untuk membantu lebih memahami cara bernapas dengan baik. Catat asupan harian konsumsi air Anda untuk membuat tubuh selalu terhidrasi. 

Anda juga dapat membuat target secara otomatis untuk hidrasi yang disesuaikan berdasarkan seberapa banyak keringat yang hilang selama aktivitas. Lihat bagaimana Anda bernapas sepanjang hari, saat tidur, selama latihan pernapasan atau selama melakukan yoga.

Sayangnya, Garmin belum menginformasikan harga Venu Sq 2 series ini.

Content Writter

2455 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.