Diperbaharui pada Rabu, 6 Juli 2022 | 16:45

Kembangkan Sensor IMX989, Xiaomi dan Sony Habiskan US$15 Juta

Kembangkan Sensor IMX989, Xiaomi dan Sony Habiskan US$15 JutaXiaomi 12S Ultra pakai sensor Sony IMX989, Foto: Xiaomi

Xiaomi baru saja merilis rangkaian seri Xiaomi 12S, termasuk salah satunya Xiaomi 12S Ultra. Hp ini menggunakan sensor IMX989 yang dikembangkan ekslusif antara Xiaomi dan Sony.

Hal ini diutarakan oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, dalam acara peluncuran Seri 12S. Lei Jun menyebutkan bahwa sensor berukuran 1 inci tersebut merupakan hasil kolaborasinya dengan Sony. Tidak hanya kerja sama teknis saja, tapi juga dalam hal biaya pengembangan.

Dan biaya yang harus dikeluaran pun cukup mencengangkan. Dalam sebuah posting blog di halaman Weibo miliknya, Lei Jun mengatakan jika biaya total untuk mengembangkan sensor IMX989 mencapai US$15 juta, jika dirupiahkan lebih dari Rp 225 miliar.

Ia juga menambahkan jika sensor IMX989 tidak akan eksklusif untuk Xiaomi saja. Karena sesama produsen hp Cina dapat memanfaatkannya untuk memajukan pencitraan seluler lebih jauh.

Terlepas dari itu, kamera utama di Xiaomi 12S Ultra akan dipasangkan dengan lensa aspheric 23mm f/1.9 8P yang direkayasa Leica serta di dukung sistem optical image stabilization (OiS). Kamera ini juga menggunakan proses binning Super Pixel 4-in-1 untuk meningkatkan output low light.

Selain kamera utama, modul kamera belakang turut dilengkapi dengan kamera ultra wide 48 MP dan kamera telefoto 48 MP dengan kemampuan zoom 120x serta kamera selfie 32 GB.

Performa Xiaomi 12S Ultra sendiri ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 dengan kapasitas RAM hingga 12 GB serta penyimpanan internal 512 GB.

Hp Xiaomi ini juga dilengkapi dengan baterai 4860 mAh yang memiliki chip baterai khusus yang disebut Surge G1 dengan pengisian cepat 67W.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1842 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.