Diperbaharui pada Selasa, 5 Juli 2022 | 15:40

Opensignal: Telkomsel Dominasi Pengalaman Jaringan Seluler di Indonesia

Opensignal: Telkomsel Dominasi Pengalaman Jaringan Seluler di IndonesiaFoto: Opensignal

Perusahaan analitik seluler global Opensignal baru saja merilis analisis terbaru berjudul "Indonesia Mobile Network Experience Report”. Dalam laporan tersebut, Telkomsel masih mendominasi dengan memenangkan penghargaan regional terbanyak.

Melalui artikel tersebut, Opensignal memaparkan bahwa seiring perkembangan 5G di Indonesia, masing-masing penyedia layanan memiliki kekuatan unik untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik (the best user experience) bagi masyarakat.

Analisis terbaru Opensignal terhadap pasar seluler Indonesia mengungkapkan bahwa Telkomsel tetap menjadi operator dominan dalam hal pengalaman jaringan seluler di Tanah Air.

Opensignal: Telkomsel Dominasi Pengalaman Jaringan Seluler di Indonesia
Operator pelat merah tersebut memenangkan empat dari sembilan kategori. Diikuti XL dan 3 (Tri) masing-masing menjadi yang terbaik di 2 kategori serta Smartfren yang meraih 1 kategori terbaik.

Telkomsel berjaya di kategori Pengalaman Kecepatan Unggahan (Upload Speed Experience), Pengalaman Cakupan 4G (4G Coverage Experience), Excellent Consistent Quality dan Core Consistent Quality.

Dengan kecepatan unggah rata-rata 7,7 Mbps, pengguna Telkomsel dapat merasakan Pengalaman Kecepatan Unggah tercepat di Indonesia.

Kesenjangan antara Telkomsel dan operator lain bervariasi secara signifikan, mulai dari 7,3% dengan Indosat yang berada di posisi kedua, hingga kesenjangan sebanyak 364% dibandingkan Smartfren.

Opensignal: Telkomsel Dominasi Pengalaman Jaringan Seluler di Indonesia
Meski Telkomsel masih mengantongi penghargaan terbanyak, namun XL muncul sebagai pemenang baru dalam Pengalaman Video (Video Experience) dan Pengalaman Kecepatan Unduhan (Download Speed Experience).

Ini adalah pertama kalinya operator Indonesia -selain Telkomsel- menempati posisi teratas untuk kedua kategori tersebut dalam laporan pengalaman jaringan seluler Opensignal.

Di kategori Download Speed Experience, Opensignal mencatat rata-rata 18,7 Mbps, kecepatan unduh tercepat di Indonesia- 15,2% hingga 108% lebih cepat daripada yang dirasakan oleh pengguna di jaringan Indonesia lainnya.

Sedangkan 3 memenangkan Pengalaman Game (Games Experience) dan Pengalaman Aplikasi Suara (Voice App Experience) yang menyoroti pentingnya menggunakan berbagai jenis pengalaman jaringan seluler daripada hanya berfokus pada satu atau dua saja seperti kecepatan atau kekuatan sinyal.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2016 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.