Diperbaharui Pada Kamis, 16 Jun 2022 | 13:35

DJI RS 3 dan RS 3 Pro, Gimbal dengan Unlock Otomatis dan Pemfokusan LiDAR

DJI RS 3 dan RS 3 Pro / Foto: DJI

DJI telah merilis dua gimbal terbaru dalam seri DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro. Gimbal DJI anyar ini menawarkan banyak fitur baru dan perekaman yang cepat.

DJI RS 3 misalnya, penerus dari DJI RSC 2 ini memiliki bentuk yang lebih kecil. Bobotnya hanya berkisar 1,3 kg dengan maksimum beban hingga 3 kg.

Gimbal ini juga dibekali mekanisme pengunci axis terbaru yang akan bekerja secara otomatis saat gimbal diaktifkan. Sehingga memungkinkan pengguna melakukan perekaman dengan cepat. 

Dikombinasikan dengan quick-release mounts terbaru yang dapat menghemat waktu dan mengurangi kebutuhan untuk menyeimbangkan kembali lengan saat merekam.

DJI RS 3 juga dibekali tombol shutter Bluetooth, dimana pengguna tidak perlu lagi menghubungkan kabel kontrol kamera dan cukup menggunakan tombol rekam secara nirkabel.

Gimbal terbaru ini juga memiliki layar yang lebih besar dengan bentang 1.8 inci. Layar berjenis OLED ini juga sudah menggunakan teknologi sentuhan. Sehingga lebih mudah melakukan setingan tanpa harus terhubung ke aplikasi Ronin.

Modul focus LIDAR Range Finder / Foto: DJI

Daya tahan baterainya mencapai 12 jam dan sudan mendukung pengisian cepat 18W PD.

Sedangkan model kedua adalah DJI RS 3 Pro. Bobotnya berkisar 1,5 kg dengan kemampuan menahan beban hingga 4,5 kg.

Untuk fitur-fiturnya tidak berbeda jauh dengan DJI RS 3, yang mencakup axis lock otomatis, tombol shutter Bluetooth, layar touchscreen OLED 1.8 inci.

Bedanya, DJI RS 3 Pro sudah mengadopsi teknologi modul focus LIDAR Range Finder yang ada di gimbal DJI Ronin 4D. Dipadukan dengan focus motor, DJI Lidar Range Finder memungkinkan lensa manual bisa digunakan dengan auto focus.

Lalu ada juga fitur ActiveTrack yang berubah menjadi ActiveTrack Pro yang menjanjikan perekaman stabil dan tetap fokus di situasi apapun. Hal ini berkat adanya peningkatan pada pengenalan dan pelacakan subyek.

Sudah dipasarkan di Amerika, harga DJI RS 3 sendiri dibanderol mulai dari US$549 atau sekitar Rp 8 jutaan. Sedangkan harga DJI RS 3 Pro dipasarkan US$869 atau sekitar 12 jutaan rupiah.

Content Writter

2455 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.