Diperbaharui Pada Kamis, 30 Sep 2021 | 10:22

Garmin Jabarkan Manfaat Fitur Body Battery di Era Pandemi

Foto: Garmin

Fitur Body Battery pada jajaran smartwatch Garmin dirancang untuk memonitor kondisi tubuh untuk mengatur intersitas penggunaan energi. Apa saja kelebihan dari fitur ini di era pandemi Covid 19 seperti sekarang?

Garmin sudah dikenal sebagai produsen smartwatch yang kerap mengenalkan fitur-fitur baru, yang belum pernah ada pada produk smartwatch lainnya, termasuk fitur Body Battery yang pertama kali diluncurkan bersama dengan Garmin Vivosmart 4.

Secara singkat, fitur Body Battery adalah cara sederhana untuk memahami kondisi tubuh, melalui berbagai pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna smartwatch.

Melalui acara bertajuk “Manfaat Gawai di Era Pandemi", Garmin membahas cara kerja fitur Body Battery pada lini smartwatch-nya, dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Rian Krisna selaku Country Manager Garmin Indonesia menjelaskan bahwa fitur Body Battery ini dapat membantu pengguna untuk memahami kondisi tubuh mereka sehingga dapat lebih bijaksana dalam menjalankan aktivitas harian dan memulai gaya hidup aktif.

Foto: Garmin

Di era pandemi Covid 19, terdapat fakta bahwa masih banyak masyarakat yang terkonfirmasi sebagai pasien orang tanpa gejala (OTG) dan mengidap happy hypoxia, yakni kondisi terjadinya pengurangan jumlah oksigen di dalam tubuh tanpa disadari. 

Fitur Body Battery merupakan indikator jumlah energi atau daya yang dimiliki pengguna dengan menggabungkan data aktivitas, tingkat stres, masa pemulihan dan istirahat.

Body Battery mempunyai kemampuan menginterpretasikan perubahan detak jantung untuk mengetahui hubungan antara saraf simpatetik, saraf yang bertanggung jawab mempercepat kerja organ tubuh manusia, dengan saraf parasimpatik, yang bekerja sebaliknya.

Pada kesempatan yang sama, Sports Medicine Specialist dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS., Sp.KO menyampaikan bahwa kondisi kesehatan manusia juga dipengaruhi oleh stres yang dialami.

Namun perlu menjadi catatan bahwa smartwatch Garmin bukan alat medis, namun fitur Body Battery yang disematkan di dalamnya dapat menjadi indikator awal sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Seperti telah disebutkan, fitur ini pertama kali tersedia di seri Garmin Vivosmart 4, dan kini juga sudah menjadi salah satu fitur unggulan pada jajaran smartwatch Garmin Forerunner 55, Forerunner 45, Forerunner 245, Forerunner 745, dan Forerunner 945

Fitur Body Battery juga tersedia di Ada pula di smartwatch Garmin Vivoactive 4 dan 4s dan seri lainnya, seperti Garmin Venu 2/Venu SQ, Garmin Instinct Solar, Garmin Approach S62, Garmin Fenix 6, dan Garmin Vivomove 3, dan Garmin Lily.

Content Writter

1500 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.