Diperbaharui pada Kamis, 6 September 2018 | 18:28

Nokia 6.1 Plus Resmi diluncurkan, Ini Harga Resminya

nokia 6.1 plus

HMD Global resmi meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Nokia 6.1 Plus di Indonesia. Peluncuran hp ini di Indonesia ini dilakukan belakangan setelah peluncuran di India. Smartphone yang di China dikenal dengan Nokia X6 ini pun juga dijual denga spesifikasi menarik.

Tidak hanya itu, HMD Global juga memberikan desain yang kekinian pada Nokia 6.1 Plus, di mana hp ini memiliki notch yang tidak terlalu besar meski tak berbentuk tetesan air seperti yang sedang trend sekarang ini.

Lalu, seperti apa keunggulan lain dari Nokia 6.1 Plus? Lalu berapa harga jualnya di Indonesia? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Punya Desain Layar Full View

nokia 6.1 plus

Nokia 6.1 Plus memiliki layar yang cukup luas ukuran 5.8 inch berteknologi IPS LCD. Resolusi dari layar hp ini adalah Full HD+ 1080 x 2280 pixel dan punya gamut warna 96% yang memberikan pengalaman menonton video lebih baik.

Layar ini juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass, walau begitu, tidak disebutkan generasi Gorilla Glass yang dipakai di hp ini. Namun, GSMArena melansir kalau tipe Gorilla Glass yang digunakan adalah Gorilla Glass 3.

2. Desain Premium

HMD Global menggunakan notch yang relatif kecil pada Nokia 6.1 Plus. Walau begitu di sana bercokol sederet fitur yang canggih diantaranya adalah kamera depan, earpice atau microphone, dan beberapa sensor terutama sensor pemindai wajah.

Untuk material bodinya, hp ini tidak menggunakan bodi berbahan plastik. Tapi memakai bodi berbahan kaca dan alumunium di sisi sampingnya.

3. Pakai Chipset Snapdragon 636

nokia 6.1 plus

Untuk mendukung performanya, Nokia 6.1 Plus sudah disematkan chipset terbaru yang sedang naik daun yaitu Qualcomm Snapdragon 636 octa-core 1.8GHz Kryo 260. Chipset ini sudah teruji di banyak smartphone kelas menengah dan punya kinerja yang mengagumkan.

Tidak hanya bagus digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, Snapdragon 636 juga tangguh ketika dipacu untuk bermain game. Untuk mendampingi chipset ini, sudah disematkan RAM dan ROM ukuran 4GB 64GB. HMD Global juga masih memberikan slot microSD yang mampu menampung memori tambahan sampai 400 GB.

Ada juga baterai berkapasitas 3060 mAh yang sudah didukung dengan fitur fast charging 3.0 yang diklaim bisa mengisi baterai sampai 50% hanya dalam 30 menit.

4. Kamera yang Baik

Nokia 6.1 Plus menggunakan konfigurasi dual kamera di bagian belakang dengan resolusi 16 MP f/2.0 PDAF + 5 MP f/2.4 depth sensor. Kedua lensa ini memberikan ketajaman warna dan detail gambar yang bagus.

Untuk kamu yang suka selfie, hp ini juga menyediakan kamera depan beresolusi 16 MP f/2.0. Terdapat juga fitur dual sight yang berfungsi untuk mengaktifkan kamera depan dan belakang hp secara bersamaan sehingga mempermudah komunikasi, terutama dalam video call tanpa harus berdesakkan di satu kamera saja.

5. Pakai Android One yang Enteng

nokia 6.1 plus

Nokia 6.1 Plus menggunakan OS Android One berbasis Android 8.1 Oreo. Keunggulan dari smartphone yang tergabung dalam proyek Android One adalah OS ini murni dan tidak membawa aplikasi bawaan yang malah membuat performa menjadi berat.

Selain itu, HMD Global menjamin kalau smartphone ini akan mendapat patch keamanan bulanan selama 3 tahun dan upgrade OS Android sebanyak 2 kali. Jadi kamu masih bisa merasakan OS Android sampai Android Q, malah kamu bisa mendapatkannya lebih cepat karena produsen tidak perlu mengkustomisasinya lebih dulu.

Di OS ini sudah tersemat fitur canggih dari Google diantaranya, Google Assistant, Google Photos, dan Google Lens. Bahkan, HMD mengatakan kalau Nokia 6.1 Plus sudah siap untuk mendapat update Android Pie dalam waktu dekat.

6. Harga dan Warna yang menarik

Untuk masalah harga, HMD Global membanderol Nokia 6.1 Plus dengan harga Rp3,399 juta. Untuk pemasarannya, HMD sudah menggandeng sederet toko online besar di Indonesia seperti Blibli, JD.id, Dinomarket, dan lainnya.

Selain itu, HMD juga sudah menunjukan operator Smartfren untuk menjadi official telco partner for preorder untuk memasarkan Nokia 6.1 Plus secara preorder dengan bundling produk internet dari Smartfren. Selain itu ada juga cicilan 0% selama 12 bulan dan 24 bulan.

Dalam penjualannya, Nokia 6.1 Plus dijual dalam varian warna Gloss Black (hitam), Gloss White (putih), dan Gloss Midnight Blue (biru). 

7. Tetap Andalkan Kualitas Produk Khas Nokia

nokia 6.1 plus

Selain mengandalkan sederet fitur canggih di atas, HMD Global memastikan kalau smartphone Nokia 6.1 Plus dibangun dengan kualitas building produk yang sangat baik, khas produk Nokia yang sudah dari dulu tersohor dengan kekuatannya yang sangat luar biasa.

Tertarik Membeli

Nokia 6.1 Plus bisa dibilang menjadi salah satu produk hp yang cukup bisa menantang produk-produk hp kelas menengah lain yang dijual dengan harga sama. Selain canggih, kualitas produk dari Nokia yang sudah terkenal juga menjadi nilai plus. Jadi, tertarik membeli?

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 5.8 inch
Screen Resolution 2280 x 1080 Pixel
Detail Prosesor SDM630 Snapdragon 630
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 509
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB USB OTG, Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts