Diperbaharui pada Senin, 28 Mei 2018 | 14:55

Jadi Hp Gaib, Harga ASUS Zenfone Max Pro M1 Naik Drastis

ASUS Zenfone Max Pro M1
Fenomena ‘hp gaib’ terus mengemuka dalam beberapa waktu ke belakang. Hp gaib ini merujuk pada perangkat yang sudah dirilis ke pasaran tapi produknya tidak ada atau sulit ditemukan. Jikapun ada, harganya pasti sudah jauh melonjak dari harga resmi yang ditawarkan vendor.

Perangkat yang tergolong hp gaib ini biasanya yang dijual menggunakan mekanisme flash sale. Program flash sale ini memang mengandalkan kecepatan konsumen untuk melakukan pembelian. Mulai dari memilih produk, klik tombol beli, memilih metode pembayaran dan melakukan konfirmasi setelah pembayaran.

Hanya saja, produk yang terbatas membuat program flash sale ini tidak sebanding dengan peminat. Sehingga banyak yang tidak kebagian produk yang dijual dalam flash sale. Namun karena tingginya minat pembeli berdampak pada harga produk yang meroket. Lihat saja harga Xiaomi Redmi Note 5 di toko yang naik hingga Rp900 ribu.

Tidak hanya naik harga, produknya sendiri pun susah ditemukan baik di offline maupun online. Itu sebabnya kini muncul istilah dengan hp gaib. Adalah produk Xiaomi yang menjadi sasaran konsumen sebagai hp gaib, terutama yang versi resmi dan dijual secara flash sale. Namun kini label hp gaib juga mulai disematkan pada ASUS.

Harga ASUS Zenfone Max Pro M1 di Roxy dan Cempaka Mas

zenfone max pro m1
Saat ini, perangkat ASUS yang dijuluki sebagai hp gaib adalah Zenfone Max Pro M1. Perangkat ini tidak hanya memiliki daya baterai yang tahan lama, tapi juga bisa digunakan untuk bermain game lebih nyaman tanpa lag. Baik itu game multiplayer online battle seperti Mobile Legend dan PUBG mobile.

Zenfone Max Pro pun asyik dan nyaman digunakan ketika nonton streaming berbagai film dan siaran lainnya. Data yang ASUS berikan, Zenfone Max Pro M1, saat main game PUBG, daya tahan baterai 5000 mAh-nya diklaim bisa mencapai 7 jam lebih hanya dalam sekali pengisian.

Penghematan daya ini juga diklaim berkat pemakaian chipset 636, octa core 1.8 GHz Kryo 260 yang lebih efesien penggunaan energinya dan lebih baik kinerjanya dibandingkan chipset Snapdragon 625. 

Chipset ini juga diklaim mampu melibas berbagai game berukuran besar yang tersedia di Google Play dan memberikan grafis yang bagus berkat adanya GPU Adreno 509. Pengalaman bermain game yang lebih seru dan nyaman pada Zenfone Max Pro M1 juga ditunjang oleh layar besar, resolusi Full HD+ 2.160 x 1080p, 18:9 serta full display 2,5D curve glass dengan 450 nits.

Dengan spesifikasi seperti itu, ASUS memasarkan hp ini dengan harga Rp 2.299.000 dengan versi RAM 3GB dan ROM 32GB. Perangkat ini dijual secara flash sale di Lazada dengan harga yang lebih murah yaitu Rp2.199.000. Itu sebabnya Max Pro M1 menjadi hp gaib karena sulit ditemukan. Apalagi peminatnya cukup banyak.

zenfone max pro
Bagi konsumen yang tidak kebagian flash sale dan ingin membeli Max Pro M1 harganya juga melonjak. Dari penelusuran kami di ITC Roxy Mas, saat ini harga Zenfone Max Pro M1 dijual dikisaran Rp2,8 juta.

Menurut para pedagang, banyak yang mencari hp tersebut, namun tidak diimbangi ketersediaan produknya. “Stok masih sangat sedikit, dan toko sendiri paling cuma sedia 10 unit saja,” ujar Reza dari toko hp Berry Solutions.

Kondisi yang sama juga kami temui di sentra hp ITC Cempaka Mas. Menurut sejumlah pedagang, sampai saat ini Zenfone Max Pro M1 masih sulit di dapat. Walau ada toko yang punya stok, itupun mereka yang ikut flash sale di Lazada.

“Stoknya masih langka dan susah didapatkan. Toko yang punya stok ASUS Zenfone Max Pro M1 itu mereka yang ikut program flash sale,” kata karyawan dari toko hp Aries yang juga menjadi ASUS Store resmi di Cempaka Mas.

Untuk harganya sendiri rata-rata menjual Zenfone Max Pro M1 di rentang harga Rp2,8 juta sampai Rp3 juta. Itu artinya terjadi kenaikan harga antara Rp600 ribu sampai Rp800 ribu. Hal ini dikarenakan peminatnya cukup tinggi dan stoknya langka, jadi toko menaikkan harga.

“Tapi untuk Zenfone Max Pro M1 ini mudah-mudahan segera tersedia di toko Aries selaku store resmi dari ASUS. Harganya dijual Rp2.499.000,” tambahnya.

Harga ASUS Zenfone Max Pro M1 (3GB/32GB)
ITC Roxy Mas Rp2,8 juta
ITC Cempaka Mas Rp2,8 juta - Rp3 juta
Mall Ambassador/ITC Kuningan Rp2,95 juta
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.