Diperbaharui pada Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:09

Lupakan iPhone 8 dan iPhone X, Ini 7 Alasan untuk Tetap Beli iPhone 7

Image via independent

Di penghujung tahun 2017 ini ada kian banyak smartphone baru yang bisa kamu beli. Namun, bila kamu mencari ponsel dengan spesifikasi tinggi seperti iPhone 8 atau iPhone X, kamu harus bersabar. Pasalnya kedua ponsel iOS tersebut baru akan dirilis pada November mendatang.

Untungnya, masih ada iPhone 7 yang hadir dengan spesifikasi yang masih memadai meski dirilis tahun lalu. Bahkan ternyata iPhone lama ini memiliki keunggulan yang tidak terdapat pada iPhone generasi baru.

Berikut ini 7 alasan untuk kamu tetap layak membeli iPhone 7 dibanding iPhone X dan iPhone 8?

1. Harga iPhone 7 Lebih Murah

Salah satu kelebihan iPhone generasi ketujuh ini dibanding dengan iPhone terbaru ialah harga yang lebih murah. iPhone 8 kabarnya akan dipasarkan dengan harga 2 juta lebih mahal dibanding iPhone 7. Untuk iPhone 8 Plus bahkan memiliki selisih harga hingga 3 juta dibanding iPhone 7 Plus. Selisih harga ini kian besar bila dibandingkan dengan iPhone X.

Maka untuk kamu yang berkantung pas-pasan namun mencari smartphone premium, iPhone 7 masih cocok untuk perangkat harian.

2. iPhone 7 Punya Warna yang Beragam

iPhone 7 menjadi salah satu varian iPhone yang memiliki banyak pilihan warna. Dalam peluncurannya, Apple bahkan menghadirkan 5 pilihan warna yakni Silver, Gold, Rose Gold hingga Jet Black dan Matte Black. Kedua varian warna hitam iPhone 7 bahkan menjadi yang paling diburu oleh pelanggan. Tidak hanya itu, di beberapa negara, Apple juga menghadirkan piihan warna merah.

Bandingkan dengan iPhone 8 yang hanya hadir dalam tiga warna saja yakni Silver, Gold dan Space Gray. Sedangkan iPhone X hanya memiliki pilihan warna bodi hitam dan putih. Tentu iPhone 7 layak dibeli karena pengguna bisa lebih banyak mendapat pilihan warna bodi.

3. Bodi Berlapis Kaca iPhone X dan iPhone 8 Mudah Retak

Image via YouTube

Salah satu inovasi yang dihadirkan Apple dalam generasi terbaru iPhone ialah penggunaan bodi belakang yang berlapis kaca. Hal ini dimaksudkan agar perangkat bisa support Qi Wireless Charging. Namun, dibalik keindahan bodi berlapis kaca tersebut, bodi kaca ternyata mudah retak dan mudah kotor akibat sidik jari yang menempel. Maka tak heran, pengguna iPhone X maupun iPhone 8 harus lebih berhati-hati kala menyimpan atau menggunakan perangkat.

Sementara itu, iPhone 7 hadir dengan rangka dan bodi unibody aluminium sama seperti iPhone 6. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir bodi akan rusak atau pecah. Bodi belakang iPhone 7 juga tampak lebih halus dibanding generasi iPhone terbaru.

4. Aksesoris Charging yang Mahal

Image via GottaBeMobile

iPhone 8 dan iPhone X memang dibekali teknologi modern. Salah satunya teknologi Qi wireless charging dan fast charging, Ini merupakan teknologi pertama yang hadir pada seri iPhone. Sayangnya untuk bisa menggunakan teknologi ini, kamu harus memberi Qi Charging Pads yang tidaklah murah. Bandingkan dengan iPhone 7 dan iPhone 7 plus yang masih dibekali standar lightning cable namun cukup cepat untuk mengisi daya.

5. Kamera iPhone 7 Mirip dengan Kamera iPhone X dan iPhone 8

Image via Wired

Jika kamu penggemar fotografi, kamera iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus hingga iPhone X ternyata identik. Sedangan iPhone 7 dan iPhone 8 memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Bedanya pada seri Plus, iPhone 8 Plus memiliki lensa Telephoto yang lebih baik dibanding seri sebelumnya. Selain itu seri iPhone X mengusung teknologi Optical Image Stabilization pada lensa wide angle dan lensa telephoto. Hal ini membuat pengguna bisa mendapatkan foto atau video lebih jelas. Sedangkan iPhone 7 Plus dan 8 Plus hanya menggunakan OIS pada lensa wide angle. Perbedaan ini tidak membuat kamera iPhone 7 tertinggal jauh dibanding seri terbaru.

6. Kamera Depan iPhone 7, iPhone 8 dan iPhone X Mirip

Image via MobileFree

Ketiga iPhone menggunakan kamera depan yang mirip. Ketiga mengusung teknologi sostem baru TrueDepth camera. Sistem ini juga mendukung teknologi Face ID. Walaupun demikian, kamera depan ipHone X mengusung sistem yang lebih baru termasuk adannya mode portrait lighting. Namun, tidak ada perbedaan berarti pada ketiga kamera depan iPhone.

7. Pengalaman iOS yang Tidak Berbeda Jauh

Apapun iPhone yang kamu beli, Apple tetap menghadirkan sistem operasi kelas premium dalam iOS. Sistem ini selalu mendapat update dan aplikasi terbarik. Apalagi semenjak iPhone menggunakan iOS 11. Performa iPhone pun kian cepat dan halus. Bahkan sekilas tidak ada perbedaan pada performa iOS pada iPhone 7 dan iPhone 8.

Kesimpulan

iPhone 8 memang menjadi smartphone kaya inovasi dari Apple. Namun dengan selisih harga 2 jutaan dibanding iPhone 7, sepertinya iPhone terbaru ini terasa kemahalan. Bila ingin berhemat tampaknya iPhone 7 masih layak dibeli meski tanpa hadirnya fitur wireless charging. Dengan desain elegan, layar yang jelas hingga daya baterai tinggi, ponsel iOS ini masih menjadi smartphone premium yang terbaik dikelasnya.

Baca juga artikel:

Update iOS 11, iPhone dan iPad Bisa Dimatikan Tanpa Tombol Power

Kamera iPhone X Buat Kamera Android Tampak Kuno

Mengenal Face ID iPhone X, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts