Diperbaharui pada Jumat, 29 September 2017 | 16:30

Fakta Unik Televisi, Mulai Penemuan Hingga TV Termahal

televisi pertama
image via sciencemuseum.org.uk

Barang yang paling sering dilihat di rumah adalah tv atau televisi. Tentu saja hal ini tak bisa dibantah karena memang televisi berfungsi menghadirkan hiburan dan informasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Bahkan di era ponsel pintar saat ini, televisi masih sangat digemari, terutama mereka yang haus akan informasi dan hiburan. Namun apakah banyak orang tahu siapakah penemu televisi pertama di dunia?

Penemu Televisi

penemu televisi
John Logie Baird via heraldscotland.com

Pada umumnya yang dikenal sebagai penemu televisi adalah John Logie Baird, seorang pria berkebangsaan Skotlandia dan dilahirkan tahun 1888. Namun sejarah penemuan televisi oleh J.L Baird bukanlah sebuah perjalanan singkat karena sebelumnya telah banyak ilmuwan yang mencoba membuat sebuah televisi.

Sejarah mencatat bahwa nenek moyang televisi yang ditemukan oleh J.L Baird adalah sebuah sistem televisi mekanis yang diciptakan oleh Paul Gottlieb Nipkow. Cara kerja sistem TV mekanis ini adalah mengirimkan gambar melalui kabel yang direkam dengan menggunakan sebuah cakram atau disk logam yang diputar.

Pada awalnya alat ini disebut sebagai “Electric Telescope” dan mempunyai 18 garis resolusi. Sistem awal televisi ini disempurnakan oleh J.L Baird yang merupakan lulusan Glasgow University dan Royal College dengan gelar insinyur kelistrikan. Dengan ilmunya, ia mempelajari tentang gelombang radio temuan Guglielmo Marconi.

Gelombang ini dapat membawa sinyal audio dan Baird percaya bahwa gelombang yang sama dapat membawa sinyal gambar. Dengan konsep tersebut dimulailah membuat sebuah desain berdasarkan konsep Nipkow Disk yang mampu memindai sebuah gambar menjadi sinyal dan  kembali konversi sinyal tersebut menjadi gambar lagi.

J.L Baird melangkah lebih jauh dengan mengirimkan sinyal tersebut menggunakan gelombang elektromagnetik yang mampu menjangkau jarak yang lebih jauh. Pada tahun 1923, ia berhasil mentransmisikan gambar kasar berjarak beberapa meter tanpa mempergunakan kabel. Itulah pertama kali pesawat televisi ditemukan. Dalam waktu singkat J.L Baird membuat banyak orang  tertarik untuk berinvestasi.

Tahun 1927 ia berhasil mentransmisi sinyal televisi dari London ke Glasgow dan dari London ke New York pada tahun 1928. Temuan J.L Baird ini terus dikembangkan oleh banyak ilmuwan seperti Vladimir Zworykin yang mengembangkan televisi dengan desain tabung sinar katoda. J.L Baird sendiri juga membantu mengembangkan televisi warna dan televisi proyeksi.

TV Pertama di Dunia

televisi pertama
televisi pertama yang dibuat J.L.Baird via ecestaticos.com

Berdasar sejarah yang tercatat, maka bisa disebut bahwa TV pertama dunia adalah yang diciptakan oleh J.L Baird pada tahun 1923. Sejak saat itu perkembangan televisi sungguh mengagumkan.

Dimulai dengan dipamerkannya televisi secara umum untuk pertama kalinya oleh Baird pada tahun 1925 kemudian dikembangkan menjadi televisi modern dengan teknologi tabung katoda, LCD, Plasma, LED dan yang terbaru adalah OLED.

Televisi Berwarna Pertama di Dunia

televisi pertama
televisi pertama buatan RCA ketika diproduksi massal via pinterest.com

Sejak teknologi tabung katoda ditemukan, maka televisi berwarna pertama di dunia bisa diproduksi. Pada tahun 1925, televisi mulai dikembangkan dengan teknologi tabung katoda yang dipelopori oleh Vladimir Zworykin, namun masih sebatas konsep saja. Pada tahun 1940, ilmuwan Peter Goldmark berhasil membuat televisi warna dengan resolusi hingga 343 garis.

Pada tahun 1946, televisi berwarna massal pertama dunia mulai dikonsep oleh perusahaan RCA dan CBS, yang merupakan dua raksasa produsen televisi saat itu. Baru pada tahun 1953 kedua perusahaan tersebut mulai meluncurkan televisi berwarna ke pasaran namun kurang sukses karena harganya yang mahal serta terbatasnya siaran televisi yang menyiarkan gambar berwarna.

TV Paling Canggih dan Termahal di dunia Saat ini

Sejalan dengan perkembangan televisi yang telah melewati satu abad, maka kualitas televisi saat ini sudah sangat maju. Sudah sangat jarang ditemui televisi hitam putih kecuali milik para kolektor TV jadul.

Saat ini televisi telah menggunakan teknologi tercanggih seperti layar LED dan layar OLED, mempunyai OS sendiri seperti Smart TV, mempunyai resolusi hingga Ultra HD atau 4K yang mampu menampilkan gambar yang super tajam dan detail. Tak hanya itu, perkembangan teknologi televisi juga didukung oleh menjamurnya produsen TV kelas dunia seperti Samsung, Panasonic, dan banyak lagi.

Sekarang konsumen bisa memilih untuk membeli TV yang sesuai dengan kebutuhan dan budget karena ada TV yang dijual dengan harga hanya beberapa ratus ribu rupiah hingga yang termahal hingga miliaran rupiah. Jika memilih TV berjenis CRT, maka saat ini dengan uang sekitar Rp400.000 sudah bisa membawa pulang TV warna berjenis analog CRT 14 inci.

Namun jika menginginkan TV dengan layar LED, maka Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Semakin besar layar dan semakin tinggi resolusinya, maka semakin mahal TV tersebut. Beberapa TV yang canggih dan termahal saat ini diantaranya adalah:

1. Stuart Hughes Prestige HD Supreme Rose Edition ($2.26 juta)

tv termahal
Stuart Hughes Prestige HD Supreme Rose Edition via carmecitta.me

Televisi ini memang sangat mewah dan canggih karena dilapisi dengan 28kg emas dan 72 buah berlian yang sangat mahal. Tak heran jika televisi ini dijual seharga mobil Bugatti Veryon yaitu $2.26 juta atau 31,64 miliar rupiah (kurs Rp14.000)

2. Titan Zeus ($1.6 juta)

titan zeus televisi termahal
Titan Zeus via 

Televisi ini berukuran 370 inci dengan resolusi layar 4K. Harga jual televisi ini mencapai $1.6 juta atau sekitar 22,4 miliar rupiah (kurs Rp14.000)

3. Panasonic 152 Inch Plasma TV ($500,000)

tv termahal
Panasonic 152 Inch Plasma TV via pinterest.com

Televisi buatan Panasonic dengan ukuran 152 inci ini menawarkan resolusi 4K dengan rasio layar 17:9 dan dukungan teknologi multiplex screen. TV ini dijual dengan harga $500,000 atau sekitar 7 miliar rupiah (kurs Rp14.000)

4. Samsung UA110S9 110 Inch TV ($152,000)

televisi termahal
Samsung UA110S9 110 Inch TV via mikeshouts.com

Televisi besutan Samsung ini mempunyai layar 110 inci dengan resolusi UHD dan dijual dengan harga $160,000 atau sekitar 2,24 miliar rupiah (kurs Rp14.000).

5. Panasonic TH 103VX200W ($100.000)

tv termahal
Panasonic TH 103VX200W via amazon.com

Sebuah televisi 103 inci produksi Panasonic yang mempunyai resolusi 1080p dengan dukungan 30 chip prosesor warna. TV ini dijual seharga $100.000 atau 1,4 miliar (kurs Rp14.000).

Artikel baca juga:

TV LED LG Paling Populer dalam Pencarian Pricebook

Jarak Aman Nonton TV Agar Mata Tetap Sehat dan Segar

Mengatur Letak TV di Dinding dan Tinggi Ideal TV dari Lantai

Like us!
Alena Yulitta

Contributor

714 Posts