Diperbaharui pada Jumat, 29 September 2017 | 16:00

Mengenal Face ID iPhone X, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui

face id iphone x
image via techcrunch

Dalam peluncuran varian smartphone iPhone terbaru beberapa waktu lalu, Apple juga menghadirkan sejumlah teknologi baru yang sangat menakjubkan. Salah satu teknologi yang menarik ialah hadirnya fitur keamanan baru Face ID.

Sistem pengenal wajah dari Apple ini kabarnya akan hadir untuk varian iPhone X terlebih dahulu. Lalu yakinkan fitur Face ID pada Apple bisa mengunci iPhone dengan baik? Berikut 10 hal yang perlu kamu tahu dalam FaceID pada iPhone X?

1. Tidak untuk Digunakan Anak di Bawah Usia 13 Tahun

face id iphone x
Face ID Iphone X tidak dianjurkan digunakan anak di bawah 13 tahun via businessinsider.com

Sama seperti fitur facial recognition lainnya, wajah anak-anak tidak terdeteksi dengan baik dalam FaceID. Pasalnya wajah anak kecil selalu berubah setiap tahunnya. Untuk itu, Apple tidak merekomendasikan FaceID digunakan pada anak kecil. Tidak hanya itu, teknologi FaceID dianggap tidak terlalu penting digunakan oleh anak kecil.

2. FaceID Masih Membutuhan Password

 face id iphone x
walau sudah ada Face ID, tapi tetap diperlukan password via digitaltrends.com

Sama seperti fitur TouchID, pengenalan wajah pada FaceID bisa saja salah. Artinya, kamu tetap membutuhkan password biasa untuk membuka iPhone. Password juga dibutuhkan bila pengguna salah menggunakan FaceID selama lima kali berturut – turut. Untuk memasukkan password, kamu bisa mengaturnya di pengaturan, sama seperti mengatur TouchID.

3. FaceID Membutuhkan Mata yang Terbuka


saat menggunakan Face ID, mata harus tetap terbuka via techprolonged.com

Sistem keamanan Apple ini memang fokus untuk pengenalan wajah. Namun, bukan berarti hanya menscan bagian luar wajah saja. faktanya, fitur ini membutuhkan mata pengguna dalam posisi terbuka agar FaceID bisa digunakan maksimal.

4. FaceID Tidak Bekerja Pada Foto atau Topeng

face id iphone x
jangan memakai topeng saat memakai Face ID via pexels.com

Saat diluncurkan beberapa waktu lalu, banyak orang yang menyindir fitur ini akan mudah dikelabui. Banyak yang menduga fitur ini akan mudah dibobol menggunakan foto wajah atau topeng seseorang. Menariknya, Apple membantah hal tersebut. Pasalnya, Apple telah menggunakan on chip neural network yang mampu mendeteksi wajah pengguna lebih baik.

5. FaceID Tetap Bisa Digunakan Meski Memakai Kacamata Hingga Topi

face id iphone x
Face ID tetap bisa mengenali wajah Anda walau memakai kacamata via coastal.com

Setiap orang memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Untuk kamu yang sering menggunakan kacamata atau topi tidak perlu khawatir kala menggunakan iPhone X terbaru. Sebab FaceID masih bisa membaca wajah pengguna meski menggunakan topi, kacamata atau lensa kontak sekalipun.

6. Data FaceID Tersimpan Secara Aman

face id iphone x
keamanan data Face ID Anda terjamin via pecheth.com

Fitur keamanan FaceID akan menyimpan gambar wajah pengguna dalam bentuk 2D. Data ini akan tersimpan aman dapat chip baru. Data akan tersimpan bersama dengan data Touch ID.

7. Kamera Baru dengan Infrared Mampu Menangkap Gambar Lebih Baik

face id iphone x
kamera infrared iPhone X bekerja dengan baik via forbes.com

Apple menggunakan kamera tersendiri dalam FaceID. Kamera ini dibekali fitur truedepth hingga infrared yang memeriksa wajah dengan pola yang lebih jelas untuk keamanan yang tangguh.

8. Aplikasi yang Menggunakan TouchID Bisa Juga Menggunakan FaceID

face id iphone x
fitur Touch ID juga masih terpakai via knowyourmobile.com

Apple juga meningkatkan fungsi keamanan aplikasi dalam produk iPhone terbaru. Nantinya setiap aplikasi yang bisa dikunci menggunakan TouchID, bisa juga menggunakan FaceID pula.

9. Butuh Double Klik di Tombol Samping untuk Menggunakan FaceID Dalam Apple Pay

face id iphone x
gunakan tombol samping untuk membuka Apple Pay via wire.com

Apple juga memberikan kemudahan pengguna dalam proses pembayaran digital. Untuk itu, bagi pengguna yang ingin melakukan pembayaran Apple Pay, pengguna bisa mengaktifkan FaceID deAngan menekan tombol sisi samping dua kali. Kemudian scan wajahmu agar Apple Pay bisa digunakan.

10. Apple Tidak Menggunakan Data FaceID Sembarangan

face id iphone x
data Anda dijamin aman oleh Apple via cnet.com

Belajar dari masalah privasi yang masih dikeluhkan oleh banyak pengguna smartphone saat ini, Apple menjamin bahwa data FaceID tidak akan digunakan sembarangan oleh Apple. Kecuali, jika diminta langsung oleh pengguna untuk melakukan beberapa pengecekan seperi Applecare dan instansi lainnya.

Nantinya Apple akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu sebelum data FaceID digunakan aplikasi atau pihak lain.

Artikel baca juga:

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Sudah Dijual di ITC Roxy Mas, Berapa Harganya?

Ini 7 Alasan Kenapa Pilih iPhone 8 Dibanding iPhone 7

iPhone X: Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan di Pasar

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts