Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 15:52

Kenapa Asuransi Kesehatan Itu Penting? Ini Alasan Utamanya

Setiap orang harus memiliki rencana keuangan yang baik. Salah satu faktor penting dalam rencana keuangan yang baik adalah memiliki asuransi. Asuransi inilah yang akan menjadi proteksi finansial terhadap risiko yang mungkin terjadi.

Salah satu asuransi yang harus dimiliki adalah asuransi kesehatan. Hal ini karena asuransi kesehatan memberikan perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan Anda dalam bentuk finansial.

Misalnya, Anda terkena sakit parah, untuk kesembuhannya diperlukan uang yang tidak sedikit, belum lagi tahapan penyembuhannya yang banyak. Apabila memiliki asuransi, hal tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Jadi, tidak perlu lagi khawatir akan biaya berobat yang mencekik leher. Selain itu, ternyata banyak hal yang membuat betapa pentingnya asuransi kesehatan sebagai perlindungan diri. Untuk hal tersebut, simak ulasan beikut.

1. Tidak Merepotkan Keluarga

asuransi kesehatan penting
Anda tidak perlu merepotkan keluarga via cfmeu.org.au

Jika Anda didiagnosa memiliki penyakit tertentu, asuransi akan menanggung biaya pengobatannya hingga sembuh. Tidak perlu lagi merepotkan keluarga soal biaya pengobatan dan rumah sakit karena ada pihak lain yang akan menanggungnya, yaitu pihak asuransi. Biarpun itu rawat jalan maupun rawat inap, perlindungan asuransi ada untuk mengatasinya.

2. Proteksi Terhadap Penyakit Turunan

Ada beberapa penyakit yang diturunkan dari keluarga, misalnya orang tua terkena sakit gula, ada kemungkinan keturunannya akan terkena penyakit yang sama. Oleh karena itu, lengkapi diri segera dengan proteksi asuransi jika ada potensi terkena penyakit turunan.

3. Antisipasi Terhadap Naiknya Biaya Pengobatan

Disinyalir, biaya pengobatan akan naik setiap tahunnya. Besaran kenaikannya bisa mencapai 13% per tahun. Sebagai antisipas akan hal itu, asuransi kesehatan bisa dijadikan solusi. Dengan membayar premi yang tetap per bulan, Anda akan dilindungi dari risiko pembayaran biaya pengobatan yang berlebih.

4. Sebagai Tambahan Uang Pensiun Di Hari Tua untuk Menjaga Kesehatan

asuransi kesehatan penting
nikmati masa tua Anda via usnews.com

Faktanya, kenaikan gaji di Indonesia tidak lebih tinggi dari kenaikan biaya pengobatan tiap tahunnya. Untuk itu, asuransi kesehatan sangat diperlukan. Apalagi untuk biaya kesehatan di hari tua nanti. Selain ada dana pensiun untuk hal tersebut, asuransi bisa dijadikan tambahan untuk biaya kesehatan di hari tua. Jadi, uang pensiun tidak hanya habis untuk biaya kesehatan.

5. Lebih Muda, Premi Lebih Murah

Salah satu keuntungan memiliki asuransi kesehatan lebih awal adalah preminya lebih murah. Semakin muda Anda, maka semakin murah juga premi yang dibayar per bulan. Hal ini mengacu karena usia muda dinilai kecil potensinya untuk terkena penyakit kronis, sedangkan usia muda sangat rentan akan hal tersebut.

6. Terhindar dari Mahalnya Dana Operasi

Jikalau memiliki penyakit yang membutuhkan operasi untuk penyembuhannya, memiliki asuransi kesehatan adalah jalan terbaiknya. Dengan memiliki asuransi kesehatan, risiko pembayaran biaya operasi yang mahal akan terhindar. Misalnya saja, untuk operasi jantung bisa mencapai Rp150-250 juta, bisa ditanggung oleh asuransi.

7. Mau Murah? Pilih Asuransi Kesehatan Murni

asuransi kesehatan penting
ada lebih banyak uang untuk ditabung via zetizen.com

Sebagian orang merasakan bahwa premi untuk asuransi kesehatan mahal. Mereka keberatan untuk membayarkan sejumlah uang tiap bulannya untuk hal tersebut. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih asuransi kesehatan murni.

Asuransi kesehatan murni memiliki premi yang cenderung rendah dibanding asuransi kesehatan lainnya. Hal ini karena asuransi ini tidak besifat unit-link, jadi premi yang dibayarkan tidak dibagi-bagi ke investasi dan lain sebagainya. Premi murni untuk asuransi.

8. Penggunaan Asuransi Kesehatan Mudah

Penggunaan dan cara klaim asuransi terbilang mudah, apalagi dengan metode cashless. Dengan metode cashless, tertanggung akan diberikan kartu sebagai tanda mengikuti asuransi. Jadi, ketika sakit, cukup tunjukan kartu tersebut kepada rumah sakit, maka biaya tagihan akan ditujukan ke perusahaan asuransi.

9. Ada Perlindungan Melahirkan

Manfaat satu ini samgat penting bagi perempuan. Terlebih bagi mereka yang akan atau sudah berkeluarga. Dengan memilliki asuransi kesehatan, risiko-risiko melahirkan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, termasuk biaya melahirkan. Sebagaimana kita tahu, risiko melahirkan sangatlah tinggi, di mana perempuan tersebut berjuang antara hidup dan mati.

10. Perlindungan Terhadap Kanker

asuransi kesehatan penting
tidak perlu khawatir pada kanker via winnipegfreepress.com

Tahukah Anda bahwa kanker menjadi salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia? Tentu saja untuk mengobati penyakit ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, belum lagi untuk keperluan kemoterapi dan biaya pengobatan lainnya.

Oleh sebab itu, memiliki asuransi sangat penting sebagai perlindungan dari penyakit ini. Risiko pengobatan yang sangat mahal akan diminimalisir dengan adanya asuransi kesehatan.

11. Ada Pengembalian Premi Jika Tidak Digunakan

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan akan mengembalikan premi jika dalam jangka waktu asuransi habis, si tertanggung tidak menggunakannya. Hal tersebut tentunya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perushaan asuransi tersebut. Jadi, tidak perlu takut rugi akan biaya premi yang di bayar tiap bulan. Pilihlah perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas tersebut.

12. Sebagai Pelengkap BPJS Kesehatan

Pemerintah memang sudah menyediakan asuransi untuk rakyatnya, yaitu lewat BPJS Kesehatan. Namun, alangkah baiknya jika menambah perlindungan tersebut dengan mengajukan asuransi di perusahaan swasta karena banyak perluasan perlindungan yang akan diterima tertanggung.

Dengan demikian, perlindungan dalam diri tertanggung akan semakin maksimal. Tertanggung tidak akan was-was akan segala risiko yang berkemungkinan terjadi.

13. Antisipasi akan Obesitas

asuransi kesehatan penting
jangan sampai terkena obesitas via theayurveda.com

Alasan ini sangat cocok bagi Anda yang doyan makan. Hal ini terkait dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di tahun 2013 bahwa populasi orang gemuk meningkat dari tahun 2010 samapi tahun 2014.

Hal ini ada kaitannya dengan gaya hidup masyarakat kini yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji tidak baik dikonsumsi secara terus-menerus. Hal tersebut akan menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, bagi Anda yang gemar mengkonsumsi fastfood, coba hidup sehat dan lengkapi diri dengan asuransi kesehatan.

14 Asuransi Kesehatan Bisa Diajukan via Online

Berkat kemajuan teknologi di era informatika sekarang ini, mengajukan asuransi bisa dilakukan online. Dengan begitu, Anda dapat mengajukan asuransi di mana saja dan kapan saja. Hanya butuh perangkat komputer atau gadget dan koneksi internet.

Selain itu, kini banyak situs pembanding di internet yang bisa digunakan untuk membadingkan produk asuransi satu dengan yang lainnya agar mendapatkan asuransi kesehantan yang sesuai kebutuhan.

15. Jaga Pola Makan dan Istirahat yang Cukup agar Tubuh Tetap Sehat

Terlepas dari risiko yang berkemungkinan terjadi dan perlindungan yang diberikan asuransi kesehatan, Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Caranya dengan tetap menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan ditambah dengan olahraga. Jangan mentang-mentang sudah mendapatkan perlindungan asuransi, Anda lalai menjaga kesehatan.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts