Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 10:30

Kredit Tanpa Agunan: Apa Saja Keunggulan dan Kekurangan yang Wajib Diketahui?

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung kepada keadaan orang tersebut. Ada yang kebutuhannya tinggi ada yang kebutuhannya cukup. Terkadang, pendapatan bulanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan yang selalu meningkat. Terlebih, saat kepepet dan membutuhkan uang banyak, misalnya biaya untuk kuliah anak yang tenggat waktu pembayarannya mepet. Kebanyakan orang cenderung akan memilih untuk mengajukan pinjaman kepada bank, seperti Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Sebagai gambaran, bagi yang memiliki harta benda seperti mobil, tanah atau rumah, tentu tidak khawatir untuk mengajukan pinjaman. Bank akan sesegera mungkin mencairkan pinjaman karena ada aset yang akan diagunkan sebagai jaminan atas pinjaman tersebut.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki aset untuk diagunkan? Jangan khawatir, solusinya adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dari namanya saja sudah dipastikan bahwa jenis kredit ini tidak memerlukan agunan untuk mengajukannya. Jadi semua orang bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman.

Hal ini tentu saja menarik, namun Anda harus mencermati terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan KTA sebelum mengajukannya. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan pinjaman ini? Ulasan berikut akan menjawab.

Kelebihan Produk KTA

kredit kta disetujui
pengajuan KTA sifatnya lebih mudah via quickloans.com

Pertama, kita bahas keunggulannya terlebih dahulu. KTA memiliki banyak keunggulan yang dapat diandalkan sebagai produk pinjaman. Apa saja keunggulan tersebut?

1. Persyaratan KTA lebih mudah

Sudah dijelaskan di awal bahwa Kredit Tanpa Agunan tidak memerlukan aset yang akan diagunkan sebagai syarat utama mengajukan pinjaman. Hal ini tentu saja lebih menguntungkan dibanding pengajuan pinjaman melalui Kredit Multi Guna (KMG). Lalu apa saja persyaratan KTA lainnya? Persyaratannya cukup mudah yaitu:

  • WNI atau WNA
  • Minimal Usia 21 Tahun
  • Minimal Pendapatan Rp3 juta perbulan

Mudah bukan, di samping itu, Anda juga perlu menyiapkan dokumen berikut.

  • Fotokopi KTP
  • Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)
  • Fotokopi Kartu Kredit (jika mengajukan dengan kartu kredit)
  • Fotokopi Rekening Tabungan (tiga bulan terakhir)
  • Fotokopi Surat Izin Profesi (bagi profesional)
  • Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDP (bagi wirausaha)
  • NPWP

2. Proses Pengajuan KTA Mudah dan Bisa Online

Proses pengajuan pinjaman KTA sangat mudah, Anda tinggal melengkapi data yang dibutuhkan dan ajukan ke bank. Terlebih, saat ini sudah muncul perusahaan Financial Technology (fintech) yang memberikan pelayanan pengajuan Kredit Tanpa Agunan secara online. Hal ini tentu saja sangat memudahan para calon debitur. Anda hanya tinggal mengakses situsnya, masukan data diri dan unggah dokumen yang dibutuhkan. Proses pengajuan pinjaman pun segera diproses.

3. Dana KTA Lebih Cepat Cair

Keunggulan ini lah yang paling dicari orang. Ya, pencairan dana Kredit Tanpa Agunan terbilang sangat cepat. Dalam kurun waktu 3-5 hari, uang pinjaman KTA sudah bisa diterima di tangan Anda. Tapi ingat, dana akan cepat cair jika persyaratan sudah lengkap. Oleh karena itu, perhatikan kelengkapan persyaratan Anda agar pengajuan kredit bisa cepat selesai.

4. Bank dan Lembaga Keuangan Non-Bank Menyediakan KTA

Kini, tiap bank memiliki fasilitas produk Kredit Tanpa Agunan. Selain bank, lembaga keuangan non-bank lainnya juga menyediakan pinjaman ini. Beragam penawaran menarik pun ditawarkan oleh setiap bank. Mulai dari suku bunga rendah, tenor panjang hingga limit yang lumayan besar. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena Anda memiliki banyak pilihan. Oleh sebab itu, pilihlah produk KTA yang paling sesuai dengan kebutuhan.

5. Bunga Pinjaman KTA Bersifat Flat

KTA memiliki bunga yang flat. Artinya, bunga pinjaman yang dibebankan kepada debitur sama setiap bulannya. Jika di awal bunga Kredit Tanpa Agunan yang dibebankan sebesar 1%, pada bulan-bulan berikutnya bunga tersebut tetap sama, hingga tenor habis. Tidak seperti pinjaman lain yang bunganya mengikuti fluktuasi suku bunga BI. Menarik bukan?

6. Dengan Menggunakan KTA, Anda Mendapat Asuransi

Beberapa bank yang menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan memberikan asuransi kepada nasabahnya. Asuransi KTA ini memberikan perlindungan kepada nasabah untuk melunasi KTA. Misalnya, jika nasabah meninggal atau cacat tetap, sehingga tidak bisa melanjutkan cicilan, sisa utang tidak akan dialihkan ke ahli warisnya.

Kekurangan Produk KTA

kredit tanpa agunan
KTA juga bisa menyulitkan Anda via kiplinger.com

Pepatah mengatakan bahwa tidak ada yang sempurna, begitu pula dengan KTA. Di samping banyak kelebihannya, ternyata Kredit Tanpa Agunan juga memiliki kekurangan. Hal ini penting untuk dipahami, terlebih bagi Anda yang tertarik untuk mengajukannya.

1. Bunga KTA Cukup Tinggi

Salah satu kelemahan Kredit Tanpa Agunan adalah bunganya cenderung tinggi. Namun, hal ini bukan tanpa sebab. Tidak adanya aset yang diagunkan sebagai syarat pinjaman menjadi penyebab tingginya bunga KTA.

2. KTA Lebih Diutamakan Nasabah yang Memiliki Kartu Kredit

Dalam mengajukan Kredit Tanpa Agunan, pemilik kartu kredit akan lebih dimudahkan dalam prosesnya. Padahal, orang yang tidak memiliki kartu kredit juga bisa mengajukan KTA. Keistimewaan yang diberikan kepada pemegang kartu kredit ini bukan tanpa sebab juga. Alasannya, karena orang yang memiliki kartu kredit akan lebih mudah diperiksa status kreditnya. Apakah pernah melakukan kredit macet atau tidak.

3. Limit Pinjaman KTA Terbatas

Untuk yang menginginkan pinjaman dalam jumlah besar, produk Kredit Tanpa Agunan kurang cocok Anda. KTA memberikan limit pinjaman sebesar Rp200 juta higga Rp300 juta, tergantung pada syarat dan ketentuan dari bank atau lembaga penyedia. Sebagian besar bank memberikan limit berdasarkan limit kartu kredit yang dimiliki calon kreditur.

4. Tenor KTA Pendek

Masa kredit atau tenor pada Kredit Tanpa Agunan terbilang singkat. Bank atau lembaga penyedia KTA hanya memberikan waktu 3-5 tahun tergantung dengan besaran pinjaman yang diajukan. Hal ini berdampak pada besaran cicilan perbulannya yang menjadi cukup besar. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin meminjam dalam waktu lama, KTA tidak dianjurkan.

5. Bila Mengajukan KTA, Harus Membuat Rekening di Bank Pemberi Pinjaman

Produk Kredit Tanpa Agunan sangat berisiko, bank tidak sembarangan dalam memberikan pinjaman KTA. Oleh karena itu, bank penyedia KTA biasanya meminta calon debitur untuk membuka rekeking di bank tersebut dulu, sebelum KTA diproses. Beruntung, bagi Anda yang memiliki rekening bank penyedia KTA, Anda tidak perlu membuat rekening baru untuk mengajukan pinjaman KTA.

6. Terkena Denda Jika Lunasi KTA Lebih Awal

Apabila Anda berniat untuk melunasi cicilan KTA saat memiliki uang lebih, redamlah keinginan itu. Memang utang segera lunas dan hidup pun tenang. Akan tetapi, KTA memberikan penalti bagi Anda yang melunasi Kredit Tanpa Agunan di awal waktu. Besarannya 5-6% dari sisa cicilan yang Ada.

Pertimbangkan Kebutuhan Sebelum Mengajukan KTA

Selain mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA), pertimbangkan juga kebutuhan yang akan dipenuhi dengan KTA. Apakah kebutuhan tersebut mendesak atau tidak. Hal ini sangat penting karena pinjaman ini bersifat utang. Tentu saja hal ini akan memengaruhi keadaan finansial Anda jika tidak mempertibangkannya dengan matang.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts