Diperbaharui pada Jumat, 28 Juli 2017 | 10:49

Samsung J3 Pro Banyak Dicari, Bagaimana Harga dan Garansinya?


Samsung Galaxy J3 Pro tidak dirilis secara resmi, sehingga konsumen dikhawatirkan akan mengalami masalah ketika ada masalah pada perangkatnya.

Samsung memang telah merilis smartphone baru dalam varian Galaxy J Pro series yang terdiri dari Samsung Galaxy J3 Pro, Samsung J5 Pro dan Samsung J7 Pro. Namun dari ketiga seri tersebut, hanya Samsung J5 Pro dan Samsung J7 Pro yang dirilis dan memiliki garansi resmi. Sedangkan untuk Samsung J3 Pro tidak diedarkan untuk pasar Indonesia.

Dalam pengamatan Pricebook, smartphone Samsung J3 Pro justru banyak dicari konsumen, terutama yang dijual secara online melalui e-commerce. Di beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia dan lainnya sudah banyak penjual yang menawarkan Samsung J3 Pro dengan garansi distributor dan garansi internasional.

Padahal jelas bahwa smartphone ini tidak dirilis resmi, biasa disebut sebagai barang black market (BM) dengan embel-embel garansi internasional atau garansi distributor. Karena produk dengan garansi distributor akan menyulitkan konsumen ketika terjadi masalah pada perangkat mereka. Meski demikian, tetap saja ada konsumen yang membeli Samsung J3 Pro garansi distributor tersebut.

Dan salah satu yang menarik dari Samsung J3 Pro garansi distributor adalah harga yang terbilang murah. Hal ini memang menjadi daya tarik, apalagi untuk ukuran smartphone Samsung terbaru dengan spesifikasi RAM 2GB dan memori 16GB. Dari segi desain pun Samsung J3 Pro terlihat menarik dan elegan dengan bentuk yang tipis.

Penjualan Samsung Galaxy J3 Pro Online dan Offline


Dari pantauan di beberapa pusat penjualan hape, tidak banyak toko yang men-display Samsung Galaxy J3 Pro di etalase mereka. Seperti yang terlihat di ITC Roxy Mas, memang sudah ada beberapa toko yang menjual Samsung J3 Pro namun stoknya tidak terlalu banyak. Menurut beberapa toko, mereka menyediakan Samsung J3 Pro karena memang banyak permintaan dari konsumen.

Namun mereka tidak menawarkan secara langsung konsumen yang datang ke toko. Bahkan saat ada yang bertanya, toko tetap menjelaskan mengenai resiko garansi yang akan diterima konsumen. Sehingga pada akhirnya konsumen merasa ragu untuk membeli Samsung J3 Pro garansi yang bukan resmi dari Samsung. Sehingga penjualan Samsung J3 Pro secara offline melalui toko tidak terlalu ramai dan transaksi lebih banyak melalui online.

Sementara itu, toko-toko yang ada di ITC Cempaka Mas memiliki pandangan lain. Dulu mereka masih berani untuk menjual produk Samsung dengan garansi distributor atau bisa juga disebut garansi internasional. Namun sekarang toko-toko offline sudah tidak ada yg berani jual produk Samsung garansi distributor atau internasional, termasuk Samsung J3 Pro.

Alasannya pihak Samsung bisa melaporkan langsung kepada pihak berwajib jika ada toko offline yg berani menjual Samsung tidak resmi. Jadi di area ITC Cempaka Mas tidak ada toko-toko yang berani menjual Samsung J3 Pro tersebut.

Harga Samsung J3 Pro

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daya tarik dari Samsung J3 Pro garansi distributor ini adalah harganya yang terbilang lebih murah. Seiring permintaan yang terus meningkat, harga Samsung J3 Pro sempat naik. Saat pertama muncul dipasaran harga Samsung J3 Pro berada di kisaran Rp 1.475.000 dan sempat berada dikisaran Rp1.600.000. Namun kini harganya kembali turun, dimana harga Samsung J3 Pro termurah di rekanan Pricebook berada di kisaran Rp1,3 jutaan.

Kekurangan Samsung J3 Pro Garansi Distributor :

  • Tidak ada garansi resmi, sehingga tidak bisa klaim kerusakan di servis resmi Samsung. Konsumen hanya mendapat jaminan garansi dari distributor atau toko.
  • Jarang yang menjual offline karena banyak toko yang ragu menjual produk tidak resmi
  • Bukan produK resmi Samsung Original dan diragukan untuk kualitas mesinnya.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
OS Version 5.1
Detail Prosesor Snapdragon 410
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.2 GHz
GPU Adreno 306
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 8 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 2600 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Kenali Garansi Smartphone Anda Sebelum Naik Darah Saat Klaim 

Harga Hape Samsung di ITC Roxy Mas, Mall Ambassador dan Cepaka Mas 

Samsung J3 Pro vs J2 Prime, Duel Dua Hape Terjangkau 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2449 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.