Diperbaharui pada Selasa, 17 Januari 2017 | 15:02

All New Toyota Corolla Altis Sapa Indonesia

Toyota Corolla sendiri adalah salah satu mobil terlaris di dunia dan model itu sudah menjadi generasi ke-11 serta terjual lebih dari 44 juta unit di dunia. Di Indonesia, kiprah sedan Toyota Corolla sendiri tidak perlu dipertanyakan lagi.

Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan sedan premium All New Toyota Corolla Altis dengan desain yang lebih sporty dan prestisius serta fitur-fitur yang lebih mutakhir.

Meskipun, perubahannya tidak bersifat mayor, tetapi beberapa perubahan minor membuat All New Toyota Corolla Altis lebih sporty. Kini, desain gril pipih model menyatu dengan headlamp anyar dan membuat tampilannya makin modern dan premium. Lampu utama Corolla Altis semakin canggih berkat teknologi Bi-Beam Projector untuk tipe V seperti pada Toyota Fortuner dan Toyota Sienta.

Kemudian, desain lower gril terlihat lebih mewah melalui bilah hitam memanjang hingga foglamp. Sementara lampu pada bagian belakang mendapatkan sentuhan baru. Toyota juga memberikan desain baru pada pelek alloy (tipe V) serta warna berbeda untuk tipe G dengan diameter 16 inci.

Semua perubahan ini mengakomodir permintaan pelanggan, terutama orang-orang yang punya ekspektasi tinggi dengan kemewahan lebih," ujar Fransiskus Suryopranoto, Executive General Manager TAM di Jakarta seperti dikutip dari warta10.com

Selain itu, perubahan interior lebih banyak ke arah fitur-fitur dibanding versi sebelumnya. "Seperti audionya berubah, terus kemudian ada MID nya berubah, terus sport mode, airbag udah 7, register AC di dalam berubah, terus kemudian untuk yang V itu ada yang cruise control," ungkapnya.

Jok baris kedua model itu yang sudah bertipe reclining sehingga memberikan kenyamanan lebih terutama saat perjalanan jarah jauh.

Display informasi terletak di dalam cluster tengah yang terlihat lebih modern dan lubang AC-nya terbuat dari model retro-classic. Layar informasi pada dashboard tengah tampak flat dan kontras dengan warna interior beige.

Pada tipe V, kontrol AC sudah mempunyai paddle lever dan lingkar kemudi-nya sudah mempunyai tombol untuk pengaturan MID. Fitur Cruise Control menjadi fitur standar untuk tipe V dan memungkinkan pengendara mengontrol kecepatan tanpa menginjak pedal gas.

Untuk tipe V, Toyota menambahkan model sport untuk menawarkan sensasi yang berbeda.

Toyota membanderol Toyota Corolla Altis terbaru tipe 1.8 V A/T senilai Rp456,6 juta, naik Rp 12,5 juta dari model sebelumnya. Kemudian, ada tipe 1.8 G M/T dengan banderol Rp 422,1 juta, atau naik Rp 13,5 juta dibandingkan model lama.

Transmisi Manual

Toyota Indonesia menghadirkan Corolla Altis terbaru dalam dua varian transmisi yaitu manual dan otomatis. Yang menarik, untuk transmisi manual hanya ada di Indonesia.

"Kalau misalkan mbak atau mas ke Thailand enggak ada lagi manual. Ini memang khusus untuk permintaan pasar di Indonesia, di sana enggak ada manual kita doang yang ada manual," ujar Product General Manager Completly Buildup TAM, Bansar Maduma, dikutip dari oto.detik.com

"Pengennya Altis tapi yang pake driver. Nah kadang-kadang perusahan juga ngasih policy, yaudah berikan manual. Karena itulah kita masih pertahankan yang manual," ucap Bansar.

Pangsa Pasar

Mengakhiri 2016, TAM sudah menjual lebih sebanyak 389.000 unit mobil dan menguasai pangsa pasar 36 persen sekaligus menjadi pemimpin pasar di antara merek-merek mobil di Indonesia.

"Kompetisi pasar otomotif di Indonesia sangat ketat dan banyak sekali tantangan. Namun kehadiran produk-produk baru ini dapat membukukan kinerja yang baik dengan market share minimal 35 persen," kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM, dikutip dari Kompas.com

Selama lebih dari empat dekade di pasar otomotif nasional, Toyota sudah mencapai total penjualan 5 juta unit. Toyota Indonesia sebagai salah satu kontributor penjualan terbesar di dunia setelah Jepang, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

Target Jualan

Toyota Indonesia menargetkan penjualan sedan Toyota Corolla Altis Terbaru sebanyak 120 unit perbulan.

"Target penjualan tergantung marketnya. Itu mungkin antara 80 sampai 120 perbulan, tergantung marketnya," ucap Bansa.

Toyota Indonesia akan mendatangkan sedan itu dari Thailand karena produksi sedan di Indonesia belum dapat terlihat pasarnya.

"Entry itu segmennya Vios, small itu segmen Corolla, high itu Camry. Baru di atas itu luxury, Lexus. Ini (Corolla Altis) di produksi di Thailand. Kalau penjualan karena marketnya, kita belum tahu sedan seperti apa. Kita hanya memperhatikan market share kita," katanya.

Nama Harga di Pasaran
Toyota Corolla Altis 1.8 G MT Rp 502.900.000
Toyota Corolla Altis 1.8 V AT Rp 460.650.000

Baca juga artikel:
All-New Toyota Camry Lebih Sporty dan Canggih
Toyota Pamerkan Mobil Masa Depan Concept-i Berteknologi AI
Toyota Avanza, Mobil Terlaris Toyota Tahun Lalu
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts