Diperbaharui pada Kamis, 15 Desember 2016 | 09:14

Yamaha Matic Mio Paling Laku, NMAX Jadi Idola Baru di Kalangan Rider

Meskipun bukan pemimpin pasar, Yamaha masih memiliki penggemar dan pasar di segmen motor matik. Padahal, Yamaha adalah pabrikan motor yang mempelopori penjualan motor matik di Indonesia dengan Yamaha Nouvo dan Mio Series pada 2003.

Motor matik memang memberikan kenyamanan dan kemudahan operasional untuk para pengendaranya. Selain nyaman, harga motor matik pun sangat terjangkau dan teknologi motor matik saat ini sudah canggih yang mampu menghemat bahan bakar minyak mirip dengan keiritan BBM motor bebek.

Saat ini Yamaha masih mengandalkan varian Yamaha Mio M3 125 CW, Yamaha Mio M3 125 Standard, Yamaha Mio Z, Yamaha NMAX Standard dan Yamaha NMAX ABS.

Yamaha Indonesia menjual sebanyak 123.972 unit sepeda motor pada Agustus 2016, naik 36 persen dibanding Juli 2016. Selama Agustus 2016, matik (skutik) Mio series masih memberi kontribusi paling besar yaitu 37.362 unit. Kemudian ada skutik bongsor NMax 24.236 unit. Untuk model skutik lainnya, Soul GT terjual 11.511 unit dan Fino 125 mencapai 12.537 unit di periode yang sama.

Yamaha NMAX

Saat ini motor matik Yamaha NMAX menjadi primadona dan Yamaha sukses menjual motor matik 155 cc itu di Indonesia. Yamaha NMAX memimpin pasar dan sukses mempecundangi Honda PCX yang menjadi raja matik premium selaman ini. Tidak hanya di Indonesia, Yamaha NMAX pun sangat laris manis di Eropa.

Yamaha Indonesia pun menjadi basis produksi Yamaha NMAX baik di Indonesia maupun luar negeri. Yamaha mengekspor Yamaha NMAX dengan kubikasi mesin 125 cc ke Eropa seperti Spanyol, Perancis, Inggris dan Italia.

Mohammad Masykur (Asisten GM Marketing PT YIMM) mengatakan pelanggan Yamaha menyukai dan membeli Yamaha NMAX karena value for money yang tidak dimiliki kompetitor. "Penggunanya merasakan performa impresif pada putaran mesin bawah ke tengah dan akselerasi yang bagus untuk stop and go. Mereka menggunakannya sebagai kendaraan harian," kata Masykur.

Desain Yamaha NMAX terlihat modern, sporty dan mewah tampak futuristik serta modern. Bentuk joknya sangat luas dan empuk serta memberikan kenyamanan berkendara saat berada di atas Yamaha NMAX. Yamaha NMAX memiliki dimensi yang lebih besar yaitu 1966 x 740 x 1115 mm dan berat 127 kg.

Yamaha NMAX mengusung mesin 4 Stroke (SOHC) dengan kubikasi sedikit lebih besar yaitu 155 cc yang menyemburkan tenaga maksimal mencapai 14.8 Hp pada 8.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm pada 6.000 RPM

Teknologi VVA dan Blue Core

Yamaha membenamkan teknologi terbaru yaitu VVA (Variable Valve Actuation) dan Technology Blue Core pada varian motor terbarunya. Teknologi VVA itu menghasilkan mesin yang semakin efisien, bertenaga, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Tecnology Blue Core merupakan sebuah teknologi canggih yang meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan membuat mesin motor matik menjadi lebih handal dan lebih bertenaga.

Yamaha NMAX pun telah mengusung dua teknologi terbaru Yamaha tersebut. Berikut, Pricebook erikan update harga motor matik Yamaha terbaru bulan ini :

Nama Harga di Pasaran
Yamaha Mio M3 125 CW Rp 17.950.000
Yamaha Mio Z Standard belum ada harga
Yamaha Aerox 125 LC Standard belum ada harga
Yamaha GT 125 Standard belum ada harga
Yamaha Nmax Standard Rp 26.404.000
Yamaha NMAX ABS belum ada harga

Baca juga artikel:
Motor Sport Honda Paling Laris, All New Honda CB150R StreetFire
Motor Sport Kembali Menguasai Pasar Ekspor di Penghujung Tahun 2016
Motor Matic Paling Laris di Penghujung Tahun 2016
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts