Diperbaharui pada Kamis, 6 Oktober 2016 | 12:33

Canon EOS 5D Mark IV Resmi Dipasarkan di Indonesia

Kabar gembira bagi pecinta kamera DSLR kelas premium, Canon akhirnya memperkenalkan varian baru kamera DSLR kelas professional bernama Canon EOS 5D Mark IV. Kamera ini merupakan versi pengembangan dari varian EOS 5D yang merupakan kamera professional untuk pada fotografer dan videographer.

Tidak heran, pengguna bisa menemukan berbagai fitur baru dalam kamera ini. Canon bahkan sudah menghadirkan sensor baru dan teknologi Dual Pixel RAW yang memungkinkan pengolahan foto dengan format RAW yang kian cepat dan presisi. Selain itu, kamera terbaru Canon ini juga hadir dengan fitur rekam video 4K yang kian detail.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 3200
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Dari sisi desain, kamera Canon EOS 5D Mark IV ini mengusung desain yang cukup besar namun tetap nyaman digenggam. Canon menghadirkan berbagai tombol untuk memudahkan pengaturan kamera. Dibagian belakang, Canon menghadirkan monitor layar sentuh dengan tingkat sensitivitas tinggi dan teknologi intelligent viewfinder II yang membuat bidikan lebih jelas. Selain itu, kamera ini sudah dibekali tahan air dan tahan debu berkat sokongan bodi material premium,

Pada bagian dapur pacu, Canon EOS 5D Mark IV menggunakan sensor CMOS Full Frame dengan resolusi 30,4 MP. Sensor ini akan disokong prosesor gam bar DIGIC 6+ dan dilengkapi teknologi Digital Lens Optimizer. Teknologi ini membuat gambar lebih optimal dan hasil foto semakin lebih baik karena akan dikoreksi secara otomatis.

Kamera ini juga memiliki rentang ISO yang tinggi hingga 32000. Rentang ISO ini bisa dimaksimalkan hingga 102400. Dengan ISO yang tinggi kamera bisa menangkap gambar meski dalam keadaan minim cahaya.

Kamera DSLR premium ini dibekali pula teknologi Dual Pixel CMOS AF yang menghadirkan deteksi autofocus yang sangat cepat. Kamera ini bisa mengambil gam bar hingga 7 fps dan telah didukung oleh sistem penyimpanan memori berjenis CompactFlash Type 1 yang cepat.

Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video 4K. Kamera ini hanya mampu merekam dengan framerate 30fps. Meski demikian, kamera canon terbaru ini juga bisa merekam video full HD pada 60 fps. Bahkan kamera ini bisa merekam video HD pada 120 fps. Tentu fitur rekam kamera ini cukup baik untuk membuat video slow motion.

Merry Harun selaku Canon Division Director dari PT Datascrip seperti dikutip dari beberapa media mengungkapkan bahwa kamera Canon terbaru ini menjadi pionir yang dapat merevolusi perekaman video berkualitas tinggi dari kamera DSLR biasa menjadi kamera DSLR bersensor full frame yang jadi andalan para fotografer.

Canon EOS 5D Mark IV dapat dipesan melalui datascrip dengan harga bodi saja 49 juta rupiah dan versi lengkap dengan lensa EF 24-70mm f/4L IS II USM dengan harga 62 juta.

Nama Harga di Pasaran Nama Produk Resolusi Kamera Tipe Sensor Maximum Shutter Speed Maximum Light Sensitivity Screen Size
Canon EOS 5DS Rp 31.000.000 EOS 5DS 51.6 MP CMOS 1 / 2000 s ISO 6400 3.2 inch
Canon EOS 5D Mark IV Body Rp 28.750.000 EOS 5D Mark IV Body 30.4 MP CMOS 1 / 8000 s ISO 3200 3.2 inch
Canon EOS 5D Mark III Body Rp 37.350.000 EOS 5D Mark III Body 23.3 MP CMOS 1 / 8000 s ISO 25600 3.2 inch

Baca juga artikel:
Sony Rilis Kamera DSLR Premium, Sony A99II
Canon EOS M5 Dirilis, Kamera Mirrorless Terbaru Rasa DSLR
Kredit 5 Kamera DSLR Nikon Terbaik Tanpa Kartu Kredit Via elevenia
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts