Diperbaharui pada Senin, 26 September 2022 | 11:15

Daftar Oli Motor Matic yang Bagus di 2022

Daftar Oli Motor Matic yang Bagus di 2022Foto: Motodeal.com

Oli notor memegang peranan penting pada performa dan kinerja kendaraan, termasuk menjaga keawetannya. Tidak terkecuali pada motor matic. Tapi masih banyak yang bingung memilih oli motor matic yang bagus.

Pada dasarnya hampir semua oli motor dengan transmisi matic memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Karena oli motor tak sekedar sebagai pelumas tapi juga memegang peranan penting sebagai pendingin mesin, pelindung dari karat dan juga membantu menutup celah-celah di dinding mesin.

Mengapa oli motor harus diganti? Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik. Penggantian oli mesin bisa dilakukan setiap 5000 km atau setiap 3 atau 4 bulan sekali tergantung jenis oli yang digunakan.  

Lalu apa yang dimaksud dengan Oli motor 10W-30 VS 10W-40? Itu merupakan satuan kekentalan oli. Semakin kecil angka pada oli maka semakin baik oli tersebut akan mengalir. 

Misal, oli motor dengan kode 10W-30, artinya oli ini memiliki tingkat kekentalan lebih rendah daripada oli 10W-40. Artinya, oli tersebut akan mengalir lebih mudah ketika mesin dihidupkan.

Masih ada beberapa yang membedakan Oli motor 10W-30 dengan 10W-40 Sebut saja pada penggunaan mesin, tingkat penggunaan BBM dan tingkat keausan mesin.

Terlepas dari itu, dipasaran sendiri ada beberapa produk oli motor matic. Harga oli motor ini pun bervariasi, namun yang murah bukan berarti kualitasnya tidak bagus.

Oleh karen itu, Pricebook akan coba ulas pilihan oli motor matic yang ada dipasaran.

Daftar Oli Motor Matic

Berikut beberapa daftar oli motor matic yang bisa digunakan.

1. AHM SPX2

AHM SPX2Oli motor matic AHM SPX2 memiliki spesifikasi SAE:10W-30, API-SL dan JASO MB. AHM SPX 2 (Superior Protection Expert) diformulasikan oleh Honda R&D Japan yang memadukan bahan dasar oli Fully Syntheticextra superior untuk seluruh motor Honda matik. 

AHM Oil SPX 2 memberikan proteksi yang superior untuk tuntutan performa mesin yang lebih tinggi pada seluruh sepeda motor Honda tipe kopling kering (matic).

Beli oli motor AHM SPX2 di Shopee.

2. AHM MPX2

AHM MPX2Oli motor buatan Honda ini khusus diformulasikan oleh Honda RnD Japan dengan performa lubrikasi andal untuk melindungi sepeda motor menjadi lebih irit tapi bertenaga. 

AHM MPX2 memiliki keunggulan pada penggunaannya yang hemat. Karena pemiliki motor bisa mengganti oli dalam jangka waktu yang lebih lama.

Beberapa keunggulannya mencakup anti oxidant (melindungi dari karat), smart film (meminimalisir gesekan antar komponen mesin), visco improver technology (menjamin kekentalan selalu kondisi stabil dan cleansing agent (menjaga kebersihan di dalam mesin).

Spesifikasinya yaitu SAE 10W-30, API-SL, JASO MB dan memiliki volume 0,8 liter.

Beli oli motor AHM MPX2 di Shopee.

3. Yamalube Matic Oil

Yamalube Matic Oil

Berdasarkan keterangan resmi Yamaha, Yamalube Matic Oil diformulasikan khusus untuk mesin motor matik 4-Tak generasi pertama yang membutuhkan durability mesin untuk bekerja berat sehingga performa tetap terjaga.

Kelebihan dari Yamalube Matic Oil diantaranya, menjaga mesin matic tahan lama dengan aditif anti-karat dan korosi, mengandung Molybdenum yang memberikan gesekan yang sangat rendah, dan memberikan performa dan proteksi terbaik untuk mesin motor matic.

Spesifikasinya yaitu SJ 20W-40, JASO MB dan volume 0,8 liter.

Beli oli motor Yamalube Matic Oil di Shopee.

4. Yamalube Super Matic Oil

Yamalube Super Matic OilSelain itu, ada juga Yamalube Super Matic Oil diformulasikan khusus untuk mesin motor matik 4-Tak premium yang membutuhkan pelumasan maksimal untuk putaran mesin yang tinggi di segala kondisi jalan dan cuaca. 

Kelebihan Yamalube Super Matic Oil yaitu material full sintetis diformulasikan khusus untuk melumasi mesin hingga ke celah-celah tersempit, aterial full sintetis melumasi setiap part mesin dengan bersih tanpa meninggalkan kerak.

Lalu memaksimalkan power di setiap putaran mesin dan mengandung Molybdenum yang memberikan tingkat gesekan yang sangat rendah sehingga mesin motor bekerja dengan maksimal.

Yamalube Super Matic Oil memiliki volume 1000ml dan direkomendasikan untuk motor matik 4-Tak premium seperti N-Max, Aerox 155 dan Lexi. Spesifikasi SL 10W-40, JASO MB, volume 1 liter dan Full Synthetic.

Beli oli motor Yamalube Super Matic Oil di Shopee.

5. Shell Advance AX7 Matic

Shell Advance AX7 MaticMenurut keterangan resmi Shell, oli motor Advance AX7 Matic adalah pelumas mesin motor 4-tak yang memiliki performa kerja mesin tinggi. Shell Advance AX7 memberikan kekuatan dan ketahanan pada mesin motor, serta meningkatkan kenyamanan kendali.

Shell Advance AX7 pun diformulasikan dengan Shell Active Cleansing Technology yang dapat melindungi mesin motor dari partikel kotoran dan endapan lumpur.

Shell Advance AX7 dirancang ideal untuk mesin motor berperforma tinggi. Keunggulannya mencakup melindungi dan menjaga mesin motor dari partikel dan endapan, memacu kekuatan dan respons mesin, mengurangi getaran dan kebisingan mesin, serta memperpanjang masa pakai mesin.

Oli motor untuk matic ini tersedia dalam SAE 1OW-30 dan SAE 1OW-40 dengan kapasitas volume 0,8 liter.

Beli oli motor Shell Advance AX7 di Shopee.

6. Motul Scooter LE 4T

Motul Scooter LE 4TOli motor matic dari Motul ini memiliki viskositas 10W 30 dengan tipe kualitas HC-TECH. Tersedia kemasan dalam volume 1 liter dan 0.8 liter. 

Beberapa keunggulan yang ditawarkan Motul Scooter LE seperti teknologi Low Emission (LE) yang berarti tingkat emisi rendah untuk sepeda motor matic (Skutik), diadaptasi untuk Skutik yang mobilitasnya dijalan dengan banyak kondisi stop-and-go.

JASO MB memastikan performa mantap dan juga irit BBM pada skutik dengan mengurangi friksi pada bagian internal mesin. Oli motor ini bisa digunakan untuk Honda (Vario 110 / 125 / 150, Beat, Scoopy, PCX 150), Yamaha (Mio, Fino) dan Suzuki (Address FI / Playful, NEX, Skywave, Spin). Berdasarkan referensi oli untuk kendaraan tahun 2018 - 2021).

Beli oli motor Motul Scooter LE di Shopee.

7. TotalEnergies Hi-Perf 4T 500 Scooter

TotalEnergies Hi-Perf 4T 500 ScooterOli Motor TotalEnergies Hi-Perf 4T 500 Scooter memiliki spesifikasi premium mineral, API SL, JASO MB dan dikemas dalam volume 0.8 liter. Hi-Perf 4T 500 Scooter adalah pelumas mesin 4 tak premium untuk sepeda motor bertransmisi otomatis. 

Diformulasikan dengan teknologi Durability Improver, pelumas ini dirancang khusus untuk mengurangi gesekan dan memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap pembentukan endapan dan oksidasi, sehingga mesin lebih bersih.

Oli Motul ini memiliki beberapa opsi yaitu 10W-30, 10W-40, 20W-40 dan 20W-50.

Beli oli motor TotalEnergies Hi-Perf 4T 500 Scooter di Shopee.

Itulah beberapa daftar oli motor yang bisa digunakan pada motor matic. Tapi pastikan memiliki oli yang tepat untuk mesin motor matic yang dimiliki.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2015 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.