Diperbaharui pada Rabu, 28 September 2022 | 12:38

12 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik 2022

in ear headphone terbaruFoto: Shure

Mendengarkan musik tanpa terdistraksi dengan suara-suara di sekitar, mampu memberikan pengalaman yang jauh lebih baik, apalagi kalau kualitas earphone atau headphone yang dipakai adalah yang terbaik.

Kenyamanan mendengarkan musik yang fokus tersebut bisa dicapai ketika menggunakan in-ear headphone. Berbagai merek in-ear headphone pun hadir di pasaran, mulai dari yang hanya puluhan ribu, hingga yang jutaan.

Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik

In-Ear Headphone berbeda dengan jenis headphone pada umumnyam karena bentuk fisiknya sangat menyerupai produk earphone. Headphone jenis ini memiliki karakteristik yang khas, yaitu bagian ujung yang dilapisi karet silikon, agar headphone bisa pas di dalam lubang telinga.

Jenis headphone in-ear ini juga sangat serupa dengan produk-produk earbuds, yang membedakan adalah, produk in-ear headphone masih menggunakan kabel. 

Selain itu, tersedia juga in-ear headphone yang nirkabel, namun biasanya dilengkapi dengan bagian yang menyambungkan antara bagian kiri dan kanan, umumnya ditemukan pada jenis sport, agar pengguna tidak terganggu dengan kabel.

Dengan beragamnya produk in-ear headphone yang ada di pasaran, tentunya membuat pilihan menjadi sulit, terlebih lagi dengan penawaran spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. 

Tim redaksi Pricebook secara khusus mengkurasi produk-produk in-ear headphone dan menyajikannya di dalam daftar rekomendasi in-ear headphone terbaik berikut ini.

1. SoundMagic E11C

in ear headphone terbaru

Rekomendasi in-ear headphone pertama kami adalah SoundMagic E11C yang sering muncul dalam daftar rekomendasi para gadget enthusiast, dan kami setuju, karena kualitas suara yang dihasilkan sangat gemuk dan seimbang.

Desain bodi SoundMagic E11C menggunakan material aluminium dengan kabel yang dilapisi oleh silver-plate berkualitas tinggi. In-ear headphone ini kompatibel dengan perangkat smartphone Android maupun iOS.

SoundMagic E11C membawa spesifikasi di kelas premium dengan menawarkan driver yang mampu menghasilkan sound image matang dengan getail frekuensi tinggi yang halus. Keunggulan utama dari in-ear headphone ini adalah kenyamanan dan pengalaman suara yang seimbang.

2. Shure Aonic 3

in ear headphone terbaru

Merekomendasikan perangkat audio rasanya kurang lengkap tanpa Shure, merek yang sudah bertahun-tahun menghasilkan beragam produk audio dengan kualitas kelas dunia.

Hadir dengan desain paling mungil di antara rangkaian produk Shure lainnya, Aonic 3 menawarkan pengalaman mendengarkan audio musik yang lengkap dan seimbang. 

Suara yang dihasilkan Shure Aonic 3 akan terisolasi dengan baik di dalam lubang telinga sehingga menghilangkan segala distraksi dari luar.

3. Sennheiser IE 900

in ear headphone terbaru

In-ear headphone selanjutnya adalah Sennheiser IE 900 yang desainnya sangat sporty, berkat hadirnya pengait telinga yang akan memastikan posisinya solid ketika digunakan dan tidak mudah lepas ketika kabelnya tidak sengaja tertarik.

Sennheiser IE 900 dibekali dengan teknologi X3R yang mampu menghasilkan suara audio yang lebih dalam dan detail. Teknologi seperti ini biasanya ditemukan pada produk headphone berukuran standar (besar), sehingga kehadirannya pada perangkat yang lebih kecil, menjadi cukup istimewa.

Pada proses pengembangan dan uji cobanya, in-ear headphone Sennheiser IE 900 ini telah digunakan oleh berbagai kalangan audio enthusiast, jadi kualitas suara yang dihasilkan merupakan hasil terbaik yang ada saat ini.

4. Shure SE425

in ear headphone terbaru

Kembali ke Shure, rekomendasi kali ini adalah Shure SE425 yang memiliki keunggulan pada desain isolasi suara yang mampu menciptakan ruang tanpa distraksi ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau lagu.

Dengan bentuknya yang kecil, Shure SE425 juga menjadi andalan karena kehadirannya tidak mengganggu aktivitas. Selain itu, desain yang kecil ini juga menjadikannya mudah untuk disimpan dan dibawa ke mana-mana.

Untuk menghasilkan kualitas suara terbaik dikelasnya, Shure SE425 dibekali dengan dual drivers yang memungkinkan tweeter dan woofer bekerja secara bersamaan dengan dinamika yang seimbang.

5. Beyerdynamic Soul Byrd

in ear headphone terbaru

Merek Beyerdynamic mungkin tidak terlalu familiar bagi orang awam, namun di kalangan para audio enthusiast, merek ini merupakan salah satu yang terbaik. Begitu pula dengan in-ear headphone mereka, Soul Byrd yang kualitas suaranya seimbang.

Beyerdynamics Soul Byrd memiliki desain ergonomis yang membuatnya sangat nyaman ketika digunakan. Posisinya di dalam lubang telinga dibuat sedemikian rupa agar tetap nyaman ketika digunakan untuk waktu yang lama.

Khusus untuk pesepeda, walau Beyerdynamics Soul Byrd memiliki kabel, namun desainnya yang presisi membuatnya sangat cocok untuk menemani aktivitas bersepeda, tanpa perlu khawatir kabel akan tersangkut atau mengganggu.

6. Sennheiser CX Sport

in ear headphone terbaru

Seperti namanya, Sennheiser CX Sport didesain secara khusus untuk digunakan saat berolahraga, karena dibekali dengan fitur-fitur yang menjadi keunggulan utamanya seperti bobot yang ringan, tahan terhadap cipratan air dan keringat.

Desain kabelnya yang fleksibel memungkinkan in-ear headphone ini digunakan dengan cara mengelilingi leher, atau tergantung di depan leher. Sambungan Bluetooth yang dimilikinya juga kuat, sehingga penggunan bebas bergerak selama berada di dalam jangkauannya.

Kualitas suara tentunya tidak dilupakan. Sennheiser CX Sport memiliki audio yang tebal dan renyah. Dinamika suara yang dihasilkannya juga cukup seimbang, sehingga mampu memberikan pengalaman mendengarkan audio yang memuaskan.

7. Skullcandy Vert Clip-Anywhere

in ear headphone terbaik

Bicara soal desain, Skullcandy Vert Clip-Anywhere bisa dibilang unggul, apalagi in-ear headphone ini juga mudah untuk dikaitkan ke tali kacamata ketika digunakan untuk bersepeda, atau ketika melakukan olahraga lain yang membutuhkan pelindung mata.

Secara khusus, Skullcandy Vert Clip-Anywhere memang didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna in-ear headphone yang lebih sepesifik dan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan seperti berolahraga, bersepeda dsb.

Selain itu, Skullcandy Vert Clip-Anywhere juga didesain untuk tetap nyaman dipakai saat pengguna sedang memakai helm. Namun perlu diperhatikan agar tidak memakainya saat berkendara di jalan raya ya, karena peredam suaranya bekerja dengan sangat baik dalam mengisolasi suara-suara di sekitar.

8. Bose Soundsport

in ear headphone terbaik

Bose Soundsport adalah in-ear headphone nirkabel yang mampu menghasilkan audio berkualitas tinggi secara seimbang di volume berapa pun, karena telah dibekali dengan Bose Active EQ yang mampu menyesuaikan audio secara otomatis.

Jenis pengguna yang biasanya cocok dengan Bose Soundsport adalah pengguna yang menyukai olahraga lari, baik jogging maupun marathon. Apalagi bobotnya juga ringan, sehingga tidak membebani ketika dipakai.

Selain itu, Bose Soundsport juga tahan terhadap percikan air dan keringat, dengan bahan yang juga tidak mudah lepas, sehingga ketika sudah terpasang di dalam lubang telinga, akan terus dengan solid bertengger di tempatnya.

9. Panasonic Ergofit Plus NJ310BE

in ear headphone terbaik

Panasonic Ergofit Plus NJ310BE adalah in-ear headphone nirkabel yang desainnya terlihat sangat minimalis, namun mampu menghasilkan suara yang kuat berkat hadirnya Unit Driver 9mm yang mampu menghasilkan suara jernih dan bass yang kuat.

Bicara soal bass, Panasonic Ergofit Plus NJ310BE hadir dengan teknologi Extra Bass System (XBS) dengan desain sirkuit dan struktur akustik orisinal, sehingga suara bass yang dihasilkan menjadi kuat.

XBX pada in-ear headphone Panasonic ini menggabungkan desain port yang mampu mengoptimalkan aliran udara dan sirkuit penalaan akustik dengan baik, sehinga meningkatkan reproduksi kisaran rendah.

10. Sennheiser IE 300

in ear headphone terbaik

Rekomendasi in-ear headphone selanjutnya kembali pada Sennheiser dengan IE 300 yang sistem isolasi suaranya adalah salah satu yang terbaik saat ini, karena mampu membentengi berbagai suara-suara di sekitar, dan membiarkan penggunanya fokus pada suara dari speakernya.

Makanya wajar bila Sennheiser IE 300 sering menjadi rekomendasi para audiophile, apalagi in-ear headphone ini juga sudah dibekali dengan konektor Fidelity+ MMCX berlapis emas yang terkenal dengan daya tahannya yang tinggi.

Sennheiser juga menjadi andalan karena kompatibel dengan berbagai perangkat mulai dari smartphone Android dan iOS, laptop, hingga berbagai jenis perangkat pemutar audio yang ada di pasaran saat ini.

11. Etymotic Research ER2XR

in ear headphone terbaik

Jangan terkecoh dengan bentuknya yang minimalis dan terkesan simpel, karena tidak mungkin Etymotic Research ER2XR masuk ke dalam daftar rekomendasi in-ear headphone bila tidak dibekali dengan kemampuan yang tinggi.

Etymotic Research ER2XR adalah salah satu in-ear headphone dengan kemampuan bass terbaik di kelasnya. Dengan dukungan dynamic drivers berperforma tinggi, suara bass yang dihasilkan bisa terdengar seimbang suara midrange dan tremble yang akurat.

Bila kamu mencari perangkat in-ear headphone dengan harga terjangkau, namum mampu menghasilkan audio berkualitas, maka Etymotic Research ER2XR ini adalah salah satu pilihan yang tepat dan memuaskan.

12. Sony MDR-XB55AP

in ear headphone terbaik

In-ear headphone Sony MDR-XB55AP memiliki keunggulan utama pada bass yang mengusung teknologi Powered Bass Duct++ untuk memberikan kualitas suara bass yang jauh lebih dalam dari kebanyakan produk earphone dan headphone di kelas yang sama.

Teknologi Powered Bass Duct++ ini mampu memberikan dentuman suara bas yang responsif, dan suara sub-bass yang lebih bertenaga dari kebanyakan produk serupa. Suaranya tetap terdengar empuk karena fokus pada low-end.

Bagi pengguna in-ear headphone yang gemar beraktivitas di luar ruangan, desain kabel Sony MDR-XB55AP dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah kusut, sehingga sangat nyaman ketika digunakan.

Selain itu, hadir juga driver 12mm yang dirancang secara khusus dengan sensitifitas tinggi 122dB/mW, sehingga mempu menghasilkan suara bertenaga tanpa distorsi pada volume tinggi.

Tips Memilih In-Ear Headphone Terbaik

Setiap produk in-ear headphone yang ada di pasaran dibuat untuk kebutuhan yang sama, sehingga banyak calon pembeli yang tidak memperhatikan spesifikasi maupun fitur yang ditawarkan. Kebanyakan membeli karena desainnya yang keren.

Pembeli awam memang berbeda dengan para audiophile. Walau begitu, kualitas tetap harus menjadi yang utama saat membeli in-ear headphone. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertakan ketika akan membeli in-ear headphone.

Pertama, pastikan produk in-ear headphone yang akan dibeli telah dibekali dengan teknologi isolasi suara yang baik, sehingga audio yang dikeluarkan bisa dinikmati secara maksimal, tanpa terdistraksi oleh suara-suara dari luar.

Pastikan juga bantalan silikonnya bisa terpasang dengan pas di dalam lubang telinga. Ada produk in-ear headphone yang memberikan beberapa silikon cadangan dengan ukuran yang berbeda-beda, namun ada juga yang hanya datang dengan satu ukuran saja.

Selanjutnya, pastikan apakah driver yang digunakan adalah jenis dynamic atau balanced armture. Apa yang membedakannya? In-ear headphone dengan driver dymanis memiliki kualitas suara yang lebih baik, terutama pada suara bass.

Sedangkan pada jenis driver balanced armture, tidak ada suara yang menonojol, karena semuanya tersaji dengan seimbang, sehingga in-ear headphone jenis ini lebih cocok untuk pengguna yang lebih menyukai nada mid-high.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1204 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.