Diperbaharui pada Selasa, 28 Mei 2019 | 12:33

ASUS Zenfone 6 vs Samsung Galaxy A80, Adu Kamera Putar dan Spesifikasinya

kamera zenfone 6 vs galaxy a80
Kamera pada hp semakin berkembang. Tidak hanya dari sisi resolusi yang semakin besar, tapi kini menawarkan konsep yang inovatif. Setelah muncul kamera pop up (turun naik), kini hadir inovasi kamera yang bisa berputar. Ada 2 smartphone yang mengusungnya, yaitu ASUS Zenfone 6 dan Samsung Galaxy A80.

Seperti diketahui, salah satu fitur ASUS Zenfone 6 yang menarik adalah kamera flip. Kamera ini dapat berputar hingga 180 derajat, dimana modul kamera akan terangkat keatas. Kamera yang berputar ini sebelumnya sudah digunakan Samsung di Galaxy A80. Bedanya, modul kamera akan berputar ketika kompartemen bagian belakang perangkat terangkat keatas.

Singkatnya, Samsung mengombinasikan dua metode, yaitu kamera pop up dan kamera flip. Namun secara fungsi keduanya memiliki persamaan, yaitu menggunakan kamera yang sama untuk bagian depan maupun belakang. Karena kameranya bisa berputar 180 derajat, maka kamera belakang juga berperan sebagai kamera depan. Keuntungannya, pengguna akan mendapatkan foto yang sama kualitasnya.

Dua hp terbaru di 2019 ini memang cukup menarik. Hanya saja, keduanya belum masuk ke pasar Indonesia. Bagi yang penasaran dan memiliki rencana untuk membeli salah satu diantaranya, berikut akan kami ulas mengenai beberapa perbedaan spesifikasi ASUS Zenfone 6 dan Samsung Galaxy A80, termasuk perkiraan harga keduanya.  

Kamera Putar ASUS Zenfone 6 vs Samsung Galaxy A70

1. Flip Camera ASUS

Flip kamera asus
ASUS Zenfone 6 memiliki teknologi inovatif yang disebut Flip Camera, dimana kamera ini dapat berputar 180 derajat. Dimana mekanisne Flip Camera pada ASUS ZenFone 6 dapat membalikkan dengan cara mengangkat modul kamera hingga 180 derajat.

Secara teknis, Flip Camera ini ditenagai oleh motor elektrik khusus yang dapat membalikkan modul kamera utama sejauh 180. Motor elektrik yang digunakan memiliki gerakan dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Menariknya posisi kamera bisa diatur sendiri sesuai dengan sudut yang diinginkan.

Untuk modul kamera pada ZenFone 6 terdiri dari dua sensor kamera, yaitu sensor kamera utama menggunakan Sony IMX586 beresolusi 48MP dengan apperture f1/7.9, serta sensor kamera ultrawide beresolusi 13MP.

Kamera utamanya sudah dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer untuk pengambilan gambar lebih sempurna saat kondisi gelap, serta teknologi autofocus 2x1 OCL PDAF untuk fokus lebih akurat dan cepat. Sementara kamera ultrawide pada ZenFone 6 sudah dilengkapi dengan teknologi anti-distorsi.

Modul Flip Camera di ZenFone 6 dibuat menggunakan liquid metal (amorphous alloy), sebuah bahan khusus dengan bobot 20% lebih ringan dari stainless steel namun empat kali lebih tangguh. Sebagai pengaman tambahan, sebuah G-Sensor ditempatkan pada modul kamera untuk mendeteksi akselerasi sehingga modul Flip Camera dapat kembali ke posisi aman jika ZenFone 6 terjatuh.

2. Kamera Putar Samsung Galaxy A80

kamera putar samsung
Mekanisme kamera putar 180 derajat sebelumnya juga sudah diterapkan oleh Samsung melalui Galaxy A80. Bedanya, modul kamera di Samsung Galaxy A80 akan berputar ketika kompartemen belakang terangkat. Putaran kamera ini cukup cepat dalam hitungan detik saja. Hanya saja, beda dari Zenfone 6, kamera Samsung Galaxy A80 tidak bisa diatur dalam sudut kemiringan tertentu. 

Samsung sendiri memasang tiga kamera di Galaxy A80 dengan konfigurasi 48MP + 8MP + 3D (ToF) Camera. Untuk sensor 48MP merupakan kamera utama yang memiliki kemampuan memotret gambar yang jelas di siang maupun di malam hari. Lalu sensor 8MP adalah kamera ultra wide yang memungkinkan kita mengambil foto dalam sudut lebar. Sedangkan kamera 3D (ToF) di Galaxy A80 menawarkan fitur Live Focus.

Dengan tambahan fitur cerdas pada kamera seperti Scene Optimizer yang dapat mengenali dan meningkatkan hingga 30 adegan, dan Flaw Detection yang secara otomatis mengidentifikasi gangguan sebelum menangkap gambar, sehingga tidak akan pernah melewatkan hasil foto yang sempurna.

Menariknya, Samsung turut mengintegrasikan fitur Super Steady pada video. Fitur Super Steady ini juga menjadi andalan di hp flagship Samsung terbaru seperti Galaxy S10 series. Kelebihan dari fitur Super Steady akan membantu menangkap konten dengan mudah, mengurangi guncangan dan memastikan gambar yang mulus untuk video-video pro-level action.

Hp Kamera 1 Kamera 2 Kamera 3
ASUS Zenfone 6 Sony IMX586 48MP Ultra Wide 13MP -
Samsung Galaxy A80 Sony IMX586 48MP Ultra Wide 8MP 3D (ToF)

Spesifikasi ASUS Zenfone 6 vs Samsung Galaxy A80

1. ASUS Zenfone 6

Asus zenfone 6
ASUS ZenFone 6 hadir dengan layar berukuran 6,4 inci yang dilengkapi dengan teknologi NanoEdge Display. Teknologi ini membuat bezel dibuat dengan sangat tipis yang bertujuan agar bodi perangkat tetap ramping. Tampilan layarnya juga luas, karena penggunaan inovasi Flip Camera memungkinkan Zenfone 6 hadir tanpa notch.

Hp ini memiliki screen-to-body ratio hingga 92%. Itu belum termasuk perlindungan dari Corning Gorilla Glass 6 untuk menghindari resiko tergores dan lainnya. Bagaimana performa ASUS ZenFone 6? ASUS membekali jagoan barunya ini dengan prosesor Snapdragon 855. Ini merupakan chipset terbaru dan tertinggi untuk saat ini.

Prosesor ini hadir dengan konfigurasi octa-core berkecepatan hingga 2,8GHz dan menggunakan arsitektur berbasiskan pemrosesan 7nm. Chipset ini dikombinasikan dengan RAM sebesar 8GB dengan opsi memori internal 64GB, 128GB hingga 256GB. Yang tak kalah penting, ASUS Zenfone 6 juga dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh. Di klaim ZenFone 6 dapat menemani penggunanya selama dua hari non-stop.

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan USB
ASUS Zenfone 6 ZS630KL RAM 6GB ROM 64GB 6.4 inch Snapdragon 855 9 6 GB 64 GB Adreno 640 48 MP 13 MP 48 MP Type-C
ASUS Zenfone 6 ZS630KL RAM 6GB ROM 128GB 6.4 inch Snapdragon 855 9 6 GB 128 GB Adreno 640 48 MP 13 MP 48 MP Type-C
ASUS Zenfone 6 ZS630KL RAM 8GB ROM 256GB 6.4 inch Snapdragon 855 9 8 GB 256 GB Adreno 640 48 MP 13 MP 48 MP Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Samsung Galaxy A80

Samsung galaxy a80
Bagaimana dengan spesifikasi Samsung Galaxy A80? Dari sisi layar tidak jauh berbeda, dimana penggunaan konsep pop up + rotating camera di Samsung Galaxy A80 juga membuat tampilan layarnya lebih luas alias tanpa notch maupun hole di bagian depan. Bisa di bialng ini adalah tampilan Infinity baru pertama Samsung.

Layarnya sendiri cukup lebar dengan ukuran 6,7 inci dengan kapasitas resolusi FHD+ Super AMOLED. Sangat detail dan jelas sehingga sangat nyaman untuk menonton video hingga bermain game. Bertambah seru dengan penyematan teknologi audio Dolby Atmos.

Tidak sampai di situ, output audio ini akan bergerak 360 derajat saat menggunakan earphone maupun Bluetooth speakers. Artinya, suara yang dihasilkan akan mengikuti posisi perangkat. Sehingga kualitas suaranya tidak akan berubah, baik digunakan secara vertical maupun horizontal.

Untuk performa, Samsung Galaxy A80 sudah ditenagai prosesor Snapdragon 730 terbaru. Prosesor ini akan di sokong RAM 8GB plus memori internal 128GB. Sangat cocok pengguna yang aktif maupun yang butuh hp gaming.

Dari segi sumber daya, Samsung Galaxy A80 ditenagai baterai berkapasitas 3.700 mAh dan dilengkapi Super-Fast Charging 25W. Cukup besar dan irit, karena sudah dilengkapi fitur Adaptive Power Saving yang membuat baterai sangat efisien sesuai yang dibutuhkan. Selain itu, masih ada fitur-fitur canggih lain yang ada di hp ini. Sebut saja speerti fitur Intelligent Performance Enhancer, Bixby Routines, Samsung Knox, Samsung Pass hingga fitur on screen fingerprint.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 9
Ukuran Layar 6.7 inch
Screen Resolution 2400 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 730
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 48 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, TOF 3D Camera MP
Resolusi Kamera Depan 48 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Harga ASUS Zenfone 6 vs Samsung Galaxy A80

Harga ASUS Zenfone 6 dengan RAM 6GB dan memori internal 64GB dibanderol 499 euro atau sekitar Rp7,9 juta. Lalu untuk versi RAM 6GB dan ROM 128GB dipasarkan dengan harga 559 euro atau sekitar Rp8,9 juta. Sedangkan Zenfone 6 varian RAM 8GB dan ROM 256GB dijual dengan harga 599 euro atau sekitar Rp9,5 juta.

Lalu berapa harga Samsung Galaxy A80? Sayangnya, pihak Samsung masih menutup rapat harga Samsung Galaxy A80. Meski demikian beberapa menyebutkan jika harga Samsung Galaxy A80 diperkirakan berada di kisaran 45,990 rupee atau sekitar Rp9,5 jutaan.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.