Diperbaharui Pada Selasa, 5 Jun 2018 | 13:45

Perbedaan Spesifikasi ASUS ROG Phone vs Xiaomi Black Shark


ASUS resmi memperkenalkan hp gaming dalam model ROG Phone di event tahunan Computex 2018. Kehadiran ROG Phone ini di gadang akan menjadi pesaing kuat Xiaomi Black Shark yang juga sama-sama fokus pada gaming. Tidak main-main, ASUS ROG Phone meluncur dengan spesifikasi dewa yang akan melibas semua genre game.

Hal yang sama juga ditemukan pada Xiaomi Black Shark yang dibekali spesifikasi bertenaga. Keduanya sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 845, RAM 8GB hingga layar full view untuk kenyamanan bermain.

Meski demikian, terdapat pula beberapa perbedaan yang ada diantara keduanya. Perbedaan ini tentu bertujuan untuk memberi daya tarik tersendiri dari masing-masing vendor. Namun yang pasti, keduanya diklaim menjadi hp gaming terbaik yang memang ditujukan untuk para gamer yang gemar memainkan game online maupun game offline.

Untuk lebih jelasnya, berikut persamaan dan perbedaan spesifikasi ASUS ROG Phone dan Xiaomi Black Shark.

Desain


Dari sisi desain Asus masih mempertahankan ciri khas seri Zenfone. Asus ROG Phone tetap tampil elegan dengan bodi yang sedikit tebal efek baterai yang besar. Bodinya berlapis kaca, baik pada area depan maupun belakang. Di bagian atas dan bawah layar juga sudah tersedia speaker stereo. Di area belakang terdapang lubang ventilasi dan desain khas ROG series yang nyaman ditangan.

Sementara Xiaomi Black Shark memiliki bentuk desain dengan sudut membulat. Bagian depan bawahnya terdapat sensor fingerprint yang juga berfungsi sebagai menu shortcut. Bagian belakang Black Shark terdapat dual kamera dengan flash led.

Bentuknya sendiri terkesan solid sebagai hp gaming dengan aksen yang biasa dilihat pada perangkat gaming lain. Bagian belakang ini memang terlihat agak tebal dan cembung yang memang difungsikan agar kompatibel dengan aksesoris gaming.

Layar


Ini yang membedakan antara keduanya, dimana ASUS ROG Phone sudah menggunakan layar berukuran 6 inch dengan resfresh rate 90Hz. Kelebihannya gerakan objek di layar akan terlihat lebih halus.

Apalagi layar ini akan disokong teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 pixel. ASUS juga memproteksi layar ROG Phone dengan Corning Gorilla Glass, namun masih belum diketahui jenis Gorilla Glass yang digunakan.

Sedangkan layar Xiaomi Black Shark hanya berjenis IPS dengan bentang seluas 5.99 inch. Untuk resolusinya juga sudah FullHD+ 1080 x 2160 pixel plus aspek rasio 18:9. Berbeda dengan ASUS ROG Phone, resfresh rate di layar Black Shark sendiri hanya 60Hz. Namun tidak ada informasi mengenai proteksi layarnya. 

Kamera

Meski dikhususkan sebagai hp gaming, namun ASUS tetap mempertahankan fitur yang kini banyak digandrungi yaitu dual kamera. ROG Phone sendiri mengandalkan dual kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 8MP.

Mengenai detailnya memang belum ada informasi lebih lanjut, yang pasti kamera ini didukung fitur phase detection autofocus dan LED flash. Untuk kamera depannya masih menggunakan sensor 8MP.

Sementara kamera Xiaomi Black Shark juga mengusung dual kamera belakang. Bahkan konfigurasinya jauh lebih memikat dengan penggabungan sensor 12MP + 20MP. Untuk sensor 12MP ini di dukung aperture f/1.8 dan sensor size 1.25µm.

Lalu sensor 20MP mememiliki aperture f/1.8, sensor size 1.0µm, 2x optical zoom, dual pixel phase detection autofocus, dan dual-LED dual-tone flash. Sedangkan kamera depannya juga gahar dengan penggunaan sensor 20MP, aperture f/2.2, sensor size 1.0µm yang bisa merekam video FullHD 1080p.

Performa


ASUS ROG Phone tentu dibekali dengan jeroan kelas atas. Prosesornya menggunakan Snapdragon 845 yang memiliki kecepatan 2,8 Ghz dan teknologi 64-bit. Grafisnya adalah Adreno 630 yang akan di sokong memori RAM 8GB.

Dari hasil benchmark Antutu, hp gaming terbaik ini mendapatkan skor diatas 300.000. Untuk ruang penyimpanannya, ASUS ROG Phone menyediakan 2 opsi, yaitu ROM 128GB dan 512GB.

Xiaomi Black Shark juga sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 845, Adreno 630 dan memori RAM 8GB dengan ROM 128GB. Hanya saja, berdasarkan hasil benchmark Antutu skor yang dihasil berada di kisaran 270.000 lebih. 

Baterai


Fitur unggulan lain dalam ASUS ROG Phone ada pada baterai berkapasitas 4000mAh yang diklaim bisa digunakan selama 3 hari. Untuk penggunaan gaming online yang terkoneksi menggunakan wifi diklain bisa bertahan selama 7 jam. Pengisian ulangnya juga  sudah di dukung teknologi fast charging 20W (Quick Charge 4+).

Xiaomi Black Shark juga ditenagai baterai berkapasitas 4000mAh. Baterai ini juga akan di dukung pengisian ulang cepat  dengan teknologi fast charging 9V/2A (Quick Charge 3.0). Dari hasil review beberapa sumber, baterai Xiaomi Black Shark ini bertahan antara 4 jam hingga 5 jam ketika digunakan memainkan game.

Fitur Lain


ASUS menghadirkan 3 zona sentuhan ultrasonic. Satu ada di samping untuk mengaktifkan Mode X yang akan mengoptimalkan performa gaming. Mode ini juga berguna untuk mengaktifkan kipas tambahan. Ada juga dua zone lainnya yang ada di pojok mode landscape. Hal ini berguna sebagai tombol tambahan saat hape digunakan bermain.

Untuk memudahkan pengguna, Xiaomi menyediakan fitur Shark key yang berfungsi sebagai menu shortcut ke modus gaming. Di dalam modus ini, pengguna akan melihat game-game yang ditampilkan secara horizontal. Dalam mode Shark, pengguna juga bisa akses ke Dock bar untuk melihat beban sumber daya prosesor dan grafis serta beberapa keistimewaan dari fungsi lain.

Aksesoris


Asus juga merilis beberapa aksesoris gaming untuk seri ROG Phone ini. Misalnya Cooler AeroActive dan kontroler Gamevice yang menempel di kedua sisi ponsel. Ada juga Dock WiGig untuk streaming game ke layar besar melalui koneksi wifi. Lalu tersedia Dock TwinView, yang memiliki desain clamshell dan sebuah layar 6 inch. Aksesori ini juga memiliki baterai 6000mAh sendiri.

Sementara Xiaomi Black Shark dibekali sebuah gamepad yang memudahkan saat bermain. Gamepad ini terkoneksi melalui bluetooth dan sudah mendukung game-game Android yang mendukung OTA.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan USB
ASUS ROG Phone ZS600KL 128GB belum ada harga 6 inch Snapdragon 845 8.1 8 GB 128 GB Adreno 630 12 MP 8 MP 8 MP microUSB, Type-C
Black Shark 1 RAM 8GB ROM 128GB belum ada harga 5.99 inch SDM845 Snapdragon 845 8 8 GB 128 GB Adreno 630 12 MP 20 MP 20 MP Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Itulah beberapa kesamaan dan perbedaan antara ASUS ROG Phone dan Xiaomi Black Shark. Keduanya bisa menjadi pilihan sebagai hp gaming terbaik, karena telah dibekali dengan spesifikasi mumpuni. 

Content Writter

2455 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.