Diperbaharui pada Senin, 25 September 2017 | 15:08

Tarung Hp Dual Kamera: Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus

Beberapa hari lalu, Xiaomi memboyong produk anyar yang sudah ditunggu-tunggu banyak fans-nya. Produk ini adalah Xiaomi Mi A1 (5X), hp berbasis Android One yang pertama kali meluncur di India. Sasar pengguna di kalangan menengah, hp ini membawa banyak perubahan ketimbang perangkat Android One yang sebelumnya beredar di pasaran.

Bersamaan dengan Xiaomi Mi A1 rilis di Indonesia, Lenovo juga memboyong produk Moto G5S Plus dengan harga jual setara. Hp ini membawa sederet fitur dan spesifikasi bersaing, seperti penggunaan stock Android dan memasang konfigurasi kamera. Lantas, manakah yang terbaik antara Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1? Yuk, simak komparasinya berikut!

Desain

Build quality pada sebuah hp menjadi nilai utama dari konsumen untuk memutuskan membelinya. Hal ini dipahami oleh kedua brand, Xiaomi dan Lenovo, yang menawarkan desain solid pada kedua produknya tersebut. Keduanya mengusung desain modern dengan konsep unibody yang sangat nyaman di genggam.

Untuk Moto G5S Plus, konsep desain dari hp ini hampir mirip dengan seri lama Moto G5 dan G5 Plus edisi lama. Ia mengusung bodi berbahan polycarbonate dengan penggunaan material aluminum pada back cover. Memiliki dimensi bodi berukuran 150.2 x 74 x 7.7 mm dengan berat 155 gram, bodi hp ini pun dilapisi nano coating sehingga tahan terhadap cipratan air.

Lanjut ke pesaingnya, Xiaomi Mi A1 memiliki konsep berbeda dengan hp Xiaomi keluaran sebelumnya. Namun, rupa dari Xiaomi Mi A1 terlihat sangat mirip dengan desain yang dimiliki iPhone yang juga diadopsi oleh hp merek lain seperti OPPO R11 dan OnePlus 5. Soal dimensi, fisik dari Xiaomi Mi A1 memiliki ukuran 155.4 x 75.8 x 7.3 mm dengan berat 165 gram.

Sama-sama nyaman digenggam, perbedaan mencolok pada kedua hp ini terletak pada penempatan sensor sidik jari. Pada Moto G5S Plus, kamu bisa menemukan sensor tersebut pada bagian depan bawah layar. Sementara itu, Xiaomi Mi A1 menempatkan sensor sidik jari pada bagian belakang bodi bawah kamera.

Layar

Kedua hp ini membawa panel berukuran sama, yakni 5,5 inch. Begitu pula dengan kualitas yang dihadirkannya karena Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1 memasang resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Perbedaannya, Moto G5S Plus menggunakan panel IPS standar, sementara Xiaomi Mi A1 menggunakan panel Low-Temperature PolySilicon (LTPS) LCD yang diklaim hemat daya namun mampu hasilkan tingkat kerapatan piksel lebih tinggi.

Hardware

Selain mengusung ukuran layar yang sama, kedua hp terbaru ini membawa konfigurasi hardware yang sama. Keduanya datang dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU Adreno 506, RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Soal kemampuan, kedua hp menawarkan performa yang setara. Keduanya, sanggup dipakai untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat dengan lancar, namun tetap hemat daya. Selain itu, kedua hp ini juga mendukung slot microSD untuk memperluas memori internal, namun Moto G5S Plus dilengkapi slot microSD tunggal sedangkan Xiaomi Mi A1 hanya disertai slot hybrid yang mengharuskan mengatur penggunaan kartu SIM.

Stock Android Nougat

Kedua hp menawarkan keunggulan dari penggunaan stock Android yang memungkinkan kamu merasakan performa dan fitur-fitur asli bawaan Android tanpa adanya modifikasi, misalnya split-screen view bahkan tambahan fitur Google Assistant. Sementara itu, Lenovo mengklaim bahwa Moto G5S Plus akan segera mendapatkan update ke OS Android 8.0 Oreo, sedangkan Xiaomi Mi A1 yang didukung penuh oleh Google diklaim akan mendapatkan prioritas update OS secara berkala selama 3 tahun.

Kamera

Sama-sama memiliki konfigurasi dual kamera, Moto G5S Plus memasang sensor RGB 12 MP dan sensor monokrom 12 MP. Berkat penggunaan sensor tersebut, hp ini mampu menangkap gambar dengan efek bokeh, termasuk ideal untuk dipakai memotret dalam kondisi cahaya minim berkat penggunaan bukaan lensa besar di angka f/1.7.

Di lain sisi, Xiaomi Mi A1 memasang sensor 12 MP (26mm, f/2.2) dan 12 MP 50mm, f/2.6 yang dilengkapi dengan kemampuan optical zoom hingga 2 kali, serta mampu hasilkan foto bokeh melalui penggunaan fitur portrait mode yang mirip seperti fitur milik iPhone 7 Plus. Lanjut ke bagian depannya, kedua hp dilengkapi kamera 5 MP yang sama-sama bisa dipakai untuk berfoto selfie dan merekam video beresolusi full HD 1080p.

Baterai dan Konektivitas

Selain menggunakan tipe chipset yang sama, kedua hp ini dilengkapi dengan kapasitas baterai yang tidak jauh berbeda. Moto G5 Plus datang dengan baterai berkapasitas 3000 mAh. Sementara Xiaomi Mi A1 memiliki baterai sedikit lebih besar, 3.080 mAh, dimana perbedaan ini tidak terlalu mencolok mengenai ketahanannya. Di sektor konektivitas, terdapat perbedaan signifikan. Moto G5 Plus hanya dilengkapi port microUSB 2.0 biasa, sedangkan Xiaomi Mi A1 sudah ditunjang dengan USB Type-C.

Kedua hp ini, dijual dengan bandrol Rp3 jutaan. Sama-sama unggulkan penggunaan stock Android dan dual kamera, perbedaan dari hp ini terletak pada penggunaan slot hybrid pada Xiaomi Mi A1 sedangkan Moto G5 Plus menawarkan dua buah slot SIM card dan satu buah slot microSD. Nah, dari kedua hp diatas, produk mana yang kamu pilih? Pastikan kamu mencari penawaran harga terbaik melalui Pricebook, ya!

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Xiaomi Mi A1 64GB Rp 2.150.000 5.5 inch Snapdragon 625 7.1.2 4 GB 64 GB Adreno 506 12 MP 3080 mAh
Motorola Moto G5S Plus RAM 4GB ROM 32GB belum ada harga 5.5 inch MSM8953 Snapdragon 625 7.1 Up to 8.0 4 GB 32 GB Adreno 506 13 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:

Samsung Galaxy Note8 vs LG V30, Dua Flagship Layar Besar

Infinix Note 4 VS Note 3, Adu HP Layar Besar dengan Baterai Jumbo

Samsung Galaxy Note 8 VS Galaxy Note 7, Sudah Sesuai Harapan?

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts