Diperbaharui pada Kamis, 6 Juli 2017 | 10:20

Kredit Hape Lebih Untung Pakai Kartu Kredit (CC) atau Multifinance?

Perusahaan multifinance menyediakan layanan kredit hape tanpa kartu kredit dengan tawaran bungan dan DP yang bervariasi untuk merebut hati konsumen.

Membeli smartphone dengan cicilan kartu kredit memang sudah marak dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi beberapa tahun terakhir muncul beberapa perusahaan multifinance yang turut menyediakan jasa kredit hape tanpa kartu kredit. Jasa kredit hape model ini juga sukses merebut hati pembeli dengan bunga dan DP yang bermacam-macam.

Lantas diantara kedua metode kredit tersebut, yang manakah yang sebenarnya lebih menguntungkan? Berikut pricebook paparkan perbandingan keduanya secara komprehensif hanya untuk Anda!

Kredit Hape dengan Kartu Kredit (CC)

Gerai ponsel yang menawarkan kredit hape pakai kartu kredit bisa Anda jumpai dengan mudah dimana-mana. Banyak dari mereka yang sudah berani menawarkan program cicilan 0%. Oleh karena itu Anda cukup mencari tulisan “cicilan 0%” jika ingin mencari gerai handphone yang mendukung cara pembayaran ini.

Tenor cicilan dengan kartu kredit umumnya bisa Anda tentukan hingga mencapai 24 bulan. Pembayaran dengan bunga 0% ini juga biasanya diiringi dengan beberapa promo menarik seperti gratis tongsis atau headset. Meskipun begitu beberapa Bank masih menerapkan surcharge sebesar 3% dari merchant gadget yang ikut terbeli. Jadi Anda harus benar-benar memastikan besaran kredit yang harus Anda bayarkan sebelum meninggalkan gerai tersebut.

Jangan malas untuk menghubungi call center penyedia kartu kredit Anda untuk memastikan transaksi yang akan mengurani limit kartu kredit Anda ini. Keuntungan lain apabila Anda memilih kredit hape dengan CC bisa dilakukan secara online maupun offline. Hal ini tentu cukup memudahkan apabila Anda memiliki mobilitas yang tinggi. Sayangnya bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, opsi ini akan lebih sulit mengingat Anda perlu membuat kartu kredit terlebih dahulu.

Proses pembuatan kartu kredit sendiri berbeda-beda jangka waktunya dan beberapa Bank masih menerapkan syarat yang cukup berbelit sebelum Anda dapat memiliki kartu kredit. Akan tetapi jika Anda memang sudah cukup lama menggunakan CC, tidak ada salahnya memilih kredit hap dengan metode ini.

Kredit Hape via Multifinance

Beberapa gerai ponsel juga telah bekerjasama dengan lembaga pembiayaan terpercaya untuk menghadirkan fasilitas kredit hape tanpa kartu kredit. Opsi ini sangat sering menjadi rujukan terutama bagi mereka yang belum memutuskan untuk memiliki kartu kredit. Pasalnya persyaratan dokumen yang diminta lebih sedikit dan lebih mudah. Cukup berikan fotokopi KTP, KK dan slip gaji, maka Anda sudah bisa membawa pulang ponsel tersebut hari itu juga.

Bunga cicilan yang perlu dibayarkan memang tidak cukup murah. Biasanya bunga tersebut berada pada kisaran 2-5%, sementara DP yang harus dibayarkan umumnya berada pada kisaran 20-30%. Meskipun begitu metode pembayaran ini tetap banyak dipilih orang-orang karena tidak memerlukan jaminan apa-apa dan proses pengajuannya yang cepat.

Adapun hal penting yang perlu Anda perhatikan dari metode pembayaran ini ialah pihak leasing berhak menarik barang yang Anda cicil apabila kredit Anda macet. Perlu diketahui juga bahwa kerdit via multifinance umumnya hanya memperbolehkan tenor paling lama 18 bulan. Maka dari itu tak perlu heran apabila besar kredit perbulan yang harus Anda bayarkan akan lebih tinggi dibandingkan kredit barang serupa menggunakan kartu kredit.

Simulasi


Misalkan Anda membeli smartphone dengan harga Rp4,2 juta. Maka apabila Anda menggunakan kartu kredit cicilan 0% dengan tenor 12 bulan kalkulasinya menjadi:

Rp4.200.000 : 12 = Rp350.000 per bulan.

Sementara apabila Anda membeli smartphone serupa lewat kredit serupa yang disediakan multifinance dengan bunga 2.5% per bulan dan DP Rp500.000,-, maka cicilan perbulannya menjadi:

Rp4.200.000 – Rp500.000 = Rp3.700.000

Rp3.700.000 : 12 = Rp308.333

Rp308.333 + (2.5% x Rp308.333) = Rp316.041 per bulan.

Dari contoh diatas terlihat bahwa kredit hape melalui sistem leasing yang disediakan oleh perusahaan multifinance belum tentu lebih mahal dalam hal pembiayaan kredit perbulannya. Memang apabila kita tambahkan DP tetap akan terlihat jelas bahwa kredit ini akan merogoh kocek Anda lebih dalam. Akan tetapi jika Anda kesulitan menyanggupi besaran kredit bulanan CC atau kesulitan membuat CC, maka metode pembayaran ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Di sisi lain apabila Anda sudah memiliki kartu kredit, opsi kredit hape tanpa kartu kredit ini juga perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya limit kartu kredit Anda pasti berkurang secara cukup signifikan apabila Anda sedang menjalankan kredit CC untuk smartphone baru Anda. Jadi silahkan pikirkan matang-matang sebelum menentukan jenis kredit yang akan Anda pilih. Pilihlah kredit hape yang paling mudah untuk Anda selesaikan dalam jangka waktu setahun kedepan. Jangan sampai kredit hape yang dipilih malah memberatkan Anda hingga kredit macet dan merugikan di masa yang akan datang.

Baca juga artikel :
Kredit Hape Android Sejutaan Terbaik Tanpa Kartu Kredit di Elevenia 
Kredit Hape di ITC Cempaka Mas Tanpa Kartu Kredit Bisa Lewat 10 Toko Ini 
Beli Hape ASUS Zenfone Zoom S, Cicilan 0% dan Gratis SanDisk Wireless USB 32GB 
Like us!
Arief Ardiansyah

Contributor

19 Posts