Diperbaharui pada Senin, 5 Oktober 2015 | 22:10

Adu Spesifikasi Smartphone Nexus 5X Versus OnePlus 2

Google dan LG baru saja merilis sebuah smartphone baru yakni Nexus 5X. LG berhasil menghadirkan banyak pembaharuan yang membuat smartphone ini berbeda jauh dengan seri sebelumnya. LG bahkan menghadirkan mesin dan kamera baru sehingga mumpuni untuk bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Lalu, bagaimana bila smartphone Nexus ini disandingkan dengan smartphone OnePlus 2? Mengapa OnePlus 2? Karena smartphone ini disebut-sebut sebagai smartphone alternative untuk kelas premium. OnePlus 2 juga dibekali banyak fitur menarik. Maka cukup sepadan bila Nexus 5X dan OnePlus 2 dibandingkan.

Desain

Nexus 5X hadir dengan desain yang mewah dan cukup besar. Sekilas desain ini tampak premium dibandingkan generasi Nexus lama. Sayangnya, desain ini hanya dibekali bodi plastik saja dan rangka metal. Dibagian bodi belakang terpasang sensor sidik jari.  

OnePlus 2 juga tak kalah menarik di sisi ini. Tampak wajahnya terlihat premium karena dibungkus material aluminium. Secara dimensi, OnePlus 2 hadir lebih besar sehingga untuk penggunaan harian sepertinya Nexus 5X lebih nyaman karena dimensinya lebih ringkas.

Layar

Nexus 5X menggunakan layar berukuran 5,2 inci dengan teknologi IPS dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. LG dan Google juga membekali layar ini dengan Gorillas Glass 3.

Sementara itu, OnePlus 2 hadir dengan layar lebih besar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Sayangnya, layar ini memiliki jumlah pixels per inci lebih sedikit. Namun, secara haris besar layar kedua perangkat tak berbeda jauh.

Hardware

Nexus 5X dan OnePlus 2 sama-sama menggunakan USB type C

Nexus 5X hadir dengan mesin tangguh Snapdragon 808 yang sama dengan LG G4. LG sudah mengkonfirmasi pihak Qualcomm bahwa seri 808 merupakan prosesor yang tepat saat ini, apalagi LG menggunakan RAM 3 GB dan memori internal pilihan 16 dan 32 GB.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Nexus 5x dan 6P Tidak Punya Wireless Charging

OnePlus 2 menggunakan mesin Octa-core chipset Qualcomm Snapdragon 810. Prosesor ini akan disokong RAM 4 GB. OnePlus mengklaim prosesor ini tidak akan mudah overheating. Terdapat pilihan memori 32 dan 64 GB.

Sistem operasi

Nexus 5X unggul pada bagian ini dengan dibekali sistem paling baru yakni Android 6.0 Marshmallow. OnePlus 2 dibekali sistem Android 5.1 Lollipop dan belum ada kejelasan apakah ponsel ini nantinya akan update ke Android 6.0 Marshmallow.

Kamera

Kamera pada OnePlus 2

Nexus 5X dibekali kamera utam 12,3 MP dan kamera selfie 5 MP. OnePlus 2 sendiri menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5MP. Tentunya siapa yang paling unggul harus terlebih dahulu dibuktikan dengan adanya hasil kamera.

Kesimpulan

Nexus 5X unggul dengan desain premium dan sistem Android yang lebih update. Sementara itu, OnePlus 2 lebih unggul dengan kamera utama dan kapasitas baterai yang lebih besar. Namun, secara keseluruhan Nexus 5X hadir dengan kemampuan dan harga yang sebanding. Untuk melihat perbandingan spesifikasi lebih lengkap bisa klik disini.

Baca juga artikel

Perlukah 8 Fitur Ini Ada di Google Nexus 5x?

OnePlus 2 Mendapat Update OxygenOS 2.0.2

Mana yang Kamu Pilih, OnePlus 2 atau Nexus 6?

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts