Diperbaharui pada Selasa, 9 Juni 2020 | 19:25

Samsung Galaxy Z Flip vs Motorola Razr

Galaxy Z Flip vs Motorola Razr

Teknologi ponsel kini telah menghadirkan tren baru yang bernama foldable phone atau ponsel layar lipat. Saat ini sendiri Samsung telah mengeluarkan produk ponsel layar lipatnya bernama Galaxy Z Flip.

Tak mau kalah dengan Samsung, Motorola pun berhasil mengeluarkan Motorola Razr 2019. Pertanyaannya seperti apakah spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr 2019?

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, Anda bisa menyimak perbandingan harga dan juga spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip dengan Motorola Razr di bawah ini!

Harga Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr 2019

harga samsung galaxy vs razr phone

Samsung Galaxy Z Flip hadir dengan desain lipatar vertikalnya. Pihak Samsung mengklaim bahwa ponsel ini cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi namun tidak suka ribet.

Galaxy Z Flip sendiri resmi dirilis di Indonesia dengan harga jual sekitar Rp 21,8 juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan ponsel lipat terbaru dengan bahan kaca dan dukungan engsel tersembunyi.

Lantas, bagaimana dengan harga Motorola Razr? Motorola Razr 2019 hadir dengan harga sekitar Rp 21 jutaan. Meski terbilang relatif mahal, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang sama sekali bagai penggemar ponsel keluaran Motorola.

Desain Bodi Flip dan Teknologi Tampilan Layar

desain z flip vs razr

Perlu Anda ketahui bahwa Galaxy Z Flip dan Motorola Razr adalah ponsel lipat dari jenis clamshell. Hal tersebut berarti memungkinkan dalam membuka layar ke panel vertical. Galaxy Z Flip sendiri hadir dengan mekanisme engsel yang lebih fleksibel.

Terdapat pula sikat mikro yang berfungsi dalam mencegah puing-puing keluar dari gigi. Hanya saja terdapat lipatan permanen pada layar. Sedangkan pada Motorola Razr, hadir dengan desain angsel yang lebih baik dengan bentuk tampilan yang mencegah panel membuat lipatan.

Anda bisa membuat lipatan tersebut terbuka secara penuh ataupun tertutup sepenuhnya. Untuk ukurannya sendiri Galaxy Z Flip hadir dengan layar FHD + Dynamic AMOLED 6,7 inci yang membuatnya tampak cerah dan bersemangat.

Sementara Motorola memiliki layar OLED 6,2 inci. Jika dilihat kedua ponsel tersebut sama-sama terlihat ramping. Hanya saja desain mereka cukuplah berbeda. Galaxy Z Flip dibuat dari kaca dan logam premium disekitarnya.

Memiliki layar yang cukup mungil dengan dual kamera utama yang menampilkan notifikasi. Saat Galaxy Z Flip dibuka, akan terlihat seperti ponsel premium dengan bezel sempit yang ada disekelilingnya serta guntingan lubang punch untuk selfie.

Lalu, bagaimana dengan Motorola Razr? Motorola Razr terlihat memiliki desain lama Razr yang cukup klasik dengan panel belakang terbuat dai plastik.

Spesifikasi dan Teknologi Ponsel

z flip vs razr

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip hadir dengan chipset Snapdragon 855 Plus dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB.

Ponsel ini berjalan pada One UI 2.0 berdasarkan Android 10. Terdapat pula sensor sidik jari yang berada pada bawah tombol daya yang berkapasitas 3.300 mAh dan fitur fast charging 25 W.

Tentu saja kinerja Galaxy Z Flip lebih baik dan lebih tahan lama ketimbang Motorola yang hanya mengusung teknologi Snapdragon 710. Motorola sendiri hanya memiliki RAM sebesar 6 GB dan ROM 128 GB dengan sistem Android 9 Pie.

Untuk baterainya sendiri sebesar 2.510 mAh yang bisa Anda pakai dengan dukungan pengisian daya cepat sebesar 15 W.

Teknologi dan Fitur Kamera

Motorola Razr vs Galaxy Z flip

Spesifikasi Motorola Razr hadir dengan kamera tunggal belakang 16 MP f/1.7 yang sudah diaktifkan 4K. Dengan kamera tersebut Anda dapat mengambil gambar dengan baik. Terdapat pula kamera depan di layar bagian dalam dengan resolusi 5 MP.

Sementara spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip hadir dengan dua kamera belakang sebesar 12 MP f/1.8 dan 12 MP lensa ultrawide f/2.2 dengan 10 MP pada kamera depan.

Kedua ponsel ini sendiri menyediakan fitur yang sama yakni dengan adanya pengaturan kamera utama yang bisa digunakan foto selfie saat telepon ditutup. Akan tetapi memang yang paling utama adalah mengambil foto saat kamera terbuka.

Tak hanya itu saja, masih ada persamaan lainnya yakni sama-sama memiliki kamera depan yang lebih kecil pada bagian atas layar internal yang bisa digunakan untuk video chatting atau mengambil selfie saat layar terbuka.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

Motorola Z Flip

Dari spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip ternyata terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya masing masing. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangannya:

1. Desain lipat yang menarik

Samsung Galaxy Z Flip menawarkan ponsel layar lipat yang memungkinkan ukuran perangkat menjadi lebih praktis, terutama saat dimasukkan ke dalam saku.

Dengan dimensi 167,3 x 73,6 x 7,2 mm bisa berubah menjadi 87,4 x 73,6 x 17,3 mm saja. Terlebih dengan beratnya yang cukup ringan yakni 183 gram saja.

2. Kualitas kamera yang bagus

Samsung juga dibekali dengan kualitas kamera yang bagus dan terbilang hampir mirip seperti ponsel flagship lain pada umumnya.  Dengan kondisi cahaya yang baik, Samsung dapat menangkap gambar dengan tingkat ketajaman dan detail yang berkualitas.

3. Konsep dua layar

Samsung menghadirkan konsep dua layar dengan konsep layar kedua yang berfungsi sebagai notifikasi saja. Dengan begitu, Anda sebagai pengguna tidak perlu membuka tutup hanya untuk melihat notifikasi yang masuk.

4. Performa yang bagus

Dengan teknologi Snapdragon 855 Plus membuatnya memiliki performa yang cukup tinggi. Rasanya tidak perlu lagi jelaskan mengenai performa dari ponsel ini.

5. Daya baterai yang cukup

Dengan daya baterai sebesar 3.300 mAh membuatnya memiliki daya tahan yang tergolong cukup baik.

6. Layar rentan terhadap goresan

Berbicara soal kekurangan, Samsung dari Galaxy Z Flip ini terbilang cukup rentan megalami kerapuhan layar.

7. Daya tahan jangka panjang yang belum pasti

Samsung sendiri mengklaim ketahanan penggunaan buka tutup layar hingga 200 kali. Yakni dengan asumsi penggunaan dalam satu hari hanya membuka tutup sebanyak 100 kali maka dapat bertahan hingga 5 tahun lebih. 

Namun begitu, masih belum ada bukti kuat mengenai ketahanan ponsel tersebut dalam waktu yang cukup lama.

8. Harga yang terbilang mahal

Galaxy Z Flip memang tidak dikeluarkan untuk semua kalangan. Pasalnya, harga Samsung Galaxy Z Flip terbilang masih mahal. Yakni dengan kisaran harga sebesar Rp 21,8 juta. Tak hanya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Galaxy Z Flip.

Kelebihan dan Kekurangan Motorola Razr 2019

motorola Razr Phone 2019

Dari spesifikasi Motorola Razr juga memiliki hal yang serupa. Di bawah ini merupakan kelebihan dan juga kekurangannya:

1. Desainnya yang begitu ikonis pada masanya

Motorola Razr memiliki desain yang cukup ikonis pada masanya. Dengan desain yang tipis, ringkas, namun tetap stylish. Saat digunakan pun cukup mudah untuk dioperasikan.

2. Memiliki dua layar yang unik

Tersedia dua layar dengan ukuran yang berbeda. Layar pertama memiliki panel OLED dengan ukuran 6,2 inci sedangkan layar kedua 2,7 inci dengan panel OLED yang dilapisi kaca.

3. Memiliki lipatan yang mulus

Jika membandingkannya dengan ponsel layar lioat sekarang, terkadang memiliki engsel yang tidak awet dan rentan rusak. Namun Motorola seakan berhasil membuat lipatan pada ponsel dengan mulus-mulus saja.

4. Kapasitas baterai kecil

Soal kekurangan terdapat pada sisi baterainya yang cukup kecil. Yakni hanya sebesar 2.510 mAh saja. Tentu Anda perlu mengisikan ulang baterai setiap harinya atau mungkin lebih dari sekali pengisian dalam sehari.

5. Fitur kamera yang biasa saja

Jika dibandingkan dengan Samsung, Motorola terbilang cukup biasa pada sisi kameranya. Yakni hanya dengan kamera utama 16 MP dan kamera depan 5 MP saja.

6. Harga yang tinggi

Jika dilihat dari spesifikasinya, banyak yang menilai bahwa Motorola membandrol harga yang terlalu tinggi. Yakni dengan harga Rp 21 juta.

Kesimpulan

Berdasarkan spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr 2019, Anda tentu saudah memiliki kesimpulan sendiri. Namun tampaknya, produk unggulan milik Samsung terlihatlebih baik daripada Motorola.

Jadi, manakah yang menjadi pilihan Anda? 

Dengan spesifikasi dan harga yang sudah dijelaskan di atas, tentu Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Nama RAM Memori Internal Dimensi Berat Ukuran Layar Screen Resolution Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai Detail Prosesor GPU Jumlah Kamera Belakang
Samsung Galaxy Z Flip RAM 8GB ROM 256GB 8 GB 256 GB 2636 X 1080 mm 183 g 6.7 inch 167.3 x 73.6 x 7.2 Pixel 12 MP 3300 mAh Snapdragon 855+ Adreno 640 2
Motorola RAZR 2019 RAM 6GB ROM 128GB 6 GB 128 GB 172 x 72 x 6.9 mm 205 g 6.2 inch 2142 x 876 Pixel 16 MP 2510 mAh SDM710 Snapdragon 710 Adreno 616 1
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.