Diperbaharui Pada Senin, 21 Sep 2020 | 16:29

Cara Main Among Us Biar Menang Terus, Tanpa Cheat!

Among Us, melalui permainan ini, kalian akan diperkenalkan dengan cara memfitnah yang baik dan benar. Bagaimana cara menjadi musuh dalam selimut.

Hal tersebut yang ada dipikiran Pricebook saat pertama kali mencoba game yang tiba-tiba menjadi sangat populer meluncur tahun 2018 silam.

Baru-baru ini ramai game online Among Us yang bikin penasaran banyak netizen Indonesia, bahkan sempat menjadi trending di Twitter.

Among Us adalah game tentang teamwork, sekaligus pengkhianatan. Pemain dapat berperan sebagai crewmates, atau impostor.

Crewmates merupakan peran baik, sedangkan impostor adalah peran jahat. Permainan ini dapat dimainkan oleh 4 - 10 orang secara online.

Mungkin saat ini kalian menemukan game ini dilepas secara gratis di Play Store. Sebelumnya, kalian membutuhkan 5 dolar Amerika atau sekalianr 75 ribu rupiah untuk memainkan game dengan karakter lucu ini.

Game ini tersedia di semua platform baik smartphone Android, iOS, maupun PC. Untuk PC pengguna harus membayar sekalianr Rp 39 ribuan.

Temukan Impostor atau Selesaikan Task

Seperti yang dikatakan sebelumnya, soal menjadi tukan fitnah sejati atau musuh dalam selimut. Game ini memang berbeda, para pemain harus menemukan siapa yang menjadi Impostor.

Sementara itu, para Crewmate harus menyelesaikan tugas apabila ingin menang lebih mudah. Dengan begini, Among Us memadukan kerja sama dan membuat pemainnya harus bekerja masing-masing untuk mencapai tujuan bersama.

Terdapat 3 mode permainan, yakni Lokal, Online, dan Freeplay di dalamnya. Baik Lokal maupun Online, kalian bisa membuat ruang game masing-masing jika ingin bermain bersama teman kerja atau teman belajar.

Saat pembuatan room, kalian bisa menyesuaikan berapa banyak impostor yang akan diadakan. Minimal terdapat 1 impostor dengan maksimal 2 sampai 3 impostor.

Khusus untuk Online, kalian bisa memilih room yang sudah tersedia yang bisa dilihat dari matchmaker atau list room online.

Kalian bisa mendapati room mana yang masih menyediakan slot untuk pemain tambahan. Tapi disini kalian tidak bisa mengatur keberadaan impostor, karen hanya pembuat room yang bisa mengatur.

Siapa Crewmate?

Saat masuk ke dalam game, peran kalian akan ditentukan sebagai crewmate atau impostor. Jika terpilih menjadi crewmate, tugas kalian adalah menyelesaikan semua tugas atau misi yang diberikan. Daftar misi dapat dilihat di sebelah kiri atas, dan melihat peta di sebelah kanan atas untuk melihat lokasi saat ini. Tanda seru kuning menunjukan dimana misi kalian berada.

Selain itu, crewmate juga bertugas untuk memperbaiki sabotase yang dilakukan oleh impostor, menekan tombol emergency meeting untuk berdiskusi tanpa menunggu ada teman yang mati terlebih dahulu, melaporkan orang yang sudah mati atau death body, dan menemukan semua impostor.

Emergency meeting dilakukan untuk mencari tahu siapa impostor diantara mereka. Serta melakukan vote terhadap pemain yang dicurigai sebagai impostor. Tersangka juga bisa melakukan pembelaan. Pemain yang mendapatkan vote terbanyak akan dikeluarkan dari pesawat.

Siapa Impostor?

Jika kalian berperan sebagai impostor ingin menang dan mengalahkan crewmate, tugas utamamu adalah membunuh seluruh crewmates secara diam-diam. Untuk menang, kalian harus membunuh hingga menyisakan jumlah crewmate sebanyak jumlah impostor yang hidup.

Contohnya, jika ada dua impostor yang masih hidup, maka kalian harus membunuh hingga menyisakan dua crewmates, dan jika ada satu impostor yang masih hidup, maka kalian harus menyisakan satu crewmate yang masih hidup juga.

impostor akan diberikan misi palsu atau fake task, yang harus dilakukan untuk berpura-pura mengerjakan misi. Sama halnya seperti crewmates, misi ini juga dapat dilihat di peta.

Adapun hal yang hanya bisa dilakukan oleh impostor yaitu, mereka dapat masuk lewat lubang ventilasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Impostor bisa melakukan sabotase untuk mengalihkan para crewmates. Asiknya, kalian bisa mengunci pintu untuk menjebak crewmate yang sedang memperbaiki sabotase.

MAP Among Us

Saat diperkenalkan, game ini secara bertahap mempersembahkan pilihan MAP untuk bermain. Pertama kali ada The Skeld yang biasanya jadi pilihan random pemain saat membuat room.

Tampilannya lebih banyak didominasi dengan ruang mesin yang penuh dengan perlengkapan listrik dan juga komputer.

Kemudian ada Mira HQ, MAP kedua ini lebih mirip seperti ruang kerja atau kantor fasilitas riset. Kompartemennya tak serumit MAP The Sekld, tapi lebih memudahkan impostor untuk membunuh crew, dan lebih mudah crew cepat menemukan impostor.

Pada tahun ini, Among Us resmi merilis map ketiga mereka, Polus. MAP terbaru ini lebih luas, selain memunculkan ruang kantor lengkap dengan kubikelnya, pengembang juga turut menghadirkan taman yang dihujani dengan salju.

Menariknya, di map ini kalian akan menemukan pemandangan unik sebuah kolam lava atau kolam lahar dan tempat peluncuran roket.

Di tiga map ini, kalian bisa memilih kapal luar angkasa, markas di atas langit, atau koloni baru di planet Polus.

Cara Bermain Game Among Us

Saat permainan dimulai, pemain berada di dalam sebuah pesawat dan dilarang berbicara kecuali saat ada diskusi emergency meeting, atau ada pemain mati yang ditemukan.

Pada game ini kalian akan bermain dalam satu peran saja, sebagai crewmate ataupun impostor. Kedua peran ini memiliki tugas serta misi yang berbeda.

Kalian akan diliputi rasa curiga, siapa teman yang benar-benar menyelesaikan task sementara para Impostor mencuri kesempatan untuk membunuh para Crewmate.

Enggak jarang, kalian bakal diliputi sama rasa takut jika ada orang yang mengikuti kalian tiba-tiba. Padahal, bisa saja orang tersebut hanya ingin menyelesaikan task sebagai Crewmate.

Uniknya, setiap tugas yang diberikan memuat unsur minigame dan membuatnya sangat menyenangkan ketika dilakukan.

Para Impostor juga bisa melakukan sabotage dan membuat para kru harus membetulkan elemen penting jika tidak ingin mati kehabisan oksigen atau kehilangan daya pembangkit energi.

Kalian akan dibuat hanyut menyelesaikan tugas dan berdiskusi dengan memutar otak jika mayat ditemukan.

Apakah sang pembunuh melaporkan sendiri adegan kriminalnya, atau justru dia hanya Crewmate yang ketakutan melihat anggota temannya dibunuh?

Setiap area memiliki tempat unik dan beberapa misi berbeda, meskipun beberapa pattern dari tugas yang dibebankan masih sama.

Dengan begini, kalian bisa merasakan variasi permainan ketika menjajal permainan di dalamnya.

Meski sudah mengerti cara bermainnya, belum tentu kalian dapat memenangkan permainan ini. Ada beberapa trik yang harus dilakukan untuk bisa memenangkan permainan.

Sebelum bermain, pastikan kalian paham tentang tugas dari crewmates dan juga impostor agar bisa memenangkan game Among Us ini.

Tugas Crewmates

Sebagai crewmates kalian harus pandai menyelesaikan misi yang diberikan, menuduh impostor yang tepat, serta melindungi dir agar tidak terjebak dan bahkan terbunuh.

Berikut Pricebook sedikit jelaskan tugas menjadi pemain crewmates.

1. Memahami Cara Mengerjakan Task

Untuk memenangkan permainan ini, hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang crewmates adalah memahami serta menguasai cara menyelesaikan misi atau task yang baik dan benar.

Hal ini dapat kalian pelajari melalui menu – freeplay lalu pilih map yang ingin dipelajari.

2. Jangan ke Tempat Sepi

Tips selanjutnya, kalian harus menjauhkan diri dari tempat sepi. Usahakan selalu berada bersama team yang lain, agar tetap terlindungi, dan tidak terbunuh.

Pastikan tempat menyelesaikan misi aman, dan ramai.

3. Mengingat Lokasi Team

Strategi lain yang dapat dilakukan adalah, dengan mengingat lokasi terakhir yang dikunjungi para pemain.

Hal ini dilakukan untuk bahan tuduhan saat diskusi nanti, selain itu kalian juga harus mengingat lokasi terakhir sebelum diskusi, sebagai bentuk pembelaan jika dituduh sebagai impostor.

4. Saling Percaya

Tips yang terakhir, kalian harus percaya kepada team dalam menyelesaikan misi. Dalam permainan ini, kerjasama antar pemain sangat dibutuhkan.

Tugas Impostor

Menjadi seorang impostor terbilang susah-susah gampang, pemain harus melakukan tipu daya dan berakting seolah-olah bagian dari crewmates.

Berikut ini tugas menjadi seorang pemain impostor di Among Us.

1. Berakting Menyelesaikan Misi

Untuk menang, kalian harus terus berpura-pura menjadi crewmates dengan berakting seakan sedang menjalankan misi, agar tidak menimbulkan kecurigaan pemain lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengelabuhi crewmates.

Caranya, kunjungi lokasi misi crewmates, berpura pura sedang melakukan sesuatu, hingga crewmate lainnya datang, saat crewmate datang, bunuh segera dan pastikan keadaannya sepi dan tidak ada pemain lain yang melihat.

2. Jangan Mendekati Pemain Lain

Dalam permainan ini kalian dilarang mendekati tubuh para pemain lain. Bagi pemain yang sering mendekat akan dituduh sebagai impostor.

Setelah membunuh crewmate, kalian harus segera menjauh ke tempat lain agar tidak dicurigai.

3. Lakukan Sabotase

Untuk melakukan sabotase, kalian harus mengaturnya dengan baik. Sabotase baik dilakukan saat kalian berada di peta yang sama dengan seorang crewmate.

Bila langsung melakukan sabotase di lokasi yang jauh dari crewmate, maka crewmate dengan terpaksa harus berlari jauh untuk menyelesaikannya.

4. Jangan Masuk Lewat Ventilasi

Ventilasi merupakan lubang khusus untuk berpindah tempat yang hanya dapat diakses oleh impostor. Jika tidak ada kepentingan apa pun, jangan gunakan ventilasi untuk berpindah tempat.

Jika ada crewmate yang melihat, identitas asli kalian akan terbongkar.

5. Menuduh Pemain Lain

Tips terakhir untuk menang sebagai impostor, kalian harus membangun alibi dan menuduh crewmate lain sebagai impostor.

Jangan pernah diam saat berdiskusi, hal ini akan membuat kalian terlihat bersalah, sehingga pemain lain akan menuduhmu sebagai impostor.

Sayangnya, berdasarkan pengalaman Pricebook, server Among Us sering kali mendapat gangguan. Terlebih untuk mobile yang telah dimainkan banyak orang.

Among Us mungkin bisa berkembang jadi salah satu game co-op yang sangat seru untuk banyak pemain. Terlebih, versi keduanya saat ini masih dalam pengembangan.

Ada saatnya dalam satu hari kalian akan mendapati bila matchmaker di dalam game sudah terisi penuh dan kalian harus sabar menunggu, meskipun di papan masih terlihat kurang 1 atau 2 pemain.

Masuk dalam kategori game ringan, Among Us mampu membawa pengalaman unik tapi tetap menegangkan terlebih saat bermain secara online tanpa satupun kita kenal.

Komunikasi pemain menjadi nilai yang kuat untuk bisa menang di setiap permainan, meski terkadang juga bisa menjebak. Seperti membangun komunikasi yang rusak dilanda pandemi, game ini mampu hadirkan ruang rekreasi yang sangat seru.

Game ini biasa dijuluki juga sebagai game pengkhianatan. Among Us akan lebih seru jika dimainkan bersama dengan teman-teman terdekatmu. Coba, yuk!

Contributor

148 Posts