Diperbaharui pada Senin, 25 September 2023 | 16:30

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi

Cara Scan QR Code

Cara scan barcode nampaknya menjadi hal yang perlu dipahami para pemilik ponsel pintar. Pasalnya saat ini barcode banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembayaran hingga akses masuk ke sebuah tempat. Barcode merupakan suatu kode batangan berbentuk garis tersusun yang dapat terbaca oleh mesin.

Kode ini umumnya akan di scan saat akan membayar di kasir. Dalam hal ini, kasir yang dimaksud merupakan kasir dari pasar swalayan atau supermarket besar. Biasanya, ketika barcode di-scan, maka dari alat scan akan muncul cahaya warna merah.

Pengguna Hp perlu memahami cara scan barcode dan QR code dari ponselnya. Sebab, saat ini banyak aktivitas yang menggunakan QR code seperti masuk ke sebuah tempat atau transaksi pembayaran.

Selain itu, login ke aplikasi seperti Whatsapp web juga menggunakan barcode. Dan jenis barcode atau kode batang yang sering banyak digunakan adalah QR code.

Apa QR Code atau Barcode?

Cara Scan QR Code

QR code merupakan singkatan dari Quick Response Code. QR code adalah kode batang dua dimensi yang memiliki banyak ruang penyimpanan data daripada barcode.

Kode ini juga dapat berfungsi untuk mempermudah proses penginputan barang di mesin kasir. Saat ini, teknologi mesin kasir dan juga alat untuk scan semakin canggih, kamu dapat membuat proses transaksi pembayaran di mesin kasir menjadi lebih mudah dengan menggunakan sistem POS atau Point Of Sale.

Sedangkan Barcode berfungsi sebagai penyimpanan seluruh informasi data-data spesifik tentang suatu produk atau berbagai barang yang telah mendapatkan suatu label kode bar. Data-data spesifik yang tersimpan ini diantaranya, kode produksi, tanggal kadaluarsa, serta nomor identifikasi produk.

Kode bar ini juga dapat terbaca dengan bantuan mesin yang disebut juga dengan barcode scanner. Hal ini, akan memudahkan operator dalam membaca berbagai informasi yang ada pada kode batang tanpa harus membaca nilai setiap baris pada suatu produk satu persatu, sehingga pekerjaan pun akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Pada umumnya, alasan menggunakan barcode adalah demi kenyamanan dan juga untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan suatu hal. Selain itu, kode ini juga akan memudahkan kamu untuk mendata suatu produk serta menciptakan sistem pencatatan informasi yang akurat dan cepat.

Garis yang ada pada barcode juga berfungsi untuk menciptakan tingkat ketelitian yang memiliki akurasi yang tinggi, sehingga akan membuat sistem pencatatan informasi menjadi lebih baik dan juga dapat meminimalisir kerugian.

Sistem ini juga akan memungkinkanmu untuk melakukan berbagai proses pembayaran dengan berbagai metode yang kemudian akan langsung tersinkronisasi dengan data-data yang ada serta memberikan hasil laporan analitik secara otomatis.

Beragam informasi kini menjadi sangat mudah untuk diketahui hanya dengan diinput dalam satu sistem yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan barcode ataupun QR Code. Apalagi langkah scan barcode sudah bisa dilakukan dari HP, sehingga sangat mudah diakses. Untuk melakukan scan barcode di hp, kamu bisa menggunakan aplikasi ataupun melalui browser.

Tidak hanya itu, fungsi barcode sendiri dapat memberi kemudahan dalam mengenali ataupun mengidentifikasi jenis produk. Misalnya saja mulai dari harga, kode produksi, identitas produk serta berbagai informasi lainnya tentang produk.

Jadi, QR Code sendiri sedikit berbeda jika dibandingkan dengan barcode. Pasalnya, QR Code umumnya digunakan untuk input data yang lebih luas lagi, mulai dari lokasi, email, link, dan lainnya. Namun, baik barcode atau QR Code sama-sama dapat di-scan dengan mudah melalui HP.

Cara scan barcode dan QR Code di HP Lewat Browser

Cara Scan QR Code

Cara scan barcode dan juga scan QR Code di Hp paling mudah adalah lewat browser. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi, hanya butuh membuka browser dan membuka web tertentu untuk kemudian melakukan scan QR Code.

Cara ini terbukti paling ampuh dan sering digunakan untuk Hp yang tidak bisa scan QR Code dan Barcode.

Cara scan barcode dan QR Code dengan webqr.com

Cara scan barcode dan QR Qode pertama adalah dengan metode scan QR Code dan Scan Barcode lewat browser. Anda bisa memanfaatkan beragam browser yang ada di Hp Android dan iPhone untuk menjalankan perintah ini.

  • Buka browser pada HP Android
  • Ketik https://webqr.com/ pada browser
  • Izinkan akses kamera scan barcode dan QR code
  • Taruh kamera HP ke barcode atau QR code
  • Pop up berupa informasi atau link tujuan akan muncul

Cara Scan QR Code dengan QRStuff.com

Scan QR Code dan Barcode berikutnya dengan menggunakan situs QRStuff.com yang juga menjadi salah satu situs terpercaya dan sering digunakan saat ini.

  • Buka browser dan masuk ke situs QRStuff.com
  • Tunggu beberapa saat hingga menu notifikasi muncul
  • Situs tersebut akan meminta akses kamera untuk melakukan pemindaian
  • Klik “izinkan” untuk memberikan akses pemindaian tersebut
  • Arahkan kamera ke kode QR yang hendak dipindai
  • Tunggu beberapa saat sampai pemindaian selesai.

Untuk kenyamanan dan keamanan, harap berhati-hati dengan cara ini, meski efektif namun karena open source via web bisa menjadi hal berbahaya bagi hp Android dan iPhone Anda. Selalu sertakan dan nyalakan anti virus dan malware di hp Anda.

Cara Scan QR Code dan Barcode di Hp Tanpa aplikasi

Cara Scan QR Code

Langkah berikutnya adalah Cara Scan QR Code dan Barcode di Hp Tanpa Aplikasi. Bisa kami asumsikan adalah scan barcode dan QR Code tanpa menggunakan aplikasi pihak ke 3, atau memanfaatkan bawaan seperti google dan juga kamera Hp.

Cara scan barcode dan QR Code di HP lewat Google Lens

Cara scan barcode dan QR code dengan fitur Google Lens, Kami yakini semua Hp terbaru saat ini baik Android dan juga iPhone sudah bisa memanfaatkan fitur ini.

  • Buka browser Google Chrome
  • Buka laman Google
  • Klik ikon kamera di browser Google
  • Arahkan kamera HP ke barcode dan QR code
  • Pop up berupa informasi atau link tujuan akan muncul

Cara Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Google Assistant

Kecanggihan teknologi digital kini kian memudahkan berbagai aktivitas harian. Salah satu fitur teknologi yang dapat memudahkan kita adalah fitur Google Assistant. Fitur ini bisa kamu akses dengan mudah melalui smartphone Android yang kamu miliki.

Melalui fitur Google Assistant, kalian juga dapat memindai atau scan barcode di HP. Adapun langkah mudah untuk cara scan barcode di HP melalui fitur Google Assistant, diantaranya

  • Tekan tombol Home pada ponsel Android kalian
  • Lalu, akan muncul fitur Google Assistant. Kemudian, kamu klik ikon Google Lens untuk scan barcode
  • Klik Allow untuk mengizinkan akses kamera di Google Lens
  • Setelah kamera terbuka, scan barcode dengan HP
  • Arahkan kamera pada barcode yang ingin kalian scan
  • Jika berhasil akan muncul hasil dari scan barcode

Cara scan QR Code dan barcode dengan Kamera HP

Cara Scan QR Code dengan menggunakan kamera Hp menjadi yang paling populer saat ini. Semakin berkembangnya AI, kamera Hp saat ini sudah bisa secara otomatis melakukan scanning barcode setelah diarahkan.

Khusus untuk iPhone, untuk menikmati fitur ini kami menyarankan untuk menggunakan versi iOS 11 ke atas yang sudah hadir dengan AI kamera bawaan terbaru. Cara scan QR Code di iPhone ini hadir dengan cara scan yang mudah.

  • Buka aplikasi kamera bawaan
  • Hadapkan kamera ke barcode atau QR code
  • Proses pindai barcode dan QR code berjalan
  • Tekan pemberitahuan mengenai informasi produk yang muncul Pop up berupa informasi atau link tujuan akan muncul

Demikian beberapa langkah scan barcode di HP via browser atau tanpa aplikasi yang dapat memudahkan kamu untuk mengetahui hasil scan barcode. Nah, berikut ini cara scan barcode di HP dengan menggunakan aplikasi yang populer digunakan.

Cara Scan Barcode di HP dengan Aplikasi

Cara Scan QR Code

Cara scan barcode di HP semakin mudah dengan menggunakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis. Apalagi ketika kamu mengunduh serta menginstal aplikasi tersebut tanpa harus melalui proses yang rumit.

Selain itu, hasil dari cara scan barcode di HP dengan menggunakan aplikasi dapat dibilang cukup akurat dan lebih luas. Hal ini karena nantinya hasil scan barcode dapat berupa alamat link, teks, kontak, kupon, email, lokasi, dan seterusnya.

Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Aplikasi QR & Barcode Scanner

  • Instal aplikasi QR & Barcode Scanner di Playstore
  • Buka aplikasi di smartphone kamu
  • Pilih menu pindai, maka kamera akan terbuka untuk scan barcode
  • Arahkan kamera ke barcode yang ingin kalian scan serta tunggu hingga proses scanning ini selesai
  • Jika berhasil, maka akan langsung muncul informasi mengenai kode barcode yang ingin di scan

Cara Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Aplikasi QR Code Reader

  • Instal aplikasi QR Code Reader di ponsel kalian. Lalu, buka aplikasi tersebut
  • Setelah itu, kamera untuk scan barcode akan terbuka. Kemudian, kamu arahkan kamera pada barcode yang ingin kalian scan. Jika proses sukses, maka akan dimunculkan hasil dari proses scanning suatu barcode

Scan Barcode dan juga Scan QR Code akan menjadi tren finansial paling dibutuhkan ke depan. Terlebih saat ini moda transportasi di negara kita juga sudah memanfaatkan teknologi tersebut untuk pembayaran dan juga pembelian tiket. Jadi ada baiknya jika kalian tahu cara scan QR Code dan juga cara scan Barcode agar tidak terlalu rumit kedepannya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.