Arjun Dwi Patlan
Novice Level 1
01 June 2017 - 14:09

Review Smartphone Sejuta Umat (Smartfren Andromax C)

Spesial di hari libur nasional ini tepatnya di haribrojolnya pancasila saya akan mereview smartphone yang dijuluki Smartphone sejuta umat(Pancasila) dengan harga dibawah sejuta. Siapa yang tidak mengenal Smartfren Andromax C? Ya, pasti di antara kalian ada yang pernah liat, megang, atau bahkan memilikinya. Smartfren model Andromax dengan tipe C ini sangat populer pada jaman nya, pasalnya kala itu banyak orang yang memiliki smartphone ini karena harganya yang terjangkau dengan spesifikasi mumpuni. Tapi seiring berjalannya waktu smartphone ini agak terlupakan kaya lagunya iwan fals (yang terlupakan) hehe, ya wajar saja jika terlupakan karna mungkin saat ini banyak smartphone yang lebih murah dengan spesifikasi yang lebih warbyazahh darinya. Oke walaupun terlupakan apa salah nya jika kita flashback dengan smartphone ini, oh iya by the way saya juga adalah salah satu MANTAN pengguna smartphone ini dan pada saat itu saya sangat setia karena Andromax C ini berhasil jadi teman pintar saya (Smartfren). Awalnya saya sangat sulit move on dari smartphone ini karena terlalu nyaman, tapi seiring berjalan nya waktu akhirnya saya bisa move on karna ada pengganti yang lebih baik lagi (ups jadi curhat :v). Dikhawatirkan saya makin ngawur mending langsung aja deh saya bahas topik utama saya yaitu kenangan ketika menggunakan Andromax C, oke berikut ini ialah hal hal yang akan saya bahas dari Andromax C antara lain :

A. SPESIFIKASI

B. KENANGAN TERINDAH (KELEBIHAN)

C. KENANGAN TAK INDAH (KEKURANGAN)

D. HARGA

E. KESIMPULAN

Sebelum masuk ke pembahasan alangkah baiknya saya memperkenalkan dulu Andromax C ini. Smartfren merupakan produsen smartphone asal china yang fokus merilis smartphone dengan simcard CDMA yaitu Smartfren walau begitu smartfren juga menyediakan slot SimCard untuk GSM. Ada dua generasi Smartfren Andromax C yang beredar di masyarakat yaitu Generasi 1 dan 2 perbedaannya hanya pada versi androidnya untuk generasi pertama menggunakan versi android v4.0 Ice Cream Sandwich dan untuk yang generasi kedua menggunakan versi android v4.1 Jelly Bean. Dan mantan andromax yang saya pakai yaitu Andromax C generasi kedua. untuk mempermudah dalam pemahaman kelebihan dan kekurangan Andromax C, maka kita harus mengetahui Spesifikasinya terlebih dahulu sebagai berikut :

A. SPESIFIKASI

• Desain : Candybar

• Jaringan : CDMA/ GSM

• Sim : Dual Sim (Mini Sim)

• Dimensi / Ukuran : 11mm thick

• Layar : Ukuran 4.0″ Resolusi WVGA 480 x 800 piksel

• Memori :Internal 4 GB dan RAM 512 MB

• Slot MicroSD : up to 32 GB

• Internet : EVDO Rev. A up to 3.1 Mbps, Edge

• Konektifitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dan Bluetooth v3.0

• USB : microUSB v2.0

• Kamera : Utama 2 MP, Depan tidak ada

• Sistem Operasi : Android v4.1 (Jelly Bean)

• CPU : Dual Core 1 GHz ARMv7

• Chipset : Qualcomm MSM8625

• GPU : Adreno 203

• Sensor : Accelerometer, proximity, Ambience

• GPS : A-GPS

• Fitur : Radio FM, Mp3, Mp4, Photo Editor, dll

• Baterai : Li-Ion 1420 mAh

B. KENANGAN TERINDAH (KELEBIHAN)

Selama menggebet smartphone ini banyak kenangan terindah yang ku miliki (kek judul lagu wkwk) karena saya memiliki smartphone ini cukup lama yaitu sekitar 3 taunan. Baiklah langsung aja saya ceritakan :

DESAIN CANDYBAR YANG UNIK DAN NYAMAN DI GENGGAM

Desain merupakan suatu pertimbangan yang penting dalam memilih smartphone, nah desain yang di miliki Andromax C ialah Desain yang unik dan nyaman digenggam dengan nama Candybar. Smartphone ini di desain dengan ketebalan 11mm dengan balutan besi berbentuk melengkung dipinggir bodinya sehingga smartphone ini terlihat melengkung seperti smartphone premium, Ketebalan dan ukurannya pun cukup untuk genggaman satu tangan atau untuk di taruh di dalam saku. Materialnya pun sangat kuat walaupun dari bahan plastik dengan begitu smartphone ini sangat ringan dalam pemakaiannya.

DAPUR PACU MUMPUNI DIKELASNYA

Untuk menjalankan aplikasi sesuai keinginan maka perlu di tunjang dengan dapur pacu yang mumpuni. Andromax C ini di tunjang dengan Processor Dual Core 1 GHz ARMv7 yang lumayan gahar pada rentang harga dibawah 1 juta, tidak hanya itu kemampuan processornya pun di temani dengan Ram sebesar 512 MB cukup untuk multitasking aplikasi Socmed. Untuk game ringan maupun sedang Andromax C ini sudah dibekali GPU Andreno 203 sehingga grafis tidak terasa lag sedikitpun tapi tidak untuk game tingkat berat seperti Aphalt assault, GTA, dll.

JARINGAN EVDO SUPER CEPAT

Koneksi internet ialah elemen yang sangat diperlukan pada sebuah smartphone, karena apalah artinya sebuah smartphone jika koneksi internetnya lemot. Jaringan EVDO yang tertanam pada Andromax C ini berkecepatan maksimal sampai 3.1 Mbps ya cukup lah untuk aktifitas download, game online, socmed, ataupun googling. Tapi itu pun ketika jaringan nya stabil karena kadang kala di daerah terpencil Koneksi internet Smartfren sangatlah lelet bahkan lenyap. Untuk jaringan Edge pada Andromax C sebenarnya tidak ada secara default di pengaturan tapi jika kalian ahli dalam oprekan android kalian bisa menemukan setting itu dengan bantuan aplikasi anycut.

MENAMPUNG DATA HINGGA 4GB

Jika anda ialah orang yang sering mengolah data dan menyimpannya pasti dalam memilih smartphone kapasitas memori internal sangat dipertimbangkan. Andromax C di bekali Memori Internal 4 GB yang dapat diperluas dengan bantuan slot MicroSD yang dapat di pasang dengan MicroSD berkapasitas hingga 32 GB. Pada rentang harga di bawah sejuta kapasitas tersebut terbilang cukup. Oh iya pengalamanku pada saat menyimpan data pada memori internal ini hanya bisa di isi sampai 1 GB, ternyata 3 GB nya lagi digunakan untuk sistem dan menginstal aplikasi. Tapi walaupun 1 GB untungnya saya masih bisa menutup kekurangan itu dengan mengisi Slot MicroSD

USER INTERFACE MUDAH DI MODIF DAN KETERSEDIAANNYA SANGAT BERAGAM

Mungkin salah satu dari kalian memilih Smartphone karna mudah dioprek atau di custom rom, nah untuk memenuhi keinginan tersebut maka smartphone haruslah di root terlebih dahulu walaupun tindakan tersebut bersifat ilegal dan dapat menghanguskan garansi smartphone. Tapi untuk kesenangan dan kelancaran menggunakan smartphone banyak orang melakukan rooting ini termasuk saya. Pengalaman saya menggunakan Andromax C ini tidak pernah bosan karena saya bisa merubah custom rom Andromax C sesuka hati, dan ketersediaan Custom rom nya pun sangat beragam yang beredar di internet. Bahkan dengan rooting saya bisa menambahkan fitur tambahan pada Andromax C ini. Untuk kalian yang tidak mengerti rooting atau oprekan android mohon abaikan kelebihan ini hehe

Itulah kenangan kenangan terindah saya saat menggunakan Andromax C tapi selain itu masih ada kelebihan lain yang saya suka dari Andromax C ini mulai dari Dual Sim CDMA/GSM, layar 4 inch, OS Jelly Bean, dan sebagainya.

C. KENANGAN TAK INDAH (KEKURANGAN)

Untuk memaparkan kekurangan Andromax C ini mungkin saya hanya akan menyebutkan poin poin nya saja karena ada pepatah mengatakan "kita tidak boleh mengungkapkan aib sendiri maupun orang lain" wkwk. Oke langsung sajalah cekidot :

• Slot CDMA hanya bisa diisi dengan kartu Smartfren

• Jaringan smartfren sulit di jangkau di daerah terpencil

• Kualitas kamera yang hanya sebesar 2 MP  dan rentan terhadap noise

• Tidak terdapat kamera depan

• Tidak dilengkapi Flash pada kamera utama

• Koneksi internet pada slot GSM hanya sebatas Edge

• Kapasitas baterai kurang besar

Itulah kekurangan yang terdapat pada Andromax C tapi kekurangan tersebut patut di maklumi mengingat harga Andromax C yang sangat terjangkau.

D. HARGA

Mungkin kalian akan terkejut mendengar harga terbaru Andromax C ini yang sangat terjangkau karena mengalami penurunan harga yang sangat sangat drastis bahkan lebih dari 50% dari harga pada saat waktu saya membeli smartphone ini. Dulu ketika saya membelinya, Andromax C ini dibandrol dengan harga 700rb-an di toko offline tapi setelah saya cek lagi harganya di Pricebook kemarin (27/05/2017) ada toko online yang menjual Andromax C ini dengan harga 290.000 rupiah. Wooww sangat turun drastis dan sangat murahh, tapi walau begitu ada pula toko online lain yang menjual dengan harga 350rb bahkan masih 700rb, nah itulah untungnya saya menggunakan situs Pricebook untuk membandingkan harga terbaik.

E. KESIMPULAN

Dari sekian banyaknya kelebihan dan kekurangan yang saya paparkan kalian juga harus mengingat harganya yang begitu murah, di samping itu Andromax C pula menawarkan spesifikasi yang terbaik pada masanya jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan rentang harga yang sama. Walaupun banyak kekurangan yang terdapat pada Andromax C ini tapi jujur saya tidak bosan menggunakan Smartphone ini pada saat itu karena saya dapat mengubah tampilan UI pada Andromax C dengan Custom Rom yang sangat beragam dengan mudah. kalau kalian ingin tahu Andromax C saya masih ada sampai sekarang dan tetap lancar di gunakan yang saya wariskan kepada adik saya. Jadi kurang lebih 3 tahun smartphone tersebut dalam genggaman saya. Oh iya ngomong ngomong saya bingung nih coba kalian perhatikan kenapa Andromax C  ini terdapat pada kategori (Baterai & Charger HP) apakah Andromax C ini tidak di akui ke smartphone-an nya atau mungkin kesalahan admin Pricebook dalam pengkategorian?. Sekian review dari saya karna perut udah mulai kerasa nih (ceritanya puasa wkwk) mengingathari ini adalah bulan penuh berkah (Ramadhan) jika ada kekurangan mohon dimaafkan karna bentar lagi juga mau lebaran :v, mungkin kalian lebih tau mengenai Andromax C ini atau bisa jadi kalian juga salah satu Mantan pengguna Smartfren Andromax C, Terima kasih dan selamat hari lahir pancasila“Saya Indonesia, Saya Pancasila”, saya andromax c upss.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar