DimensiData
Apprentice Level 3
12 January 2017 - 10:47

Tips Mencegah Meledaknya Baterai Smartphone

Di tahun 2016 lalu, sering kita mendengar berita tentang meledaknya smartphone dan melukai penggunannya. Misalnya, tahun 2016 lalu Samsung Galaxy Note 7 marak dibicarakan karena baterainya meledak.

Dari kasus di atas, kita sebenarnya bisa mencegah hal diatas terjadi pada smartphone kita. Berikut ini ulasan tips untuk mengindari potensi meledaknya baterai smartphone:

1. Gunakan Baterai Original Pabrik

Selain menggunakan baterai asli dari pabrikan, beli lah baterai dari merek pengganti yang memiliki reputasi baik.

2. Jangan tempatkan smartphone di tempat panas

Meninggalkan smartphone yang sedang di-charge di tempat panas, akan memicu overheating. Suhu disekitar lingkungan sangat mempengaruhi baterai. Pasalnya, baterai terbuat dari Lithium yang mudah meledak. Apabila disimpan di tempat panas, itu akan mempercepat proses peledakan.

3. Charge Ponsel di Tempat Berventilasi

Dengan sirkulasi yang baik, aliran udara panas akan terdistribusikan keluar. Angin otomatis akan mengurangi risiko meledaknya baterai.

4. Jangan Menggunakan Smartphone saat sedang di Charger

Banyak dari kita yang tidak mengetahui bahWa menggunakan smartphone saat di !harger sanggat beresiko sekali. Contoh bermain game dan menonton Film streaming di smartphone sambil di Charger. Hal tersebut malah membuat bateraismartphone semakin pasan dan beresiko meningkatkan baterai meledak.

5. Charge Smartphone Saat Baterai di Bawah 30 persen

Potensi baterai Li-ion meledak ternyata bisa lebih besar jika dalam kondisi voltase yang rendah. Saat terisi penuh, sebenarnya kondisi baterai relatif panas karena baru saja di-charge. Untuk itu, isi baterai ketika kondisi sudah hampir habis atau suhunya sendiri relatif dingin. 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 26

    jangan pake aksesoris kawe aja