Indra
Novice Level 2
07 February 2017 - 19:59

Ini Dia Perbedaan Antara Software, Driver Dan Firmware?

Yang paling penting perbedaan firmware, driver dan software adalah tujuan pembuatannya. Firmware adalah program yang membuat hardware bisa berjalan. Sedangkan driver berada diantara OS dan komponen hardware. Dan software membuat hardware menjadi bisa digunakan.

Apapun sistem operasi yang kita gunakan, kita dapat menginstall berbagai macam seperti software, driver dan firmware. Tapi apa perbedaan mendasar dari driver, software dan firmware?

Jika kita bicara soal ruh dikomputer, semuanya sama, seperti sebuah program yang dibuat dengan tugas tertentu yang ada di mesin. Berikut ini perbedaannya.

  1. Firmware

Kamu mungkin memiliki versi terbaru dari sebuah sistem operasi. Terdapat tampilan visual dan juga responsif. Tapi sistem operasi tidak berguna jika tidak ada mesinnya.

Frimware adalah sebuah program komputer dengan membantu sistem operasi melakukan apa pun yang diperintahkan. Kita dapat menemukan Firmware di berbagai macam perangkat termasuk komputer, perangkat ponsel, remote control, game console, USB drives dan perangkat  lainnya. Dan itu merupakan perangkat non-volatile memory chip yang jarang membutuhkan update.

Firmware didesain utnuk mengkontrol sebuah perangkat hardware. Didalam sebuah komputer, kita menyebutnya BIOS (Basic Input/Output System) atau UEFI (Unified Extesible Firmware Interface). BIOS program pertama yang dijalankan ketika komputer dihidupkan. Dan berinteraksi dengan hardware langsung, memeriksa jika ada error. BIOS memanggil program lainnya yang disebut bootloader yang bertugas untuk menyalakan sistem operasi didalam harddrive dan menyimpannya di RAM.

  1. Driver

Apa yang dikerjakan driver? Apakah mengedarai mobil, motor atau lorry. Sama dengan konsep yang ada diperangkat driver didesain untuk bekerja dengan komputer dan perangkat lainnya. Driver hardware didesain untuk tujuan tertentu seperti mediator antara hardware dan sistem operasi.

Sebuah sistem operasi tidak selalu support terhadap hardware di mesin. Contohnya kartu grafis yang diinstal di komputer kamu. Banyak pabrikan membuat driver sendiri agar bisa dijalankan di sistem operasi untuk mengakses komponen hardware tersebut.

Tiap driver memiliki tugas tertentu untuk berhubungan dengan perangkat. Di komputer kamu, driver menggunakan berbagai macam bus interface untuk berhubungan dengan perangkat. Contohnya PCI Express. Itu digunakan untuk terhubung dengan hardware komponen seperti GPU, wireless adapter, dan audio card. Dan juga tidak setiap driver didesain bisa berinteraksi dengan user.

Pengembangan driver membutuhkan banyak percobaan karena secara langsung berhubungan dengan hardware. Jika ada yang salah maka hardware akan menjadi crash. Karena itu dibutuhkan programmer yang memiliki kualifikasi khusus untuk membuat driver.

Pada windows versi terakhir, dimulai windows 8, Microsoft telah mencoba untuk mengurangi penggunaan driver pihak ketiga. Mereka menggunakan universal driver saat intalasi windows

  1. Software

Sistem operasi yang berjalan dikomputer kamu merupakan sebuah software juga dan yang menyediakan space untuk software lain untuk diinstall di dalam sistem operasi. Bahkan driver yang saya sebutkan sebelumnya merupakan sebuah software. Tipe ini kita sebut sebagai Sistem software. Ada kelemahan didalam sistem operasi ini. Seperti malware, virus, Trojan, worm dan lain-lain.

Dan software yang kita gunakan sehari-hari adalah Application Software. Kategori ini seperti anti virus, word processor, web browser dan video editing.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • SafirahHumaizah
    Novice Level 1

    yang bisadi akses pada Frimwareapa aja ya

  • Bima Satria
    Master Level 26

    yang bisadi akses pada Frimwareapa aja ya

    SafirahHumaizah

    Maksudnya gimana gan?

  • Indra
    Novice Level 1

    yang bisadi akses pada Frimwareapa aja ya

    SafirahHumaizah

    Biasanya tiap device punya firmware misal ponsel, roouter atau komputer. Nah, biasanya vendor atau produsen device tersebut menegluarkan firmware terbaru jika firmware yang lama ada bugsnya atau bisa juga ingin menambah fitur baru

  • Arjun Lap
    Novice Level 1

    Apa pengaruh update Software bagi pengguna Handphone, soalnya ada yang beranggapan firmware yang tertanam semenjak pembelian memilikibug yang angat sedikit, apakah anggapan seperti itu benar?

  • tanti kurnia
    Novice Level 1

    mau punya penghasilan besar tapi ngga mau cape? Mending kamu gabung bareng kita di pokerme89.net disini bisa punya uang hingga puluhan juta rupiah cuma dari main game. Ayooo buruan gabung cuma di pokerme89.net tempat game online yang banyak bonusnya dijamin aman dan terpercaya.