Diperbaharui pada Jumat, 23 Juli 2021 | 17:30

Sony Luncurkan TV dengan Prosesor Menyerupai Otak Manusia

harga sony bravia xrFoto: Sony

Sony Indonesia meluncurkan dua televisi BRAVIA XR terbaru yaitu Z9J 8K LED dan A80J OLED yang dibekali dengan prosesor inovatif, yang dapat menirukan sistem kerja otak manusia.

Didukung dengan Cognitive Processor XR sebagai prosesor kognitif pertama di dunia, BRAVIA XR seri terbaru ini menghadirkan pengalaman menonton secara nyata dan diklaim belum pernah ada sebelumnya.

TV BRAVIA XR terbaru ini juga dilengkapi beragam teknologi canggih yang dapat terintegrasi dan cocok untuk berbagai fitur pintar lainnya, terutama bagi para pengguna yang tengah melakukan aktivitas Work from Home (WFH).

Seperti kita ketahui, di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), masyarakat bahkan diharuskan bekerja dari rumah 100% kecuali untuk mereka yang bekerja di sektor esensial.

Masyarakat kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menikmati hiburan seperti menonton film yang biasanya dilakukan di bioskop dan bermain game.

harga sony bravia xrFoto: Sony

Z9J 8K LED dan A80J OLED memiliki Cognitive Processor XR dengan metode pemrosesan terbaru sehingga melampaui cara kerja AI konvensional. 

Di saat AI konvensional hanya dapat mendeteksi dan menganalisis elemen gambar, seperti warna, kontras dan detail secara individual, prosesor terbaru ini dapat menganalisis silang berbagai elemen sekaligus, seperti yang dilakukan otak manusia. 

Z9J 8K LED memiliki keunggulan panel Full Array LED, XR Triluminos Pro, XR Contrast Booster dan XR 8K Upscaling sehingga menghadirkan realisme 8K tertinggi dengan hitam pekat dan kecerahan yang intens. 

harga tv led sonyFoto: Sony

Sementara, A80J OLED memiliki XR OLED Contrast yang dapat menyesuaikan level kecerahan dan warna hitam yang lebih pekat, dan XR Triluminos Pro menyediakan palet warna yang lebih luas untuk mereproduksi setiap warna sehingga tampak seperti yang terlihat di dunia nyata. 

Prosesor tersebut didukung oleh Sound-from-Picture Reality, yang menyelaraskan posisi suara dengan gambar pada layar dan dapat mengubah suara apapun menjadi surround sound 3D.

harga tv oled sonyFoto: Sony

Kedua TV Sony BRAVIA ini dilengkapi dengan teknologi audio Acoustic Multi-Audio untuk Z9J 8K LED, dan Acoustic Surface Audio+ untuk A80J OLED, untuk menghadirkan suara dan pemosisian suara dan surround sound sinematik yang lebih akurat.

Beberapa fitur dan teknologi lain yang dibawanya adalah Google TV, Google Assistant, IMAX Enhanced TV, hingga Netflix Calibrated Mode. Kedua TV seri BRAVIA XR terbaru ini tersedia sejak bulan Juli 2021 dengan harga mulai dari Rp 25.999.000. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

786 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.